Friday, September 30, 2011

PENGGUNAAN RADIOAKTIF PADA KARSINOMA TIROID



Radioaktif iodin adalah salah satu isotop radioaktif. Jenisisotop radioaktif iodin yang digunakan dalam bidang kedokteran adalah I-123 danI-131. Radioaktif iodin ini berkonsentrasi dalam kelenjar tiroid sama sepertiiodium pada umumnya sehingga dapat digunakan untuk diagnosis maupun pengobatan.Untuk diagnosa digunakan I-123 sedangkan untuk pengobatan yang bertujuan untukmenghancurkan kelenjar tiroid adalah I-131. Radioaktif iodin yang tidak beradadi dalam tiroid akan segera dieliminasi dari tubuh melalui kelenjar keringatdan urine.

1.    SebagaiAlat Diagnosa
I-123 adalah isotop yang digunakan untuk dapat melihatgambaran kelenjar tiroid. Cukup dengan menelan I-123 dalam dosis kecil, makadalam jangka waktu 3-6 jam sudah dapat diambil gambarannya. Kamera yang digunakanserupa dengan X-ray atau CT scan. Isotop ini tidak mempunyai efek samping dantidak berbahaya bagi pemakainya.


2.    SebagaiAlat Terapi Hipertiroid Dan Post Operatif
I-131 digunakan sebagai terapi pengobatan untuk kondisitiroid yang over aktif atau kita sebut hipertiroid. I-131 ini sendiri adalahsuatu isotop yang terbuat dari iodin yang selalu memancarkan sinar radiasi.Jika I-131 ini dimasukkan kedalam tubuh dalam dosis yang kecil, maka I-131 iniakan masuk ke dalam pembuluh darah traktus gastrointestinalis. I-131 dan akanmelewati kelenjar tiroid yang kemudian akan menghancurkan sel-sel glandulatersebut. Hal ini akan memperlambat aktifitas dari kelenjar tiroid dan dalambeberapa kasus dapat merubah kondisi tiroid yang semula overactive menjadi underactive.
I-131 digunakan untuk terapi graves’ disease, goiter, tiroidnodul, dan karsinoma tiroid. Seorang ahli bedah tiroid dapat mengeluarkanseluruh bagian dari tiroid dengan komplikasi bedah yang paling minimal,sedangkan I-131 digunakan untuk menghancurkan kelenjar yang masih tersisa.Dalam keadaan ini, tidak diperkenankan menggunakan hormon pengganti selamabeberapa minggu setelah terapi dengan tujuan menurunkan level hormon tiroidhingga dibawah normal. Dengan demikian, I-131 dapat bekerja secara maksimaluntuk menghancurkan tiroid yang tersisa. Pengobatan dengan cara ini dapatsecara signifikan menurunkan kemungkinan timbulnya kembali kanker tiroid danmeningkatkan kemampuan dokter untuk mendeteksi dan mengobati kanker yangmungkin berulang..

3.    SebagaiTerapi Definitif Untuk Karsinoma Tiroid Persisten.
Semua penderita kanker harus mendapatkan follow-up yangreguler oleh ahli endokrinologi. Jika dari hasil follow up diketahui bahwamasih ada kanker tiroid yang tersisa dan bersifat persisten atau rekuren, makaahli endokrinologi diperbolehkan untuk memberikan dosis tambahan I-131. Pasiendengan kanker tiroid residual atau telah menyebar ke regio belakang leher,dapat melakukan scanning menggunakan radioaktif.

4.    DosisYang Digunakan
Dosis yang digunakan adalah sebagai berikut:
·        Dosis kecil, yaitu sebesar 5-30 millicuries(mCi) pada penderita hipertiroid
·        Dosis sedang yaitu 25-75 mCi digunakan untukmengecilkan ukuran tiroid yang membesar tetapi mempunyai fungsi yang normal.
·        Dosis besar yaitu 30-200mCi digunakan untukmenghancurkan sel kanker tiroid.
Bila ahli radiologi akan memberikan dosis yang lebih tinggi,maka penderita akan diminta untuk tinggal di dalam ruang yang terisolasi selama24 jam untuk menghindari paparan dengan orang lain

5.    ProsedurPelaksanaan
I-131 ditelan dalam bentuk dosis tunggal dengan bentuk kapsulatau cair dan dengan cepat masuk ke dalam pembuluh darah traktusgastrointestinalis, masuk ke dalam kelenjar tiroid dan mulai menghancurkankelenjar tiroidnya. Efeknya baru akan terlihat dalam jangka waktu satu sampaitiga bulan dengan efek maksimal tiga sampai enam bulan setelah pengobatan.

6.    EfekSamping
Efek samping dari terapi ini pada umumnya adalah timbulnyarasa nyeri setelah pengobatan dan pembengkakan kelenjar ludah. Untuk hal ini,maka penderita boleh diberikan obat simptomatik seperti aspirin, ibuprofen atauasetaminofen.

7.    Pengawasan
Seseorang yang sedang dalam terapi I-131 ini sebenarnyadiperbolehkan pulang ke rumah, dengan catatan tidak boleh melakukan kontak yangterlalu dekat dan lama dengan orang lain untuk beberapa hari terutama wanitahamil dan anak-anak. I-131 akan keluar dari tubuh selama dua hari pertamapengobatan, terutama melalui urin. Selain itu juga ada yang diekskresikan dalamkelenjar liur, kelenjar keringat, kelenjar air mata, sekresi cairan vagina danfeses. Akan lebih baik lagi, bila seseorang yang sedang menjalani terapi iniberistirahat selama beberapa hari, terutama yang pekerjaan sehari-harinyakontak dngan anak-anak dan wanita hamil.

Nuclear Regulatory Commissionmerekomendasikan sebagai berikut:
·        Gunakan fasilitas toilet pribadi, jika ada, dancucilah dua kali lebih banyak setelah menggunakannya
·        Mandi setiap hari dan cucilah tangan seseringmungkin
·        Minum cairan dalam jumlah yang normal
·        Gunakanlah alat makan yang disposabel ataupisahkan dengan alat makan yang lain saat mencucinya
·        Cuci pakaian dan semua yang kontak dengan tubuhtiap hari dan harus dipisah dari pakaian anggota keluarga yang lain. Tidakdiperlukan teknik pencucian yang khusus
·        Jangan menyiapkan makanan kepada orang lain jikamengharuskan penderita kontak tangan lama dengan makanan tersebut
Ingat, bahwa I-131 yang diberikan selama periode kehamilanakan berakibat rusaknya kelenjar tiroid pada bayi. I-131 dapat masuk ke dalamtubuh bayi melalui air susu penderita. Karena itulah kebanyakan para ahlimenunda terapi pada wanita yang sedang dalam masa menyusui. Selain itu,kehamilan sebisa mungkin ditunda paling tidak enam sampai 12 bulan setelahterapi karena adanya paparan radiasi pada ovarium. Terapi ini memerlukan suatukeahlian khusus, karena itulah mereka yang terlibat langsung dalam bagianpengobatan ini adalah para ahli radiologi yang telah mendapat pelatihan khususdi bidang kedokteran nuklir, termasuk juga para ahli endokrinologi, onkologi,ahli bedah dan petugas lapangan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes