Friday, September 30, 2011

Makalah Manfaat dan Fungsi Teknologi


MANFAAT TEKNOLOGI
BAB I
PENDAHULUAN
Kitaketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudahmenggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal.Dengan akalnya manusia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebihaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorangmenggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Padasatu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telahmembawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukupbesar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolahsudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmudan aktivitas manusia. Kemajuan IPTEK benar-benar telah diakui dan dirasakanmemberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Oleh karenaitu, dalam makalah ini, kami mencoba memberikan penjelasan tentang manfaatteknologi bagi kehidupan manusia.



BAB II
PEMBAHASAN
MANFAAT TEKNOLOGI BAGIKEHIDUPAN MANUSIA
1)Manfaat Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia.
a)Pangan (makanan)

-Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipatganda.
-Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehinggahasilnya lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
-Digunakannya bioteknologi (misalnya hormon tumbuhan) untuk merangsang tumbuhnyadaun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
-Dikembangkannya pembuatan pangan dari minyak bumi, penyempurnaan gizi sereal,pembuatan pangan protein dari daun-daunan dan pembuatan produk daging tiruandari sumber-sumber protein nabati.
b)Sandang (pakaian)
-Adanya mesin tekstil mempercepat proses pembuatan pakaian.
-Dengan kemajuan teknologi, telah ditemukan serat sintetis, seperti poliester,polipropelin, polietilin, dll, sehingga pembuatan tekstil dapat dilakukansecara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
c)Papan (Tempat Tinggal)
Denganmenerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedungpencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup denganmenekan tombol dan dalam sekejap saja orang sudah sampai di lantai yang dituju.Sampai abad ini manusia berusaha memanfaatkan lautan dan antariksasebesar-besarnya melalui pulau-pulau buatan disertai peternakan dan perkebunanlaut.
2)Manfaat Terhadap Pendayagunaan SDA
a)Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kuantitas suatuproduk.
-Dalam bidang pertanian
Denganteknologi material dapat ditentukan jenis tanah suatu lahan, kandunganunsur-unsur yang diperlukan oleh tanaman sehingga dapat ditentukan pupuk yangpaling tepat. Dengan kemajuan teknologi bibit unggul dapat diketahui denganmenggunakan sinar radioaktif, contohnya jenis padi Atomita I hasil mutasibuatan dari padi Pelita I yang tahan wereng cokelat dan hijau.
Denganteknologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman. Baginegara yang lahan pertaniannya sangat terbatas, mereka meningkatkan kuantitasproduksi pangan dengan mengembangkan tanaman yang bergantung di atas air yangmengalir yang dilengkapi unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan.
-Dalam bidang Industri.
Kitaambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit. Penggunaan teknologi majudapat mengurangi banyaknya minyak yang menguap dan jumlah minyak yangtertinggal pada ampas. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuanproduktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun padaaspek jenis produksi. Di masa depan, manfaat perkembangan teknologi di duniaindustri akan semakin penting, di mana kemungkinan konsumen secara individualmelakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakansecara langsung dan selera individu dapat dipenuhi dan yang lebih pentingkonsumen tidak perlu pergi ke toko.
b)Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas / mutu produksi, misalnya padapengolahan minyak bumi, yang semula kita mengenal bensin, sekarang kitamengenal premium.
c)Pengolahan SDA yang efektif dan efisien dapat menambah ragam produksi, misalnyaketela pohon selain dapat dibuat gaplek juga dapat dibuat gula cair.
3)Manfaat Teknologi Terhadap SDM.
a)Perkembangan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan SDA secaralebih efektif dan efisien. Manusia dapat menguah sistem transportasi dankomunikasi sehingga memudahkan semua kegiatan.
b)Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas SDM (keterampilan dan kecerdasanmanusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjangkegiatan ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmurandan peningkatan intelegensi manusia.
c)Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensiglobalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
4)Manfaat Terhadap Komunikasi dan Transportasi.
a)Komunikasi
-Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abadke 20) yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan sampai ribuan km dalam waktubeberapa menit saja.
-Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telepon (diciptakan olehBell tahun 1876) sehingga dapat berkomunikasi langsung walaupun jaraknya sangatjauh. Sampai sekarang manusia sudah dapat membuat berbagai jenis telepongenggam dengan berbagai fasilitas dan kelebihan masing-masing.
-Ditemukannya pesawat radio (oleh Marconi 1896) untuk mengirim dan menerimaberita tanpa melalui kawat penghubung.
-Ditemukannya televisi yang dapat mengirim suara dan gambar hidup kepada parapemirsa dalam jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan.
-Ditemukannya alat komunikasi terbaru, yaitu satelit yang dikombinasikan denganradio dan televisi. Dengan alat ini orang dapat melihat wajah lawan bicarawalaupun keduanya berada dibelahan bumi yang berbeda.
-Ditemukannya komputer. Para ahli seperti dokter, ahli hukum, administrator dansebagainya dapat dengan mudah, tepat dan cepat mendapatkan informasi yangdiperlukan dari komputer, karena komputer dapat menyimpan data atau informasidalam jumlah yang banyak, dan dalam waktu yang singkat dapat ditampilkan data /informasi yang diperlukan.
-Dengan berkembanganya teknologi maka dibuatlah satelit komunikasi / satelitdomestik. Beberapa contoh satelit komunikasi antara lain Wester diAmerika Serikat. Anik di Kanada, Molnya di Rusia dan Palapadi Indonesia.
-Ditemukannya radar.
b)Transportasi
Sebelumadanya perkembangan teknologi, transportasi dilakukan dengan jalan kaki,berkuda, kereta lembu, kereta kuda, atau unta untuk dipandang pasir. Namunsetelah teknologi berkembang, orang dapat membuat sarana dan prasaranatransportasi. Untuk transportasi di darat, misalnya sepeda motor, mobil, bus,truk, kereta api, jembatan dengan kekuatan tertentu sesuai dengan kebutuhankendaraan yang boleh melewatinya. Untuk transportasi laut dibuat kapal laut,untuk transportasi udara diciptakan industri pesawat terbang dengan kecepatanlebih besar dari kecepatan suara. Pesawat yang menggunakan teknologi tinggi,misalnya pesawat Concorde 602 (pesawat terbang transportasi supersonik) yangmempunyai kecepatan 1400 mil/jam. Dengan pesawat Concorde 602, jarak London –New York dapat ditempuh dalam waktu ± 3 1/2 jam.
Denganteknologi maju, orang juga telah dan terus berusaha mengadakan eksplorasi keantariksa untuk mencari kemungkinan migrasi ke planet lain. Dengan kemajuanteknologi dan usaha eksplorasi ke antariksa, para ahli membuat pesawat angkasayang digunakan untuk meneliti dan mencari data-data di luar bumi untukkebutuhan hidupnya. Beberapa pesawat angkasa yang sudah di luncurkan antaralain :
1.Apollo yang digunakan untuk meneliti atau mendapatkan data-data di bulan.
2.Venera yang berhasil mendarat di planet Venus dan berhasil mengumpulkangambar-gambar permukaan Venus.
3.Viking yang telah berhasil mendarat di planet Mars.
4.Marinir juga digunakan untuk mengambil data-data di planet Mars.
5.Voyager yang digunakan untuk melakukan penelitian planet Yupiter, Saturnus,Uranus, Neptunus, Pluto dan terus meninggalkan tata surya kita.
6.Pioner yang mempunyai misi yang sama dengan Voyager.
Disamping pesawat angkasa juga dibuat kendaraan angkasa antara lain Rover,Vostok, Voskhod, Soyuz, dan Mercury.
5)Manfaat Teknologi Terhadap Peningkatan Kesehatan.
a.Meningkatkan Ilmu dan Fasilitas di Bidang Kedokteran.
Untukperkembangan ilmu kedokteran, sarana dan prasarana yang diperlukan adalah ilmudasar (kimia, biologi dan fisika), alat-alat elektronik maupun non elektronikserta tenaga peneliti yang profesional dalam bidangnya. Timbulnya biokimia,biofisika, kimia fisika, bakteriologi, histologi (ilmu jaringan), stimologi(ilmu sel), parasitologi yang sejalan dengan perkembangan alat-alat elektronik,seperti termometer, mikroskop elektron,sinar rontgen, sinar laser stetoskop,dan lainnya banyak membantu dalam pemecahan masalah di bidang kedokteran.
Padapermukaan abad ke 20 bagian ilmu bedah sangat populer, karena dapat memecahkanbanyak masalah penyakit melalui pembedahan. Hal ini karena dukungan daridibuatnya alat-alat diagnosa, seperti mesin sinar X yang memungkinkan orangmelihat keadaan di dalam tubuh manusia, elektrokardiograp, yang dapatmendiagnosis ketidakteraturan kerja dari hati, elektrik encepkalegrapyang dapat mencatat gerakan atau alur dari otak, basal metabolisme yangdapat mengukur kecepatan pembakaran makanan dan lemak di dalam tubuh.
Fasilitasperalatan yang makin maju dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untukmasyarakat, antara lain :
1.Pencangkokan jantung
2.Pencucian darah
3.Penggantian kornea mata
4.Pemasangan alat pacu jantung.
5.Penggunaan alat elektronik bagi penderita gangguan pendengaran.
6.Pelayanan dengan bayi tabung.
7.Pelayanan kontrasepsi.
b.Meningkatkan Teknologi Obat-Obatan.
Kemajuanteknologi di bidang kedokteran sejalan dengan kemajuan teknologi di bidangobat-obatan karena kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Masalahpengobatan sebenarnya telah dikenal masyarakat, jauh sebelum adanya perkembanganilmu pengetahuan alam dan teknologi hanya sistemnya saja yang berbeda.
Denganadanya teknologi material, orang dapat memisahkan suatu senyawa daricampurannya, dan dapat menyusun senyawa baru dari senyawa yang lain. Contohnyaditemukannya zat insulin pada tahun 1920 oleh Frederick Grand Banting, yangkemudian diperkuat oleh penemuan Charles Herbert (1921). Mereka memisahkaninsulin dari kelenjar pankreas binatang lalu menggunakannya untuk pengobatandiabetes. Pengobatan dengan transfusi darah merupakan hasil penelitian seorangahli patologi tahun 1910 yang menggolongkan darah manusia menjadi golongan A,B, AB dan O. Dari hasil penelitiannya labih lanjut ia menemukan faktor RHdarah.
Teknologiobat-obatan dipelopori oleh Dr. Morris Fishbein. Sekitar tahun 1910 antara lainditemukan eter sebagai anestetika, juga zat-zat lain seperti morphine,digitalis, vaksin diptherian, besi, quinne, iodin, alkohol, dan merkuri.Sekitar tahun 1945 antara lain ditemukan sulfat, penisilin, dan anti biotikayang lain, darah, plasma darah, dan derivat darah, quinacrine, dan obat antimalaria yang lain, eter dan anestetika yang lain, digitalis, arsphenomines (dansenyawa turunan), derivat arsenat sebagai obat sipilis, zat imunisasi insulin,ekstrak hati, hormon dan vitamin.
c.Dapat memberantas penyakit menular.
Menuruthasil penelitian, penyakit menular dapat disebabkan oleh bakteri, cacing, jamurdan virus. Dengan mikroskop elektron dapat diketahui perkembangbiakan suatubakteri. Perkembangan IPA dan teknologi menyebabkan keberhasilan ilmukedokteran dalam mengikuti tingkah laku dinamika gelombang epidemi, sehinggamampu mengadakan usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.
Usahapencegahan suatu penyakit, antara lain :
1)Diadakan teknologi pengolahan air untuk mendapat air bersih bagi masyarakat.
2)Menjaga kebersihan lingkungan pemukiman, misalnya mencegah adanya genangan airdi lingkungan pemukiman, dengan teknologi pembuangan air yang memadai.
3)Melalui media hasil teknologi maju, diberikan penjelasan mengenai penyebab,akibat dan cara pencegahan dari penyakit menular untuk mempertinggi kesadaranmasyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit. Menular agar dapatterhindar dari penyakit tersebut.
Usahapembatasan penyakit menular :
Denganteknologi di bidang obat-obatan yang maju telah dapat dibuat obat untukbermacam-macam penyakit menular, sehingga dengan cepat diberantas. Di sampingitu adanya peralatan yang lengkap dimungkinkan untuk melokalisir penderitapenyakit menular sehingga dapat mencegah terjadinya perluasan penderita.
6)Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan
a)Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusatpendidikan.
b)Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan gurudalam proses pembelajaran.
c)Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, tetapi bisa jugamenggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
7)Manfaat Teknologi Terhadap Pencapaian Kemakmuran
a)Mendatangkan kemakmuran materi
Perkembangan teknologimelahirkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain :
1)Teknik modern yang terdiri atas :
-Teknik Kimia
Denganmenggunakan teknik kimia, orang dapat mendirikan industri kimia dasar yangdapat menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industri, seperti asam sulfat,asam nitrat, asam klorida, asam cuka, dan lainnya.
-Teknik nuklir.
Denganmenggunakan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapatmenghasilkan zat-zat radioaktif. Zat-zat ini dapat dimanfaatkan dalam bidangkesehatan (sinar rontgen), bidang pertanian untuk memperoleh bibit-bibitunggul, dan lain-lain.
-Teknik mekanik
Denganmenggunakan teknik makanik orang dapat membuat desain dan pembuatanbermacam-macam mesin.
-Teknik penerbangan.
Denganmenggunakan teknik penerbangan orang dapat membuat pesawat terbang darisederhana sampai yang mutakhir (pesawat ruang angkasa)
2)Teknologi Hutan; orang dapat mengolah hutan sehingga dapat memperoleh hasil,tetapi tetap menjaga kelestariannya.
3)Teknologi Gudang.
4)Metalurgi.
Denganmetalurgi orang dapat mengambil biji logam dari campurannya, misalnya mengambilbiji besi dari campurannya. Selain itu orang juga dapat membuat suatu zat barudengan mencampur dua macam logam atau lebih, misalnya membuat baja dari besidan karbon.
5)Teknologi Transportasi
b)Dapat mendatangkan kemudahan hidup.
1)Dengan teknik modern, orang dapat mengendalikan aliran air sungai, denganmembuat bendungan, saluran primer dan saluran sekunder untuk mengairi sawah danpembangkit tenaga listrik.
2)Dengan teknik modern, telah dapat dibuat berbagai alat yang dapat meningkatkanpekerjaan seseorang. Misalnya kalkulator memberi kemudahan dalam menghitung.
3)Dengan teknik modern, dapat dibuat berbagai media pendidikan seperti OHP,slide, film strip, TV, taperecorder dan lainnya yang mempermudah pendidik untukmelaksanakan tugasnya.
4)Dengan teknik modern dapat dibuat bermacam-macam alat transportasi, sepertikapal terbang, kapal laut, kereta api, kendaraan bermotor dan lainnya atausarana komunikasi, seperti telepon, telegram, satelit, radio, TV, CB, danlain-lain.

BAB III
KESIMPULAN
Kemajuanteknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmupengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasidiciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikanbanyak kemudahan serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia.Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yangdibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini, diantaranya dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok manusia, pendayagunaan SDA,kemudahan dalam komunikasi dan transportasi, peningkatan fasilitas pelayanankesehatan dan teknologi obat-obatan, bidang pendidikan dan pencapaiankemakmuran kehidupan manusia.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes