Sunday, September 25, 2011

JENIS / MACAM KELOMPOK ZAT TEH



v  Zat dalam Secangkir Teh yang Bermanfaat
Karena itu selain sebagaiminuman ringan, teh juga dapat digunakan sebagai terapi untuk kesehatan. Jikakita meminum secangkir teh, maka kita setidaknya tahu apa saja zat terbaik yangada di dalam secangkir teh yang kita minum. Zat apa saja yang terdapat dalamteh sehingga membuatnya dikenal sebagai minuman kaya manfaat? Berikut inibeberapa zat utama yang bermanfaat yang terdapat di dalam secangkir teh.
v  Polifenol
Polifenol pada teh berupakatekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk
menangkapradikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalamtubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemarpolusi dan juga dari makanan yang kita makan.
v  Vitamin E
Dalam satu cangkir tehmengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satuhari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung danmembuat kulit menjadi halus.

v  Vitamin C
Vitamin ini berfungsisebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C jugaberfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusiaterhadap penyakit.
v  Vitamin A
Vitamin A yang ada padateh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapattercukupi.

Zat-zat yang terdapatdalam teh sangat mudah teroksidasi. Bila daun teh terkena sinar matahari, makaproses oksidasi pun terjadi. Adapun jenis teh yang umumnya dikenal dalammasyarakat adalah teh hijau, teh Oolong (misalnya teh Jawa Oolung/Ulung), tehhitam dan teh putih. Teh hijau memiliki kandungan yang paling baik karena dalamproses pembuatannya, teh jenis ini tidak dikeringkan dengan menggunakan sinarmatahari tetapi menggunakan teknik pengeringan secara khusus. Sedangkan tehjenis lainnya diproses dengan cara fermentasi.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes