Monday, September 26, 2011

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA



Contoh Karya Tulis Ilmiah ( KTI )

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK) MATEMATIKA

METODE TUTOR SEBAYA DALAM KERJA KELOMPOKDAPAT MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN NILAIPERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUATU SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IITEKSTIL SMKN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bidang pendidikan menjadi ujung tombak peningkatan sumber daya manusia.Karena itu, begitu pentingnya suatu bangsa atau negara untuk memperhatikanbidang pendidikan terutama menyangkut personal dan pembiayaannya. Hal iniadalah tugas yang teramat berat untuk diselesaikan dalam waktu singkat. Apalagimengingat segala keterbatasan yang ada, baik segi profesionalismenya maupunsarana penunjang pendidikan.
Ditambah lagi keadaan negara Indonesia yangdikenal sebagai negara kepulauan. Itu sebabnya walaupun telah lama tertuangdalam amanat tujuan pembangunan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan meningkatkan kualitas manusia Indonesiadalam mewujudkan masyarakat yang maju berdasarkan pancasila dan UUD 1945, yangmemungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesiaseutuhnya. Akan tetapi, pada kenyataannya negara kita masih tertinggaldibanding negara-negara lain didunia. Itu karena selama ini dunia pendidikankita belum mendapat prioritas dalam pembangunan nasional. Baru pada akhir-akhirini terlihat beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memacupendidikan dari segala sektor, baik negeri maupun swasta demi tercapainyatujuan Pendidikan Nasional. maka untuk mencapai tujuan pendidikan sepertitersebut di atas, salah satu bagian yang harus diperhatikan dalam komponenpendidikan itu adalah guru. Ditangan gurulah generasi muda dapat berkembangseiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
1

Guru yang inovatif dan kreatif akan mampu membangun daya imajinasi dan kreatifitassiswanya yang secara otomatis memberikan pengaruh positif pada peningkatanminat dan prestasi belajar siswa. Sebagai guru yang mengajar mata pelajaranMatematika, kesulitan yang dialami siswa merupakan cerita lama yang tidakpernah berakhir karena sebagian besar sudah beranggapan bahwa pelajaranmatematika adalah pelajaran yang sulit, tidak menarik, dan membosankan denganbegitu banyak pekerjaaan rumah yang diberikan oleh guru.
Kondisi di atas diperparah lagi dengan munculnya kesan dari siswa bahwa semuaguru matematika kejam dan pemarah. Hal inilah yang berpengaruh besar terhadapkurangnya minat dan motivasi belajar siswa sehingga berakibat rendahnyaprestasi belajar matematika siswa secara keseluruhan. Untuk mengatasi kondisiini, minimal mengurangi kelemahan-kelemahan dalam pembelajran matematikadisekolah maka perlu dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan kualitasproses belajar mengajar.
Upaya perbaikan tersebut, antara lain dengan memperbaiki metode mengajarsehingga metode baru ini nanti akan mampu menciptakan kondisi yang lebih baikbagi siswa untuk belajar mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorpada proses belajar matematika. Apalagi jika diperhatikan dalam satu kelasterdapat perbedaan kemampuan antara satu dan lainnya. Inilah yang mendasaripenulis untuk memberikan salah satu solusi dalam bentuk tulisan yaitu ” MetodeTutor Sebaya dalam kerja kelompok dapat meningkatkan minat dan prestasi belajarsiswa dalam menentukan nilai perbandingan Trigonometri suatu sudut pada pembelajaranMatematika kelas II Tekstil di SMKN

.... dst.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes