Sunday, September 25, 2011

Tujuan dan manfaat laporan keuangan


 Definisi Analisis Laporan Keuangan

   “Analisa laporan keuangan yaitu menguraikanpospos
       laporan keuangan menjadi unit informasiyanglebih kecil dan melihat hubungan yang bersifatsignifikan atau yang mempunyai makna antara satudenganyang lain baik antara data kuiantitatifmaupun non kuantitatif dengan tujuan untukmengetahuikondisi keuangan lebih dalam yangsangatl penting dalam proses menghasilkankeputusan yung tepat,”(1998:3) ".

 Definisi laporan keuangan…..

 Sedangkan menurut Djahidin analisa laporan keuanganadalah:
 “ Analisa laporan keuangan mencakup penerapan metode dari teknik analitis atas laporan keuangan
       dan data lainnya untuk melihat darilaporan itu
       ukuran-ukuran dan hubungan tertentu yangsangat
       berguna dalam proses pengambilankeputusan” (1983)
Tujuandan manfaat laporan keuangan
 Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam satuperiode tertentu, baik harta, kewajiban, modal, maupun hak usaha yang telahdicapai untuk bebrapa periode.
 Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yangmenjadi kekurangan perusahaan.
 Untuk megetahui kekuatan-kekuatan yang dimiliki.



 Lanjutan………………..
 Untuk melakukan penilaian kinerja manajemen ke depan,apakah perlu penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil atau gagal.
 Dapat juga digunakan sebagai pembanding denganperusahaan sejenis tentang hasil yang mereka capai.
  Untukmengetahui langkah-langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan ke depanyang berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan saat ini.


 Bentuk-bentuk dan teknik analisis
       Sebelum melakukan analisis laporankeuangan, diperlukan langkah-langkah atau prosedur tertentu. Langkah atauprosedur ini diperlukan agar urutan proses analisis mudah untuk dilakukan.Adapun langkah atau prosedur yang dilakukan dalam analisis keuangan adalah:
                     Mengumpulkan data keuangan dan data pendukung yangdiperlukan selengkap mungkin, baik untuk satu periode maupun beberapa periode.


 Next……………..
 Melakukan pengukuran-pengukuran atauperhitungan-perhitungan dengan rumus-rumus tertentu, sesuai dengan standar yangbiasa digunakan secara cermat dan teliti, sehingga hasil yang diperolehbenar-benar tepat.
 Melakuakan perhitungan dengan memasukkan angka-angkayang ada dalam laporan keuangan secara cermat.
 Memberikan interpretasi terhadap hasil perhitungan danpengukuran yang telah dibuat.
 Membuat laporan tentang posisi keuangan perusahaan.
 Memberikan rekomendasi yang dibutuhkan sehubungandengan hasil analisis tersebut.


 Bentuk dan anlisis laporan keuangan………….
Analisis Vertikal (Statis)
       Analisis vertical merupakan analisis yangdilakukan terhadap hanya satu periode laporan keuangan saja. Analisis dilakukanantara pos-pos yang ada, dalam satu periode. Informasi yang diperoleh hanyauntuk satu periode saja dan tidak diketahui perkembangan dari periode keperiode tidak diketahui.


Analisis Horizontal (Dinamis)
       Analisis horizontal merupakan analisisyang dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan untuk beberapa periode.Dari hasil analisis ini akan terlihat perkembangan perusahaan dari periode yangsatu ke periode yang lain.

 Jenis-jenis laporan keuangan
 Analisis perbandingan antara laporan keuangan;
       Analisis ini dilakukan denganmembandingkan laporan keuangan lebih dari satu periode. Artinya minimal duaperiode atau lebih. Dari analisis ini akan dapat diketahui perubahan-perubahanyang terjadi. Perubahan yang terjadi berupa kenaikan atau penurunan darimasing-masing komponen analisis. Dari perubahan ini terlihat masing-masingkemajuan atau kegagalan dalam mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.


 Analisis trend;
       Analisis trend atau tendensi merupakananalisis laporan keuangan yang biasanya dinyatakan dalam presentase tertentu.Analisis ini akan dilakukan dari periode ke periode sehingga akan terlihatapakah perusahaan mengalami perubahan yang naik, turun, atau tetap, sertaseberapa besar perubahan tersebut yang dihitung dalam presentase.

 Lanjutan……………
Analisis persentase per komponen;
       Analisis peresentase per komponenmerupakan analisis yang dilakukan untuk membandingkan antara komponen yang adadalam satu laporan keuangan, baik yang ada di neraca maupun laporan laba rugi.

 Analisis sumber dan penggunaan data;
       Analisis sumber dan penggunaan danamerupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui sumber-sumber danaperusahaan dan penggunaan dana dalam satu periode. Analisis ini juga untukmengetahui jumlah modal kerja dan sebab-sebab berubahnya modal kerja perusahaandalal satu periode.
 Analisis sumber dan penggunaan kas;
       Analisis sumber dan penggunaan kasmerupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui sumber-sumber kas perusahaandan penggunaan uang kas dalam satu periode. Selain itu, juga untuk mengetahuisebab-sebab berubahnya jumlah uang kas dalam satu periode tertentu.



 Analisis rasio;
       Analisis rasio meupakan analisis yangdigunakan untuk mengetahui hubungan pos- pos yang ada dalam satu laporankeuangan neraca dan laporan laba rugi.
 Analisis kredit;
       Analisis kredit merupakan analisis yangdigunakan untuk menilai layak tidaknya suatu kredit dikucurkan oleh lembagakeuangan seperti bank. Dalam analisis ini digunakan beberapa cara alat analisisyang digunakan

 Analisis laba kotor;
       Analisis laba kotor merupakan analisisyang digunakan untuk mengetahui jumlah laba kotor dari period ke satu periode.Kemudian juga untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya laba kotor tersebutantara periode.
  Analisistitik pulang pokok atau titik impas
       Analisis titik pulang pokok disebut jugaanalisis titik impas atau break event point. Tujuan analisis ini adalahutnuk mengetahui pada kondisi berapa penjualan produk dilakuakan dan perusahaantidak mengalami kerugian.

Contoh Perhitungan dengan menggunakan analisis Trend…
 Perlu di Ingat…..
       Dalam analisis Trend harus ditentukantahun dasar sebagai Pembanding. Baru kemudian dicarikan angka indeksnya. Rumusuntuk mencari angka Indeks adalah sebagai berikut:
                                                Tahun Pembanding
            Angka Indeks =                                      x 100%
                                                   Tahun Dasar                                 

 Contoh




Hal ini dapat diartikan sebagai berikut:
                        Uang Kas yang ada pada akhir tahun 2004 sebesar 140%kas yang ada pada tahun 2003.
                        Uang Kas akhir tahun 2004 naik sebesar 40% jikadibandingkan dengan uang kas akhir tahun 2003.
                        Uang Kas Akhir tahun 2004 berjumlah 40% lebih besardari uang kas akhir tahun 2003

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes