Monday, September 26, 2011

FORMAT PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH)




A.    JUDULPENELITIAN

Judul penelitian hendaknya singkatdan spesifik tetapi cukup jelas mewakili gambaran tentang masalah yang akanditeliti dan tindakan yang dipilih untuk menyelesaikan atau sebagai solusiterhadap masalah yang dihadapi
B.     BIDANGILMU

Tuliskan bidang ilmu (Jurusan) dari KetuaPeneliti.

C.    PENDAHULUAN

Penelitian dilakukan untuk memecahkanpermasalahan pendidikan dan pembelajaran. Dalam pendahuluan kemukakan:
1.  Latar belakang masalah secarajelas dan sistematis, yang meliputi:  (a)Uraian tentang kedudukan mata kuliah dalam kurikulum (semester, mata kuliahyang ditunjang dan mata kuliah penunjang); (b) Gambaran umum isi mata kuliah tersebut termasuk pembagian waktunya(lampirkan Analisis Instruksional, SAP, GBPP dari mata kuliah yangbersangkutan); (c) Metode pembelajaran yang digunakan saat ini.
2.  Masalah yang dihadapiditinjau dari hasil belajar yang dicapai mahasiswa


D.    PERUMUSANMASALAH

Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suaturumusan penelitian  tindakan kelas. Dalamperumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadibatasan penelitian. Rumusan masalah sebaiknyamenggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akandiambil dan hasil positif yang diantisipasi.
Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang ditelitimerupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di kelas, penting dan mendesakuntuk dipecahkan.  Setelah didiagnosis(diidentifikasi) masalah penelitiannya, selanjutnya perlu diidentifikasi dan dideskripsikan akar penyebab darimasalah tersebut. 

E.     CARAPEMECAHAN MASALAH

Uraikan pendekatandan konsep yang digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, sesuaidengan kaidah penelitian tindakan kelas (yang meliputi: perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daurulang atau siklus). Cara pemecahan masalah telah menunjukkan akar penyebabpermasalahan dan bentuk tindakan (action)yang ditunjang dengan data yang lengkap dan baik.

F.     TINJAUANPUSTAKA

Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menumbuhkangagasan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan teori,temuan dan bahan penelitian lain yang dipahami sebagai acuan, yang dijadikanlandasan untuk menunjukkan ketepatan tentang tindakan yang akan dilakukan dalammengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini digunakan untuk menyusunkerangka berpikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Pada bagianakhir dikemukakan hipotesis tindakanyang menggambarkan  tingkat keberhasilantindakan yang diharapkan/diantisipasi.

G.   TUJUAN PENELITIAN

Kemukakan secara singkat tujuan penelitian yang ingin dicapaidengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khususdiuraikan dengan jelas, sehingga tampak keberhasilannya.

H.    KONTRIBUSIHASIL PENELITIAN

Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/ataupembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi mahasiswa, dosen, maupun komponenpendidikan lainnya. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan dari penelitian ini.

I.       METODEPENELITIAN

Uraikan secara jelas prosedurpenelitian yang akan dilakukan. Kemukakan obyek, latar waktu dan lokasipenelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan-tindakan-observasi/evaluasi-refleksi, yang bersifat daurulang atau siklis. Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian denganmenguraikan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam satu siklus sebelum pindahke siklus lainnya. Jumlah siklus disyaratkan lebih dari dua siklus.

J.      JADWALPENELITIAN

Buatlah jadwalkegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan, danpenyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk bar chart. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan.

K.    PERSONALIAPENELITIAN

Jumlah personalia penelitian maksimal 3 orang. Uraikan peran dan jumlah waktu yang digunakandalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Rincilah nama peneliti,golongan, pangkat, jabatan, dan lembaga tempat tugas, sama seperti pada LembarPengesahan.

Lampiran-lampiran

1.      Daftar Pustaka, yang dituliskan secarakonsisten menurut model APA, MLA atau Turabian.
2.      Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan AnggotaPeneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan telah dihasilkan sampaisaat ini )

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes