Friday, September 30, 2011

Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja



Penilaian kinerja menurut Werther dan Davis (1996:342) mempunyaibeberapa tujuan dan manfaat bagi organisasi dan pegawai yang dinilai, yaitu:
1.       PerformanceImprovement. Yaitu memungkinkan pegawaidan manajer untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan peningkatankinerja.
2.       Compensationadjustment. Membantu para pengambilkeputusan untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima kenaikan gaji atausebaliknya.
3.       Placementdecision. Menentukan promosi,transfer, dan demotion.
4.       Trainingand development needs mengevaluasikebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi pegawai agar kinerja mereka lebihoptimal.
5.       Carrerplanning and development. Memanduuntuk menentukan jenis karir dan potensi karir yang dapat dicapai.
6.       Staffingprocess deficiencies.Mempengaruhi prosedur perekrutan pegawai.
7.       Informationalinaccuracies and job-design errors.Membantu menjelaskan apa saja kesalahan yang telah terjadi dalam manajemensumber daya manusia terutama di bidang informasi job-analysis, job-design,dan sistem informasi manajemen sumber daya manusia.
8.       Equalemployment opportunity.Menunjukkan bahwa placement decision tidak diskriminatif.
9.       Externalchallenges. Kadang-kadang kinerjapegawai dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti keluarga, keuangan pribadi,kesehatan, dan lain-lainnya. Biasanya faktor ini tidak terlalu kelihatan, namundengan melakukan penilaian kinerja, faktor-faktor eksternal ini akan kelihatansehingga membantu departemen sumber daya manusia untuk memberikan bantuan bagipeningkatan kinerja pegawai.
10.    Feedback. Memberikanumpan balik bagi urusan kepegawaian maupun bagi pegawai itu sendiri. 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes