Thursday, September 29, 2011

Manfaat dan Fungsi Kacang Hijau


Sebagaimakanan, tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini menghasilkan berbagaimasakan. Mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Namun selainrasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyakmanfaat bagi kesehatan.

NutrisiPenting
Kacanghijau atau Phaseolus aureus berasaldari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukuptinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain ; kalsium dan fosforyang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga amandikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.


ProteinTinggi
Kacanghijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakatsehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik.Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agarbayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuksel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijaukaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akanterwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungankalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

LemakRendah
Sangatbaik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yangrendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat darikacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asamlemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memangmengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untukmenjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)
Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenalsebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaatuntuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat menggangguproses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagipertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandungvitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhan pun dapat diperbaiki.
Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluranpencernaan.
Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan denganefek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensivitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambatyang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehinggakemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.

Sumber energi
Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperanpenting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiranvitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
Memaksimalkan kerja syaraf
Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasikarbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurangcukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudahtersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Halini mirip dengan tanda-tanda orang stress.

Vitamin B2 (riboflavin)
Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapatmembantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akanmeningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memilikimanfaat seperti:
-        Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantumemperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
-        Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
-        Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung danmemperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
-        Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan danmenghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkanjerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes