Monday, September 26, 2011

Manfaat Penelitian


Dalamproses pembelajaran melibatkan siswa dan guru, sehingga siswa dan guru memegangperanan penting. Tanpa adanya perbaikan dari kedua belah pihak tidak mungkinhasil pembelajaran meningkat, begitu juga dengan peran serta sekolah.
Pelaksanaanpenelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan perbaikan bagipembelajaran di kelas X . 6 SMA 1 Xxx. Manfaat penelitian ini antara lain :
1.     Bagi Siswa :
a.       Mendapatkan pengalaman belajar denganpemanfaatan alat laboratorium. Secara bergantian setiap anak melakukanpengukuran panjang dengan penggaris, micrometer, sekrup, dan jangka sorong,pengukuran massa dengan neraca.
b.      Mendapatkan pengalaman belajar yang lebihmemudahkan siswa dalam pemahaman materi dengan tutor sebaya siswa yang pahamterlebih dulu menjelaskan siswa lain yang belum paham,
siswa yang paham dulubertanggung jawab membuat semua anggota kelompoknya menjadi paham semua.
c.       Mendapatkan pengalaman belajar berkelompokyaitu dengan menyelesaikan pengisian dan perhitungan data secara berkelompok.

2.   Bagi Guru :
a.   Mendapatkan pengalaman mengajar menggunakanalat laboratorium, yaitu memanfaatkan alat yang ada semaksimal mungkin agarsetiap anak dapat dan pernah menggunakan micrometer sekrup, jangka sorong danneraca.
b.   Mendapatkan pengalaman mengajar yang lebihmemudahkan siswa dalam memahami materi yaitu dengan memberi kesempatan siswauntuk mengamati dan memahami konsep secara langsung dengan pengamatanmenggunakan alat laboratorium.
c.   Mendapatkan pengalaman mengajar dengan siswaberkelompok, yaitu dengan membuat setiap anggota kelompok bertanggung jawabterhadap anggota lainnya untuk memahami materi dengan tutor sebaya siswa yangsudah paham menjelaskan siswa lain yang belum paham.
3.   Bagi Sekolah
Mendapatkan hasil belajar yanglebih baik, pencapaian prestasi belajar meningkat.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes