Wednesday, September 28, 2011

Manfaat / fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari


Manfaat internet sangattergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satumemanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe ataujenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internetsebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atauseorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaatInternet sebagai media bisnis:
*) Menciptakan basis bagi klien ataupelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidakselalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelangganharus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati,pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salahsatu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basispertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkanpelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternettersebut.

*) Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karenaprodusen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisapasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produkbaru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itudiluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkatkepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan jugadapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. PemakaiInternet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produkdan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cariide-ide baru!
*) Nasehat dan bantuan pakar dibidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karyamereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses.Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari parapakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannyadengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar denganharga sangat mahal.
*) Rekruitmen tenaga kerja danpenyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari olehperusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar  lowongankerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melaluiInternet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu diInternet.   Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakanweb tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
*) Akses informasi dan penyebaraninformasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi medialainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jikadibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat  mengaksesinformasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapatmembuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secarainteraktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan videoconferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadisecara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
*) Komunikasi yang cepat danpengiriman dokumen dengan  biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satucontoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim danmenerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yangdilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumensecara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan ataugagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar sepertipos atau perusahaan jasa lainnya.
*) Peluang bisnis baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ideinovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanyadisebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasanakooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pulamenimbulkan ide produk yang baru dan inovatif.  Banyak fasilitas aplikasiyang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagaifasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para pemakaiindividual maupun profesiona atau bisnis.
Beberapa alasan mengapa para profesionalmemanfaatkan WWW sebagai media bisnis:
*) Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.
*) Web memberikan kesempatan bagi perusahaanmemasuki jaringan yang lebih   global.
*) Web menyediakan informasi bisnis untukpelanggan dan masyarakat secara  luas
*) Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baikdengan  adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
*) Web dapat meningkatkan minat masyarakatterhadap produk maupun perusahaan.
*) Web menjadi sarana pemberitaan informasi yangsensitif terhadap waktu
*) Web juga dapat dijadikan sarana menjual produkatau tempat transaksi
*) Web dapat menyajikan informasi secarainteraktif dengan memanfaatkan
multimedia
*) Web mampu mencapai pasar ditinjau secarademografi sesuai dengan yang diinginkan
*) Web menjadi saran untuk tanya jawab antarapelanggan dengan perusahaan  atau sering disebut frequently asked question(FAQ)
*) Web dapat memberikan kesempatan kepadapelanggan untuk melakukan kontak   atau berkomunikasi denganpramuniaganya secara langsung
*) Web membuka kemungkinan bagi perusahaanmemasuki pasar internasional
*) Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam
*) Web  memungkinkan melakukan perubahaninformasi yang tersedia dengan cepat
*) Web akan memberikan kesempatan pelanggan untukmemberikan umpan balik  kepada perusahaan
*) Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadapproduk dan jasa yang ditawar kan
*) Web dapat dijadikan saran media informasi,publikasi perusahaan dan
promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
*) Web juga dapat digunakan untuk memberikanpelayanan kepada pasar lokal
Dengan melihat manfaat yang dapat diperolehseperti yang telah disebutkan
di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan
bisnisnya dengan cara:
- Katalog online secara elektronis
- Komunikasi satu-satu dengan pelanggan
- Mendukung penjualan
- Dukungan purna jual produk atau jasa
- Mempertajam kehadiran perusahaan
- Iklan produk dan jasa
- Penelusuran order pelanggan
- Pendukung penelitian konsumen
- Rekruitmen tenaga kerja
- Transaksi secara elektronis
- Publikasi secara online
- Penyaluran barang atau distribusi
- Meningkatkan dana investasi
- Sumber bisnis dan jaringan pribadi
- Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara online,komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara, konferensi melalui video. Electronic data interchange (EDI)

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes