Wednesday, September 28, 2011

Manfaat / Fungsi Coklat untuk Kesehatan


Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70%juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidanyaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanyaantioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnyakandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minumanyang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.

Dengan adanya antioksidan, membuat coklat menjadi salah satu minumankesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangirisiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kankerdalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklatkualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.
Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitaminA, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu,coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zatbesi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alamitertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendiandan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan coklat akanmenambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadarprogesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari PMS.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes