Monday, September 26, 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)





A. PENGERTIAN

Belakangan ini PenelitianTindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh paraprofesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagaibidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalahsosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang dimasyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajianterhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikandasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yangtelah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakaisebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahappelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikandan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atasdilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitaskeberhasilan tertentu dapat tercapai.


Dalam bidang pendidikan,khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitianterapan. PTK sangat bermanfaat bagiguru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Denganmelaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yangtimbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagairagam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itusebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajardi kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatupenelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru dilapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi danpeneliti.

Classroomaction research (CAR) adalah action research yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian“riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangkamemecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Ada beberapa jenis action research, dua diantaranya adalah individual action research dan collaborative action research(CAR). Jadi CAR bisa berarti dua hal, yaitu classroom action research dancollaborative action research; dua-duanya merujuk pada hal yang sama.

Action research termasuk penelitian kualitatifwalaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif. Action researchberbeda dengan penelitian formal, yang bertujuan untuk menguji hipotesis danmembangun teori yang bersifat umum (general). Action research lebih bertujuanuntuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untukdigeneralisasi. Namun demikian hasil action research dapat saja diterapkan olehorang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimliki peneliti.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes