Sunday, September 25, 2011

MANFAAT / FUNGSI TEH



Teh yang sering kita temukan sehari-hariselain dapat diminum untuk menyegarkan badan, ternyata juga memiliki beberapamanfaat yang dapat kita coba. beberapa manfaat tehdi bawah ini.
a)     Mendinginkan kulityang terbakar matahari
Tempelkan beberapa kantung teh basah, danrasa terbakar yang ada akan berkurang. Cara ini juga bisa dipakai untuk merawatluka bakar ringan seperti kena uap panas atau terkena setrika. Jika kulit yangterbakar matahari sudah sangat luas, coba rendam beberapa kantung teh dalam bakmandi, dan berendamlah!
b)     Mengurangi sakitluka gores

Goresan luka tadi biasanya sangat perih, carapaling nyaman adalah meletakkan kantung teh basah di tempat yang terluka.
c)     Mengeringkan bisul
Setelah teh direbus, tempelkan kantung tehyang basah di bisul, setelah semalam, bisul yang ada akan mengering tanpa rasasakit pada saat Anda terbangun esok harinya.
d)     Mengurangi rasa sakit di puting payudaraakibat menyusui.
Cara mengatasinya celupkan teh ke air panas,kemudian angkat kantungnya dan letakkan ke dalam wadah berisi es batu. Setelahitu letakkan di puting yang sakit dan biarkan selama beberapa menit.
e)     Mengurangi sakitgusi
Gusi berdarah selain perih memang tidakmenyenangkan. Coba kompres dengan kantung teh basah yang dibasahi air dingin.
f)       Mengurangi sakit bayi dari suntikan
Coba basahi kantung teh, dan tutupkan dibekas luka suntikan. Tahan perlahan sampai tangis mereda.

g)     Teh mengandung antioksidan.
Antioksidan yang dimiliki teh memberikanperlindungan bagi tubuh Anda dari penuaan ataupun efek dari polusi.
h)     Teh mempunyai kafeinyang lebih rendah dari kopi.
Kopi biasanya mempunyai kafein 2 hingga 3kali lipat lebih banyak dari teh. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mgkafein, sedangkan kafein di teh dengan ukuran yang sama, hanya terdapat kafeinsebanyak 30-40 mg saja.
i)       Mengurangi risikoterkena serangan jantung dan stroke.
Gumpalan dalam darah yang berasal darikolesterol menyebabkan serangan jantung dan stroke. Teh dapat membantumelancarkan aliran darah dan membersihkannya. Sebuah penelitian di Belandamenemukan bahwa orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari 70% lebih kecilkemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.
j)       Teh melindungitulang.
Tidak hanya susu yang ditambahkan pada tehyang dapat memperkuat tulang Anda. Ada penelitian yang menemukan bahwa orangyang telah meminum teh lebih dari 10 tahun memiliki tulang yang kuat. Inimungkin disebabkan oleh phytochemical yang terkandung di dalam teh.
k)     Teh memberikansenyum yang indah.
Bukan teh yang menyebabkan kerusakan gigi,namun gula yang dicampurkan di dalamnya yang mempunyai efek buruk pada gigi.Teh sendiri mengandung flouride yang menjauhkan plak dari gigi. Jadi,tambahkanlah teh tawar pada rutinitas Anda dalam menjaga gigi dan gusi.
l)       Teh meningkatkanpertahanan tubuh Anda.
Meminum teh dapat membantu ketahanan tubuhAnda agar terhindar dari infeksi.
m)   Teh melindungi tubuhdari kanker.
Teh mengandung polyphenol, antioksidan yangditemukan dalam teh, yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

n)     Teh dapat menjagatubuh tidak kekurangan cairan.
Selama ini minuman yang mengandung kafeindianggap tak dapat dikategorikan dalam minuman yang memberi kontribusi cairanbagi tubuh. Namun para peneliti ternyata menemukan bahwa minuman berkafeindapat memberikan kontribusi cairan yang sama dengan minuman lain.
o)     Teh bebas kalori
Teh tidak mengandung kalori, kecuali jikaditambahkan pemanis atau susu. Mengkonsumsi 250 kalori lebih rendah per harinyaakan dapat menurunkan berat badan sebanyak kurang lebih 1/2 kg per minggunya.
p)     Teh meningkatkanmetabolisme tubuh.
Teh, terutama teh hijau, dapat meningkatkanmetabolisme tubuh Anda. Anda dapat membakar sekitar 70-80 kalori tambahan hanyadengan meminum 5 cangkir teh hijau setiap harinya.


Manfaat teh antara lainadalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit,melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah,melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebutsebagai minuman kaya manfaat.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes