Friday, September 30, 2011

Manfaat dan Fungsi Minum Susu Bagi Kesehatan


Manfaat susu sudah tidakdiragukan lagi. Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik.Protein dan lemak susu memiliki sifat ketecernaan yang tinggi. Kandunganvitamin dan mineral susu juga relatif lengkap.

Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Ada yang segar atau ada yang dalam bentukterolah, seperti susu bubuk atau susu kental manis. Manusia juga mengonsumsisusu dari produk pangan yang mengandung susu, seperti keju, es krim, danyogurt.
Namun, masih ada perbedaanpendapat tentang konsumsi susu ini. Adakelompok yang menyatakan bahwa mengonsumsi susu setiap hari tidak baik bagikesehatan, terutama penyakit vaskular seperti penyempitan pembuluh darah.Argumennya adalah, susu meningkatkan kadar kolesterol darah yang menjadi faktorrisiko penyakit jantung. Kedua, adanya hubungan positif antara produksi susurata-rata per kapita dengan kematian akibat penyakit jantung di sejumlahnegara.
Kelompok lain mendukung peransusu pada penurunan risiko berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakitjantung, hipertensi, dan kanker. Penelitian terbaru di Norwegia mendukung halitu.

Hjartäker bersama koleganyadari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melaluipublikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengonsumitiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kankerpayudara pada wanita pramenopause.
Melalui penelitian kohort theNorwegian Women and Cancer Study, mereka meneliti 48.844 wanita selama enamtahun dua bulan. Konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayatkonsumsi pangan kepada responden. Selama kurun waktu tersebut, tim Hjartäkermenemukan 317 kasus penderita kanker payudara.
Ternyata konsumsi susu sejakmasa kanak-kanak berkaitan negatif dengan kejadian kanker payudara pada saatmereka berumur 34-39 tahun (pramenopause). Itu berarti bahwa mengonsumsi sususejak masa kanak-kanak dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.
Konsumsi susu pada masadewasa juga menurunkan risiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktorhormonal, indeks massatubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengonsumsisusu menghadapi risiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripadawanita yang mengonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari.


Hmmm...susu kacang kedelai... rasanya sangat khas. dapat dinikmati dalam keadaanhangat atau dingin. Sejuta manfaat dapat Anda rasakan jika rutin meminumnya.

Beberapa Manfaat Susu Kacang Kedelai:
Sumber protein nabati yang terbaik
Meningkatkan metabolisme tubuh
Menguatkan sistem imun tubuh
Menstabilkan kadar gula darah
Melindungi jantung
Menambah daya ingat
Membentuk tulang yang kuat
Menurunkan resiko sakit jantung
Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Mencegah menopause bagi wanita
Menurunkan resiko kanker payudara
Menurunkan resiko kanker prostat
Mengurangi resiko serangan jantung dan strok
Menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan


Lemak susu tidak membahayakan tubuh. Hanya 35 persen yang diduga menaikkankolesterol. Sebesar 65 persen tidak memiliki efek buruk pada kesehatan sepertiasam lemak inoleat terkonjugasi pada lemak susu berfungsi menghambatpembentukan tumor, menurunkan beberapa resiko degeneratif dan kronis (kanker,hipertensi, diabetes) dan meningkatkan sistem pertahan tubuh.
Sedangkan asam butirat pada lemak susu memiliki daya cerna tinggi dansebagai anti kanker usus besar dan mendukung pertumbuhan bakter baik (prebioti)yang sumber utamanya adalah lemak susu.
Fesfolipid yang terdapat dalam susu terdiri dari, diantaranya, fosfatidilkolin (lesitin) dan sphingomyelin, fosfatidil inositol dan fosfatidil serin,yang berfungsi sebagai pelindung mukosa usus terhadap bakteri patogen.Fosfolipid ini merupakan bagian terbesar penyusun otak, jaringan saraf, hati,otot, jantung dan sperma berfungsi sebagai antikanker.
Dalam susu terdapat kolesterl sebanyak 13 mg/100 ml (dalam ASI sebanyak10-140 mg/100 ml). Kolesterol ini sebagai prekursor pembentukan asam empedu,hormon steroid, vitamin D dan otak serta berperan penting dalam sintesis DNAdan pembelahan sel.
Sedangkan arachidonic acid (AA) pada susu adalah prekursor dan asam lemakutama eicosanoid. Docoso hexaenoic acid (DHA) sebagai pembentuk membran dalamproses myekinisasi sistem saraf dan lipida utama dalam otak. AA dan DHA ini berfungsimemelihara fungsi sel-sel otak dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem sarafpusat dan sintesis prostaglandin.
Gula susu yaitu laktosa memiliki energi 2 kali besar daripada monosakaridadan meningkatkan daya cerna kalsium.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes