Thursday, September 29, 2011

MANFAAT TANAMAN JARAK PAGAR



neee juga...tak tambahi kalo jarak pagar tuh bisa untuk mengobati lukagores/berdarah akibat jatuh, terkena cangkul ketika kerja bakti ato kesandungbatu...bagi orang2 desa seperti saya, yang tidak mampu beli Betadine, langsungsaja metik daun jarak lalu ujung batangnya akan keluar getah...lha getah ituyang dioleskan di luka, tunggu beberapa saat agar getah mengering baru kemudianbisa dipake beraktifitas lagi seperti mandi, maen bola, bersepeda, kerjabakti....etc....
wisss pokoke jarak tuh tanaman paling bermanfaat di kampungku...meskipungak diteliti secara valid di laboratorium oleh para insinyur.... ada yang monambahi silahkan...
Nih gambar pohon jarak


Kalo untuk pengolahan Minyak jarak [Jatropha] Menjadi Biofuel bisa dibaca disini

Di zaman penjajahan Jepang, orang dipaksa menanam jarak pagar untuk diambilminyaknya sebagai bahan bakar kapal dan pelumas senjata. Secara tradisional, masyarakatJawa sebetulnya biasa memanfaatkan daun serta minyak buah jarak untuk mengatasiberbagai gangguan kesehatan, yakni diare, penurun panas, gatal, dan borokkronis.
Kasmin (32 tahun) dan Wandi (29), ingatbetul, semasa kecil di Jepara, ibunya selalu memborehkan remasan daun jarakpagar di sekitar pusar mereka saat tubuhnya panas tinggi. Menurut kedua jurumasak sebuah rumah makan di bilangan Menteng, Jakarta Pusat ini, malam haridiobati dengan daun jarak, paginya suhu tubuh mereka sudah kembali normal.
David (33), sinse yang berpraktik dibilangan Daan Mongot, Jakarat Barat, mengaku semasa kanak-kanak, ibunya seringmeletakkan daun jarak pagar yang telah diolesi minyak kelapa dan dipanaskan diatas api ke perutnya. Resep itu terbukti ampuh untuk menanggulangi diare yangmenyerangnya.


BahanBakar
Jatropha curcas alias jarak pagar sudahdikenal luas oleh masyarakat pedesaan. Tumbuhan bernama Cina, Ma feng shu ini,biasa ditanam sebagai pagar rumah, di kebun, atau di makam. Di Sumatera,tanaman ini bernama Nawaih nawas, jarak kosta di Sulawesi, Lulu nau (NusaTenggara), dan Muun mav (Maluku).
Menurut cerita banyak orang, pada zamanpenjajahan Jepang, rakyat dipaksa menanam pohon jarak. Minyaknya diambil untukdigunakan sebagai bahan bakar kapal dan pelumas senjata.
Oleh banyak petani tanaman hias diJakarta, tanaman berfamili Euphorbiaceae ini dijadikan bahan kawinan denganpohon lain. Contohnya dengan pohon batavia dan beringin putih.
Masyarakat Tangerang yang diwawancarai SENIOR mengaku memanfaatkan tanaman inisebagai obat tradisional sakit perut. Kadin UKM melaporkan, jarak pagarterbukti meningkatkan produktivitas ayam petelur serta mengindikasikan adanyamanfaat yang lebih hebat daripada Viagra, yang harus diimpor dengan hargamahal.

Manfaatuntuk Bayi
Akibat buang air, berat badan bayi akanmudah menyusut. Dokter biasanya akan mengobservasi mengapa bayi jatuh sakit,apakah mungkin akibat makanan atau minuman yang dikonsumsi sang ibu, cuacadingin, atau sebab lain. Secara empiris, balita yang sakit mencret dapatdisembuhkan dengan daun jarak pagar.
Caranya, petiklah tiga lembar daunjarak, terutama yang masih hijau dan segar. Olesi daun jarak itu dengan minyakkelapa secara merata di bagian atasnya. Setelah itu, panggang di atas komporselama beberapa detik hingga tampak layu.
Tempelkan daun jarak tersebut di perutbayi, tentunya setelah daun terasa hangat. Tiga lembar daun itu sebaiknyaditaruh melebar, sehingga bisa menutupi seluruh bagian perut bayi.
Sinse David mengingatkan, jangan lupa untuk membedong atau membalut perut bayimemakai kain. Setelah beberapa menit, lebih baik lagi jika bayi sudah terbangundari tidur pulas, bukalah bedong tersebut. Biasanya daun jarak tadi sudahmengering, dan bisa dibuang.



Antipiretik
Jarakpagar merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan tropis dan subtropis, dantumbuh subur di kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, dan di Asia.Tinggi pohon ini berkisar 4-5 meter dengan ranting yang mengandung banyakcairan getah.
Lebar daunnya kira-kira 15 cm. Bunganyakecil berwarna kuning kehijauan dan tumbuh berkelompok. Buahnya berbentuk bujurtelur, licin, dan akan berganti warna, dari hijau ke kuning. Bila keringmenjadi berwarna hitam. Bila telah masak, akan merekah dan mengeluarkan bijiberwarna hitam.
Dijelaskan Dr. A. Setiawan Wirian, salahseorang pendiri Himpunan Pengobat Tradisional dan Akupuntur se-Indonesia(HIPTRI), jarak pagar berkhasiat sebagai pencahar dan toksik lektin. Tanamanyang dikembangbiakkan dengan biji dan stek batang ini mempunyai rasa pahit,astrigent, sejuk, beracun.
Masih kata Dr. Wirian, jarak pagar jugamampu melancarkan darah (stagnant blood dispelling), menghilangkan bengkak(antiswelling), menghentikan perdarahan (hemostatik), serta menghilangkan gatal(antipruritik). Tanaman ini mengandung n-l-triakontanol, alpha-amirin,kampesterol, stigmast-5-ene-3 beta, 7 alpha-diol, stigmasterol,beta-sitosterol, iso-viteksin, viteksin, 7-keto-beta sitosterol, dan HCN.
Di India, menurut pakar pohon jarakpagar dari Institut Teknologi Bandung, Dr. Ir. Robert Manurung, minyak jaraktelah diadopsi sebagai minyak bakar mesin kereta api. Saat ini India menanampohon jarak pagar di sepanjang bantaran rel kereta api sepanjang 24.000 km!
Selama ini, petani Indonesia hanya memanfaatkan pohon jarak pagar sebagaitumbuhan pagar atau pembatas sawah karena dianggap tidak ekonomis. Daun danbuahnya pun cuma digunakan untuk pakan ternak.
Untunglah, setelah ditemukan caramengekstrak buah jarak menjadi minyak, tanaman memiliki nilai ekonomi tinggi.Bahkan, jika dibandingkan dengan komoditas lain, potensi tanaman ini sangattinggi. Dari satu hektar bisa dihasilkan 40 ton biji dengan harga jual Rp 2.000per kilogram.
Seperti diuraikan Rektor ITB, Prof. Dr. Djoko Santoso, dan Rektor Institut PertanianBogor, Prof. Dr. Ansori Mattjik, seusai melihat peralatan pengolah biji jarakmenjadi BBM dan unjuk kerja generator pembangkit listrik berbahan bakar minyakjarak di Kampus ITB, Bandung, pertengahan tahun lalu, pohon jarak bisa menjadiprimadona di dunia pertanian. Sebab, berdasarkan hasil penelitian di ITBbekerja sama dengan Mitsubishi Research Institute, minyak jarak memilikikemampuan setara solar, sehingga bisa dijadikan BBM alternatif untukmasyarakat.

KandunganKimia Tanaman Jarak Pagar
Secara kimia tanaman jarak ini mengandung trikontranol, alvamirin,kaem pasterol, beta sitosterol, 7-keto-beta sitosterol, sigmasterol,stigma-5-en-3-beta-7-alfadiol, viteksin, isoviteksin, dan asam sianida (HCN).Daun dan batangnya mengandung saponin, flafonoida, tannin, dan senyawapolyphenol.Dan getahnya mengandung tannin 11- 18 % sedangkan bijinya mengandungberbagai senyawa alkaloida, saponin dan jenisnya protein beracun yang disebutkursin. 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes