Friday, September 30, 2011

Perspektif dalam balanced scorecard



Dengan adanya Empatperspektif ini dimungkinkan terjadinya keseimbangan antara tujuan jangka pendekdan jangka panjang, keseimbangan antara sisi keuangan dan non keuangan danantara outcome yang diinginkan dan kinerja yang memicu outcometersebut. Empat perspektif tersebut adalah sebagai berikut:
1.Perspektif Keuangan ( Financial Perspective)
Balanced scorecard memakai perspektif keuangan sebagaiperspektif yang terjadi akibat dari perspektif yang lain (customer, prosesbisnis internal dan pembelajaran & pertumbuhan) atau dengan katanya lainperspektif ini secara otomatis akan terwujud dari baik buruknya kinerja 3perspektif dibawahnya. Pengukuran kinerja keuangan mengindikasikan apakah strategiperusahaan, penerapannya, dan pelaksanaannya memberikan kontribusi padapeningkatan yang mendasar. Oleh karena itu persepektif keuangan tidak memilkiinitiative stratetegik untuk mencapai sasaran strategic. Sasaran strategic dariperspektif keuangan adalah shareholder value.
Contoh: meningkatnya ROI (Return on Investment), pertumbuhan pendapatan perusahaan,dan berkuranganya biaya produksi.
2. Perspektif Kustomer (CostumerPerspective)

Padaperspektif ini, perusahaan mengidentifikasikan dan mendefinisikan pelanggan dansegmen pasarnya. Perspektif ini memiliki beberapa pengukuran utama dari outcomeyang sukses dengan formulasi dan penerapan strategi yang baik.
Cotoh nya : Sasaranstrategic dari perspektif customer ini adalah Firm equity diantaranyaadalah meningkatnya kepercayaan customer atas produk dan jasa yang ditawarkanperusahaan, kecepatan layanan yang diberikan dan kualitas hubungan perusahaandengan kustomernya.
3. Perspektif Proses bisnis /internal ( InternalProcess Perspective)
Fokusdalam perspektif ini adalah proses internal dari manajemen perusahaan yangharus dilakukan. Proses internal yang harus dilakukan adalah proses yangberhubungan dengan penciptaan barang dan jasa sehingga dapat  menarik danmempertahankan pelanggan di pasar yang akhirnya dapat memuaskan ekspektasipemegang saham. Perbedaan fundamental antara pendekatan tradisional danBalanced scorecard sebagai berikutp pendekatan tradisional bertujuan untukmemantau dan meningkatkan proses bisnis yang telah ada. Sementara pendekatan Balancedscorecard akan selalu mengindentifikasi keseluruhan proses yang BARU dimanaperusahaan harus memenuhi tujuan keuangan dan pelanggannya.
Contohnya: Sasaran strategic dari perspektif proses bisnis ini adalah organizationalcapital seperti meningkatnya kualitas proses layanan kepada customer,komputerisasi proses layanan kepada customer, dan penerapan insfrastrukturteknologi yang memudahkan pelayanan kepada customer.
4. Perspektif Pembelajaran danpertumbuhan ( learning and Growth perspective)
Perspektifpembelajaran dan pertumbuhan ini mengindentifikasi infrastruktur yang harusdibangun perusahaan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dijangka panjang.
Contohnya : Sasaranstrategic dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah human Capital.Sebagai contoh  peningkatan kompetensi dan komitmen dari staff perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes