Monday, September 26, 2011

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI



CONTOH KARYA TULIS ILMIAH (KTI) :

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI

PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MASALAH EKONOMI INTERNASIONAL PADA MATA PELAJARANEKONOMI TERHADAP SISWA KELAS XII-IS SMA NEGERI SEMESTER I MELALUI PENERAPANMETODE BERVARIASI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Masa tumbuh kembang pada siswa merupakan masa penting dalam membentukkepribadian siswa tersebut, maka dari itu pendidikan merupakan suatu bimbingansecara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didikmenuju terciptanya kepribadian yang utama, pendidikan juga merupakan suatuproses yang berkesinambungan yang bertujuan untuk membentuk kedewasaan anak danmengetahui sifat

dasar yang ada pada diri anak atau manusia, sifat dasar yangada pada manusia terdiri atas tiga komponen yang harus di bangun untukmembentuk kepribadian pada diri manusia yaitu Ruh, Jasmani dan Akal.
Tujuan pendidikan nasional sendiri secara makro bertujuan membentuk organisasipendidikan yang bersifat otonom sehingga mampu melakukan inovasi dalampendidikan untuk suatu lembaga yang beretika, selalu menggunakan nalar,berkemampuan komunikasi sosial yang positif dan memiliki sumber daya manusiayang sehat dan tangguh.
Agar tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perubahan dalam sistem pendidikanharus dilakukan secara terencana dan menyeluruh, dan sistem pendidikan yangkonvensional menuju sistem pendidikan yang berorientasi kompetensi. Sistempendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses dipandang kurang dinamis,kurang efisien, dan mengarah pada stagnasi pedagogik, sehingga mengakibatkansistem pendidikan sulit beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi, seni, dan aspirasi serta kebutuhan masyarakat.
Sedangkan guru yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengananak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik sebagaimahkluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal. Maka adalah pentingmeluruskan pandangan yang keliru dalam menilai anak didik. Sebaiknya gurumemandang anak didik sebagai individu dengan sebaiknya guru memandang anakdidik sebagai individu dengan segala perbedaannya, sehingga mudah melakukanpendekatan dalam pengajaran.
Cara mengajar yang menggunakan teknik yang beraneka ragam disertai denganpengertian yang mendalam dari pihak guru akan memperbesar minat siswa dan akanmempertinggi pula hasil belajarnya. Dengan mengajak, merangsang dan memberikesempatan kepada siswa untuk ikut serta menggunakan pendapat, belajarmengambil keputusan, bekerja dalam kelompok, membuat laporan dan lain-lain,akan membawa siswa pada suasana belajar yang sesungguhnya bukan pada suasanadiajar saja. Berdasarkan dari semua itu, maka perlu dicari langkah-langkahpenyelesaian agar siswa tidak merasa enggan dengan mata pelajaran tersebut.
Dari harapan dan kenyataan tersebut diatas penulis ingin mencoba untuk membahasdan meneliti melalui judul “Peningkatkan Prestasi Belajar Masalah EkonomiInternasional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Siswa Kelas XII-IS SemesterI Melalui Penerapan Metode Bervariasi”.
B. Identifikasi Masalah
Berikut masalah yang terlihat dari paparan latar belakang diatas:
1. Masa tumbuh kembang pada siswa merupakan masa penting dalam membentukkepribadian siswa tersebut.
2. Tujuan pendidikan nasional sendiri secara makro bertujuan membentukorganisasi pendidikan yang bersifat otonom
3. Agar tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perubahan dalam sistem pendidikanharus dilakukan secara terencana dan menyeluruh, dan sistem pendidikan yangkonvensional menuju sistem pendidikan yang berorientasi kompetensi.
4. Penerapan metode yang bervaraiasi untuk meningkatkan prestasi belajarEkonomi pada siswa kelas XII-Ilmu Sosial.

C. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang masalah sebagaimana disebutkan diatas timbullahpermasalahan yang jika dirumuskan berkisar pada pertanyaan sebagai berikut :“Adakah Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Masalah EkonomiInternasional Melalui Penerapan Metode Bervariasi Pada Siswa Kelas XII-IlmuSosial Semester I”.

D. Batasan Masalah Penelitian
Penelitian ini di batasi hanya pada
1. Kelas XII-IS.1 semester I yang berjumlah 31 siswa
2. Pokok bahasan Masalah ekonomi internasional
3. Meningkatkan prestasi dan minat serta pemahaman siswa terhadap pokok bahasanyang di sajikan.
4. Karena dilaksanakan dengan biaya mandiri penelitian dilakukan selama 2 bulan

E. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini adalah :
1. Memberikan gambaran tentang penerapan metode bervariasi yang tepat untukmenjadikan siswa lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajarandan meningkatkan prestasi belajar.
2. Untuk mengetahui peranan pengajaran metode bervariasi terhadap pemahamanpeserta didik pada pokok bahasan mata pelajaran Ekonomi.
3. Untuk mengetahui apakah pengajaran dengan penerapan metode bervariasi dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasanmasalah ekonomi internasional.

F. Manfaat Penelitian
Hasil dan pelaksanaan classroom action research yang dilakukan ini akanmemberikan manfaat yang berarti bagi perorangan maupun instansi di bawah ini :
1. Bagi guru : Dengan dilaksanakannya penelitian tindakan ini, guru dapat lebihterampil menggunakan pembelajaran bervariasi, guru akan terbiasa melakukanpenelitian kecil yang tentu sangat bermanfaat bagi perbaikan proses belajarmengajar.
2. Bagi siswa : Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi siswa yang bermasalahdi kelas ini agar berusaha meningkatkan aktivitas belajaranya sehingga dapatmeningkatkan hasil belajarnya.
3. Bagi sekolah : Hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan yang banyakdalam rangka memperbaiki pembelajaran didalam kelas, peningkatan kualitassekolah dan bermanfaat bagi sekolah-sekolah lain.
4. Bagi kurikulum : Hasil penelitian ini akan memberikan masukan bahwa denganmemberikan pembelajaran bervariasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalambertanya, sehingga dapat mengembangkan kurikulum dalam menggunakan metodepengajaran.

.... dst.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes