Friday, September 30, 2011

manfaat dan fungsi makanan mentah


Maksimalkan Manfaat Enam Makanan Mentah

Memasak bahanmakanan, baik itu digoreng, dipanggang ataupun dikukus dapat mengurangiberbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Ada beberapa jenismakanan yang bila dimakan dalam keadaan mentah justru memiliki nilai nutrisilebih yang baik bagi kesehatan ketimbang yang telah diolah. Berikut beberapadiantaranya

·        Kacang Mentah melindungi Jantung
Kacangmentah mengandung lemak sehat yang penting bagi tubuh. Juga, membantumenurunkan LDL (low-Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam darah.Kacang mentah dapat menurunkan resiko pembekuan darah dan menyehatkan lapisanarteri. Apabila kacang dipanggang pada suhu lebih dari 170 derajat, semua lemaktersebut dapat pecah dan berbuah menjadi radikal bebas yang bersifatkebalikannya yakni menyerang sel sehat dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.


·        Brokoli mentah melawan kanker
Saatmemakan brokoli mentah, kegiatan mengunyahnya dapat membantu enzim yangterdapat pada dinding sel tubuh bernama myrosinase yang meningkatkan kemampuanhati untuk mendetoksifikasi karsinogen, adapuun brokoli matang justru akanmematikan enzim tersebut. Orang yang memakan brokoli masak hanya akanmemperoleh sepertiga manfaatnya.

·        Bawang Putih Mentah Melindungi DNA
Menguyahbawang putih mentah akan menghasilkan zat pelindung DNA yang bernama alicin.Namun bila bawang dimasak, meski hanya 1 menit, akan kehilangan zat pelindungitu. Dan, bila dimakan matang, anda tak akan mendapatkan kandungan zat alicintersebut.

·        Jus Mentah kaya Vitamin
Takada minuman yang lebih menyehatkan daripada jus buah dan sayur segar. Bila andamembeli jus olahan di supermarket, buahnya pasti sudah mengalami pasteurisasi.Tidak hanya akan membunuh bakteri dan mengawetkan, tetapi proses pasteurisasijuga akan menghancurkan banyak vitamin, mineral dan enzim. Jus dalam kemasanterkadang juga telah ditambahkan bahan kimia, gula dan bahan-bahan yang tidaksehat lainnya.

·        Garam mentah jaya mineral
Garammentah mengandung kandungan mineral yang penting bagi kesehatan. Adapun garamyang telah diolah, biasanya telah dipanaskan dengan suhu tinggi dan ditambahkandengan bahan kimia. Pilihlan produk garam mentah yang memiliki kandunganmineral yang baik bagi keseimbangan tubuh. Namun, memang ada juga garam kemasanyang tidak sehat karena telah dicampur dengan banyak sodium.

·        Cokelat mentah sebagai makananbagi otak
Cokelatmentah atau kakao mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamindan mineral yang meningkatkan kinerja neurotransmintter pada otak dan bahankimia nabati yang mengaktifkan emosi serta suasana hati yang baik. Maka itu,tak mengherankan bila cokelat sangat disukai. Sementara itu, cokelat yang telahdimasak, seperti yang biasa Anda temui pada produk cokelat batangan dan kueatau roti, telah kehilangan banyak nilai gizinya. Ketika minyak dan lemak padakacang kakao dipanaskan, mereka bahkan bisa menjadi racun. Cokelat yang telahdicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan susu sebenarnya hanya memilikisedikit kandungan gizi. Maka itu, daripada memberikan hadiah cokelat kepadaorang terkasih, mengapa kita tidak membuat cokelat sehat ala kita sendiri??

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes