Friday, September 30, 2011

Manfaat dan Fungsi Buah Bengkoang


 Ketika mendengar kata bengkuang, tentu yang terbayang dibenak kitaadalah rujak dan bedak dingin. Memang bengkuang sangat terkenal sebagai salahsatu komponen dalam rujak. Rasa buahnya yang manis segar dan berair sangat klopuntuk disantap dengan kuah rujak, sehingga banyak orang yang hanya menyantapbengkuang saat makan rujak, namun sangat jarang sekali dikonsumsi sehari-harilayaknya buah jeruk, apel, dan pepaya. Padahal jika ditilik khasiatnyabengkuang juga layak dan pantas untuk dijadikan konsumsi buah harian.

Bengkuang termasuk dalam kategori tanaman fitoestrogen yang sangatbermanfaat bagi kaum wanita terutama bagi mereka yang sudah memasuki masamenopause. Selain itu, bengkuang juga baik untuk kesehatan kulit, dan dapatdijadikan sebagai tanaman obat karena berkhasiat untuk mengobati wasir, demam,sariawan sekaligus bermanfaat untuk mempertahankan kenormalan kadar gula darahbagi penderita diabetes.

Asal Usul Bengkuang

Bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan terutamadidaerah Mexico. Suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkuang ini sebagaiobat-obatan. Kemudian pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman ini kedaerah Philipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanamanini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak saat itulahbengkuang dibudidayakan diseluruh negeri. Bengkuang sekarang ini lebih banyakdibudidayakan didaerah Jawa dan Madura atau didataran rendah.

Varietas Bengkuang
Terdapat dua varietas tanaman bengkuang, yaitu bengkuang gajah danbengkuang badur. Pada varietas bengkuang gajaha, bengkuang sudah dapat dipanenpada usia tanam empat sampai lima bulan. Sedangkan pada variets badur,bengkuang baru dapat dipanen ketika usia tanamnya berusia tujuh sampai sebelasbulan.

Identifikasi Bengkuang dan Bagian yang Dapat Dimanfaatkan
Tanaman bengkuang termasukkedalam tanaman terna yang merambat dari famili leguminosae yang mempunyai namailmiah Pachyrrhizus erosus. Bengkuang dibudidayakan terutama untuk diambilumbinya. Daun tanaman ini majemuk, beranak daun tiga. Bunganya tersusun dalamtandan yang panjangnya 15 sampai 25 cm. Buahnya berbulu halus, berbentuk polongyang berisi empat sampai sembilan buah biji. Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk seperti gasing dan kulitnya mudahdikupas. Daging buahnya berwarna putih, renyah serta menyegarkan karenakandungan airnya cukup tinggi. Bagian dari tanaman bengkuang yang dapatdimanfaatkan yaitu akar atau umbinya, biji dan juga tangkainya. Bagian tanamanyang dapat digunakan tersebut juga berkhasiat obat dan dapat pula digunakanuntuk kecantikan, misalnya saja dibuat menjadi bedak dingin untuk perawatankulit wajah agar terlihat lebih segar dan putih.

Olahan dari Bengkuang
Biasanya bengkuang dinikmati dalam bentuk olahan rujak atau asinanyang tentunya sangat menyegarkan. Selain itu, bengkuang juga dapat diolahsebagai makanan pembuka atau appetizer seperti dibuat salad yang dipadupadankandengan bahan pangan lainnya, misalnya dibuat salad udang, salad Bangkok, danlain sebagainya. Bengkuang dapat pula diolah dalam bentuk sayur maupun puding.Namun, banyak orang yang hanya menikmati bengkuang dalam bentuk segar karenaairnya terasa manis dan menyegarkan. Olahan lain yang dapat dibuat daribengkuang diantaranya yaitu pikel bengkuang, keripik bengkuang dan manisanbengkuang. Namun pikel, keripik dan manisan bengkuang belum dikenal oleh banyakorang.
Pikel bengkuang merupakan salah satu olahan dari bengkuang yangdifermentasikan didalam larutan garam 15 - 20%. Selama fermentasi mikroba tahanasam akan tumbuh menghasilkan asam, rasa dan aroma khas pikel. Garam yangdilarutkan akan berdifusi kedalam jaringan bahan sehingga jaringan menjadiasin, dan cairan yang berada didalam jaringan akan mengalir kedalam larutangaram membawa berbagai zat gizi sehingga larutan garam mnejadi media tumbuhbagi mikroba tahan garam. Pikel bengkuang ini memang belum banyak tersediadipasaran.
Sama seperti halnya dengan pikel bengkuang, olahan lain daribengkuang yang juga belum tersedia di pasaran yaitu keripik bengkuang. Umbibengkuang tersebut diiris tipis kemudian digoreng sampai kering. Pembuatankeripik bengkuang ini memang membutuhkan teknik dan peralatan yang relatifsulit, seperti penggunaan penggoreng vakum agar menghasilkan keripik yang bagusdan alat pengering yang digunakan untuk mengeringkan irisan bengkuang.
Manisan bengkuang dibuat dengan dua jenis yaitu manisan kering danmanisan basah. Manisan basah tidak dapat disimpan lama dan penyimpanannyadiajurkan dalam lemari pendingin (kulkas) sedangkan manisan kering relatifdapat disimpan lebih lama dan dapat disimpan pada suhu ruang.

Kandungan Zat Gizi Bengkuang
Bengkuangmerupakan buah yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untukkesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuangyang paling tinggi adalah vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalambengkuang adalah fosfor, zat besi, kalsium dan lain-lain. Bengkuang jugamerupakan buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat menyegarkantubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untukmenghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras yang terbentuk dalam beberapabagian tubuh. Oleh karena itu, bengkuang dianggap dapat menurunkan kadarkolesterol dalam darah.

Tabel 1. Kandungan Zat Gizi Bengkuang per 100 gram
Kandungan zatgizi Jumlah
Energi                                             55kal
Protein                                            1.4gr
Lemak                                             0.2gr
Karbohidrat                                    12.8gr
Kalsium                                          15mg
Fosfor                                             18mg
Vitamin A                                       0SI
Vitamin B1                                     0.04mg
Vitamin C                                       20mg
Zat Besi                                          0.6mg

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan
Bengkuang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya dapatmembantu dalam mengobati wasir, mengobati demam, mempertahankan kadar guladalam darah bagi penderita diabetes mellitus, menurunkan kadar kolesterol dalamdarah dan lain sebagainya.

1. Mengobati Wasir
Wasir terjadikarena gangguan aliran darah di sekitar dubur sehingga pembuluh darah melebardan membengkak. Tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan medis, yaknimereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal. Denganpengobatan apapun kemungkinan wasir dapat kambuh kembali tergantung darikebiasaan makan, minum dan buang air besar. Kandungan serat dalam bengkuangdapat membantu mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantumemperlancar saluran pencernaan dan pengeluaran feses sehingga tidak sulit dantidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi penekanan ketika mengeluarkannya.Dengan demikian dapat mengurangi rasa sakit penderita wasir. Untuk mengatasiwasir, bengkuang dibuat dalam bentuk jus yang diminum setiap bangun tidur danpada pagi hari.

2. Mengobati Demam
Demam terjadikarena adanya suatu mekanisme pertahanan tubuh (respon imun) terhadap zat asing(bibit penyakit yang telah dilemahkan) yang masuk ke dalam tubuh. Adanya bendaasing tersebut akan merangsang sistem pertahanan tubuh, sehingga akanmerangsang aktivitas sel imunitas (sel makrofag dan limfosit T) untuk memerangizat asing tersebut dengan meningkatkan proteolisis yang menghasilkan asam aminoyang berperan untuk pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh, sehinggatubuh menjadi resisten dan kuat menghadapi bibit penyakit. Namun efeksampingnya tubuh secara otomatis akan mengeluarkan pirogen (zat penyebabdemam). Pirogen selanjutnya membawa pesan melalui reseptor dalam hipotalamus,sehingga terjadi reaksi penaikan suhu tubuh dengan cara menyempitkan pembuluhdarah tepi dan menghambat sekresi kelanjar keringat. Akibatnya pengeluarankalor menurun dan suhu tubuh jadi meningkat. Bengkuang yang mempunyai sifatkimiawi yang berkhasiat mendinginkan dapat digunakan untuk menurunkan demam.Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jusyang diminum pagi dan sore.

3. Baik Bagi Penderita Penyakit Diabetes Mellitus
Diabetes melitusatau yang sering dikenal dengan nama kencing manis merupakan penyakit yangtidak pandang bulu. Semua kalangan dapat mengidap penyakit ini, baik kayamaupun miskin, remaja muda maupun orangtua. Perubahan gaya hidup terutama polamakan yang beralih ke makanan yang serba instan dan praktis dapat memicuterjadinya diabetes melitus. Selain perubahan gaya hidup dan pola makan, faktorgenetik juga berperan terhadap timbulnya penyakit ini. Penyakit kencing manisatau Diabetes Melitus merupakan penyakit yang bersifat kronis (menahun) yangterjadi akibat kekurangan insulin absolut atau relatif. Ditandai denganmeningkatnya konsentrasi glukosa di dalam darah. Selain itu juga mempengaruhimetabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. Penyakit diabetes tidak dapatdisembuhkan tetapi dapat dikendalikan. Upaya pengobatan yang biasa dilakukanadalah pemberian insulin. Namun upaya yang tidak kalah pentingnya yaitu mengajakeseimbangan konsumsi makanan. Pengaturan makanan dan aktivitas fisik merupakancara yang terbaik agar kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.Selain dengan obat dokter, bengkuangpun dapat digunakan untuk mempertahankankenormalan kadar gula dalam darah. Serat makanan yang terdapat dalam bengkuangberperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah karena diserap secara perlahandan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Dengan demikian serat pada bengkuangdapat mengendalikan gula darah para penderita diabetes mellitus. Dalam upayamempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal, bengkuang dibuat dalambentuk jus atau dapat pula diparut kemudian disaring lalu diambil sarinya dandiminum setiap pagi dan malam hari.

4. Mengobati Sariawan
Sariawanmerupakan gejala erosi pada kulit mulut, yakni dinding dalam pipi atau lidah.Penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, alergi atau penurunan daya tahantubuh. Kandungan vitamin C dalam bengkuang yang bertindak sebagai antioksidandapat membantu mempercepat proses penyembuhan penderita sariawan. Bengkuangdapat diberikan pada penderita sariawan dengan cara dibuat dalam bentuk jusyang kemudian ditambahkan dengan madu dan air secukupnya.

5. Sebagai fitoestrogen Alami
Bagi kaumwanita, kehadiran fitoestrogen sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitashidup diusia tua. Ketika seorang wanita memasuki masa menopause dimana hormonestrogen tidak lagi diproduksi tubuh atau hanya diproduksi dalam jumlah yangrelatif kecil, sehingga ada kecenderungan wanita mengalami kemunduran fisik,diantaranya kulit lebih cepat mengeriput serta organ tulang mulai rapuh dan mudahpatah. Oleh karena itu makanan yang mengandung fitoestrogen harus diusahakantersaji dalam menu hidangan setiap hari. Bengkuang merupakan salah satunyamakanan yang mengandung fitoestrogen sehingga baik untuk dikonsumsi bagi merekayang sudah memasuki masa menopause agar keluhan yang terjadi pada masamenopause dapat dihindarkan dan akan menjadikan wanita yang semakin tua menjadisemakin segar dan lebih menarik.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Trigliserida dankolesterol merupakan fraksi lemak yang biasa terdapat dalam darah. Dalam jumlahyang tepat lemak sangat penting untuk tubuh. lemak merupakan zat yang kayaenergi utnuk proses metabolime tubuh. Namun dalam jumlah yang berlebihan, lemak(trigliserida dan kolesterol) bisa menyebabkan penyakit yang sangat seriusseperti atherosklerosis, stroke dan penyakit jantung koroner. Kadartrigliserida dan kolesterol total dalam darah yang dianjurkan adalah kurangdari 200 mg/ dl. Jika jumlahnya telah melebihi batas tersebut maka perludiwaspadai dan dilakukan upaya terapi untuk menurunkannya. Salah satu caramenurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan cara melakukan pengaturanmakanan dengan baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untukmenurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan serat dalam bengkuangdapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadarair yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berfungsi sebagaiantioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

7. Mengurangi Produksi Asam Lambung
Gangguan asamlambung merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena pola hidup dan polamakan yang berubah. Gangguan ini biasanya banyak terjadi pada mereka yang sibukbekerja sehingga seringkali melalaikan waktu makan. Apabila produksi asamlambung semakin meningkat akan menyebabkan rasa mual dan muntah, nyeri pada uluhati, rasa lemah, nafsu makan menurun, bahkan sakit kepala. Jika tidak segeradiobati akan menyebabkan terjadinya peradangan atau bahkan luka dalam perutyang disebut dengan ulkus peptikum. Untuk mengurangi produksi asam lambung yangberlebih, dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi makanan yangberminyak dan pedas yang dapat merangsang produksi asam lambung. Ahlinaturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkuang segar yang dimakan dalambentuk biasa tanpa sambal atau garam. Karena sifat umbinya yang dingin sertasifat alkali bengkuang yang cepat meyerap asam lambung yang berlebih.

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Bengkuang merupakansalah satu jenis bahan pangan yang memegang peranan penting dalam menjaga danmeningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrienyang terdapat dalam bengkuang dapat membuat sistem kekebalan tubuh terjaga,sehingga relatif dapat terhindari dari serangan berbagai macam infeksi maupunpenyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun mikroorganisme yangberbahaya.

9. Mengobati Penyakit beri – beri.
Khasiat laindari bengkuang yaitu dapat mengobati penyakit beri-beri akibat kekuranganvitamin B1 (thiamin). Caranya yaitu dengan mengupas bengkuang, lalu cuci bersihkemudian diparut atau dijus dengan menggunakan jus ekstraktor. Sebaiknyadiminum pada waktu pagi hari atau siang hari setelah makan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes