Sunday, September 25, 2011

Zat dalam Teh yang Kurang Baik



Selain manfaat teh, adajuga zat yang terkandung dalam teh yang berakibat kurang baik untuk tubuh. Zatitu adalah kafein. Kafein pada teh (tehine) dapat menyebabkan proses penyerapanmakanan menjadi terhambat. Batas aman untuk mengkonsumsi kafein dalam sehariadalah 750 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200 ml.

Patut Dihindari saat Minum Teh
Ada pula yang harus Anda perhatikan saat Anda minum tehagar zat yang berguna dalam tubuh tidak hilang, antara lain:


ü Jangan minum tehsaat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicurioleh zat stimulan teh.
ü Jangan minum tehsaat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
ü Hindari minum tehdicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadiberkurang.
ü Jangan minum tehyang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yang teroksidasi dan basisehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
ü Hindari minum tehsaat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisamerangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan menggangguproduksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.
Cara Menyeduh Teh
Yang tidak kalah dalam proses pembuatannya adalah caramenyeduh teh. Untuk menghindari kesalahan saat menyeduh teh, Anda harusmemperhatikan cara menyeduh teh apakah sudah benar atau belum. Karena kesalahanini dapat menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya.Untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, janganmenggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat karena dapatmembuat kita kehilangan manfaat dari teh.
Selain itu, teh bisa dicampur dengan susu. Teh yang dicampursusu atau sering dikenal teh susu bisa mengurangi efek stimulan dari teh karenakalsium susu akan mengikat zat-zat stimulan pada teh.
Cara lain lagi adalah menambahkan lemon yang sering kitakenal dengan sebutan Lemon Tea. Lemon akan memberikan perlindungan bagipencernaan, karena asam sitrat dalam lemon mencegah timbulnya kerak padadinding usus.
Di seluruh dunia terdapat banyak sekali cara orang minumteh. Di Inggris, anggota Kerajaan Inggris memiliki kebiasaan minum secangkirteh setiap sore. Di belahan dunia lainnya kebiasaan minum teh juga dilakukan.Semua tergantung Anda dan kebiasaan di budaya Anda. Namun jangan lupamemperhatikan beberapa petunjuk yang telah disebutkan di atas saat meminum teh.Selamat menikmati secangkir teh.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes