Monday, September 26, 2011

METODE INKUIRI




BAB  I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam GBPP pendidikan dasar(Depdikbud, 1994) dijelaskan bahwa tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) adalah :
(1)  memahami konsep IPA, (2) memilikiketrampilan proses, (3) bersikap ilmiah, (4) mempu menerapkan berbagai konsepIPA untuk menjelaskan gejala-gejala alam semesta dan memecahkan masalah dalamkehidupan sehari-hari, serta (5) memupuk rasa cinta terhadap alam semesta danmenyadari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa

Tujuan kurikuler ini mencakup hakekatIPA dan juga kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA harusmenggambarkan, dijiwai, serta diarahkan untuk mencapai tujuan kurikuler ini.Perangkat pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran IPASMP harus mengacu pada tujuan pembelajaran IPA dan memperhatikan karakteristiksiswa SMP sebagai pebelajar. Demikian pula
ketrampilan-ketrampilan yang harusdikuasai untuk mencapai tujuan di atas harus benar-benar dilatihkan di kelasmelalui kegiatan pembelajaran.
Menurut teori perkembangan kognitifPiaget, siswa kelas 3 SMP pada taraf berpikir operasional formal, pola berpikiryang ditunjukkan adalah sistematis dan meliputi proses-proses yang komplek(Amin, P dan K : 1987). Operasionalnya tidak lagi terbatas semata-mata padapenggunaan objek/benda-benda yang kongkrit tetapi dapat pula digunakan padaoperasional lainnya. Anak  telah dapatmemecahkan semua macam problem yang hanya dapat dipecahkan melalui penggunaanoperasional logika yang lebih tinggi tingkatannya
Dari teori perkembangan kognitifPiaget di atas jika guru telah melaksanakan proses pembelajaran menggunakanmetode yang proporsional, tujuan pembelajaran IPA yang dirinci menjadi tujuanpembelajaran umum dan lebih rinci lagi serta lebih operasional menjadi tujuanpembelajaran khusus lebih mudah dicapai, namun kenyataannya dalam setiap kalipelaksanaan pembelajaran pencapaian tujuan tersebut masih sangat rendah. Halitu dapat dilihat dari hasil belajar siwa sangat rendah atau belum mencapaitarget ketuntasan.
Berdasarkan pemantauan hasil evaluasiulangan harian mata pelajaran biologi pada konsep Kelangsungan Hidup Organismekelas 3 F semester I tahun pelajaran 2004 – 2005 pada subkonsep Adaptasisetelah dilakukan analisis hasil ulangan harian masih belum mencapai targetketuntasan belajar secara klasikal.
Yang dimaksud dengan ketuntasanbelajar secara klasikal yaitu jika 85 % dari sejumlah siswa  dalam satu kelas telah memperoleh nilai 6,5atau lebih.
Sedangkan analisis hasil ulanganharian mata pelajaran biologi pada konsep Kelangsungan Hidup Organisme kelas 3F semester I tahun pelajaran 2004 – 2005 pada subkonsep Adaptasi hanya mencapaiketuntasan belajar klasikal 56,8 %, yaitu 25 siswa dari 44 siswa di kelas 3 Ftelah mencapai ketuntasan belajar individual.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwasebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep Kelangsunganhidup organisme. Hal ini diduga karena pendekatan, metode, model pembelajaran,maupun strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat juga kemampuan guruserta sarana pembelajaran yang meliputi media, alat peraga, dan buku pegangansiswa yang terbatas sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadapkonsep-konsep pada mata pelajaran biologi yang dapat dilihat dari belumtercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal.
Selama ini dalam proses pembelajarandi kelas, guru mengajar seperti hanya menyuapi makanan kepada siswa. Siswaselalu menerima suapan itu tanpa komentar, tanpa aktif berpikir, siswamendengar tanpa kritik apakah pengetahuan yang diterimanya dalam pembelajarantersebut benar atau tidak. Dalam interaksi belajar mengajar ini guru berperansangat penting, gurulah yang aktif sedangkan siswa bersifat pasif sehinggasemua kegiatan berfokus pada guru. Jika permasalahan ini tidak segera diatasi,maka sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 3 F untuk tahun 2004– 2005 pada mata pelajaran biologi.
Melalui penelitian tindakan kelas ini diharapkanadanya peningkatan pemahaman siswa kelas 3 F terhadap konsep kelangsungan hiduporganisme yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar ataumeningkatnya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Adapun targetpeningkatan yang hendak dicapai sekurang-kurangnya 85 % dari jumlah siswa dalamsatu kelas dapat mencapai nilai sekurang-kurangnya 6,5.


1.2 Identifikasidan Rumusan Masalah
Data hasilrefleksi awal diantaranya menunjukkan bahwa permasalahan yang merupakan kasuskelas adalah hasil belajar siswa sangat rendah. Hal itu ditunjukkan oleh nilaiulangan harian pada konsep kelangsungan hidup organisme subkonsep adaptasimahluk hidup setelah dianalisis belum mencapai ketuntasan belajar klasikal,siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan masih banyak faktor-faktorlain yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep padamata pelajaran biologi terutama pada konsep kelangsungan hidup organisme.
 Faktor eksternal juga dapat mempengaruhiaktifitas belajar siswa baik di kelas maupun di rumah. Hasil wawancara awaldengan beberapa siswa terutama yang hasil belajarnya kurang faktor eksternal yangmempengaruhi aktifitas belajar siswa antara lain faktor ekonomi lemah sehinggasiswa kurang memiliki buku-buku referensi, faktor lingkungan yang kurangmenunjang yaitu banyaknya pengangguran akibat putus sekolah, hiburan malam,maraknya playstation, bilyard, dsb.
Dari sekianbanyak permasalahan yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadapkonsep-konsep pada mata pelajaran biologi maka peneliti hanya membatasi padapermasalahan secara umum yang akan dipecahkan dalam penelitian tindakan kelasini yaitu :
“Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 F SMP Negeri 1 Xxx terhadap konsep Kelangsungan HidupOrganisme ?”.
Jawaban atautindakan pemecahan permasalahan di atas dapat diatasi apabilasubpermasalahan-subpermasalahan lebih khusus di bawah ini telah terpecahkan :
  1. Bagaimana meningkatkan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri terpimpin ?
  2. Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri terpimpin ?

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan umum penelitian tindakan kelasini untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 3-F SMP Negeri 1 Xxx – Xxxterhadap konsep Kelangsungan Hidup Organisme melalui pendekatan inkuiriterpimpin yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar atau peningkatanketuntasan belajar klasikal sekurang-kurangnya 85 %.
Tujuan khusus adalah :
1.     Meningkatkanaktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiriterpimpin.
2.     Meningkatkanhasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiriterpimpin.



1.4 ManfaatPenelitian
Penelitian tindakan kelas inidiharapkan bermanfaat :
1.     Bagiguru pelaku penelitian tindakan kelas dapat :
·        memberikanpengalaman merancang pembelajaran dan pengelolaan kelas dalam kegiatanpembelajaran biologi menggunakan pendekatan inkuiri terpimpin.
·        meningkatkankualitas pembelajaran di kelas.
2.     Bagisiswa melalui penelitian tindakan kelas ini diharapkan mereka dapat aktifmelaksanakan pembelajaran serta menemukan konsep-konsep sendiri berdasarkanpengamatan serta diskusi.
3.     BagiSekolah merupakan salah satu upaya untuk pelayanan pendidikan pada masyarakat.
4.     Bagipengembangan ilmu penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat menyediakanalternatif kegiatan pembelajaran.

1.5 RuangLingkup
Penlitian ini merupakan penelitiandeskriptif kualitatif dengan keterbatasan pelaksanaan penelitian :
1.     Materi pembelajaran yang digunakandalam penelitian ini adalah pokok bahasan Kelangsungan Hidup Organisme,subpokok bahasan Perkembangbiakan Mahluk Hidup yang merupakan salah satu materipada mata pelajaran biologi kelas 3 SMP semester I.
2.     Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas yang direncanakan terdiri atas 3 siklus, tiap siklustediri tahapan perencanaan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan(observasi), dan refleksi.
3.     Penelitian tindakan kelas inihanya dilakukan di kelas 3 F SMP Negeri 1 Xxx semester I tahun pelajaran2004-2005 yang berjumlah 44 siswa.

1.6 PenjelasanIstilah
Berikut ini diberikan uraiandefinisi istilah-istilah yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini.
§  Discovery : Suatu kegiatan ataupembelajaran yang dirancang sedemikian
rupa sehingga siswa dapatmenemukan konsep-konsep  danprinsip-prinsip 
melalui proses mentalnya sendiri.
§  Inkuiri :pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh siswa bukan dari mengingat suatufakta-fakta tetapi hasil dari menemukan sendiri.
§  Pembelajaran metode inkuiri terpimpin adalah serangkaian kegiatan yang dilakukanguru dan siswa, siswa melakukan kegiatan : merumuskan masalah, membuathipotesis, merencanakan kegiatan, melakukan percobaan, mengumpulkan data,membuat kesimpulan dibawah bimbingan guru.
§  Ketuntasan belajar individual : siswa telah memperoleh skor 65 % atau lebihdari skor maksimal yang diujikan.
§  Ketuntasan belajar klasikal : sejumlah 85 % siswa atau lebih dari jumlahsiswa du kelas telah mencapai ketuntasan belajar individual.
§  Pendekatan: suatu cara yang dianggap terbaik untuk mencapai sesuatu.
Dalam PBM : suatu cara yang digunakan agarsiswa dapat memahami suatu konsep pengetahuab dan mampu menerapkannya dalamkehidupan sehari-hari.
§  Metode :perencanaan secara menyeluruh untuk menyajikan materi pelajaran secara teratur,bersifat prosedural melalui langkah-langkah yang teratur dan bertahap mulaidari penyusunan, perencanaan pembelajaran, penyajian pembelajaranm danpenilaian hasil pembelajaran.
§  Model Pembelajaran : Skenario kegiatan pembelajaran di kelas.
§  Strategi: Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya yang ada untuk melakukankebijakan tertentu dalam perang dan damai.
§  Strategi pembelajaran :
·        sesuatu yang patut dikerjakan untuk melancarkankegiatan pembelajaran
·        Proses-proses mental dan taktik yang digunakansiswa untuk memfasilitasi belajar, termasuk memori dan metakognitif sehinggasiswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan sendiri.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes