Monday, September 26, 2011

MODEL - MODEL ACTION RESEARCH



Model KurtLewin menjadi acuan pokok atau dasar dari berbagai model action research,terutama classroom action research. Dialah orang pertama yang memperkenalkanaction research. Konsep pokok action research menurut Kurt Lewin terdiri dariempat komponen, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3)pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hubungan keempatkomponen itu dipandang sebagai satu siklus.

ModelKemmis & Taggart merupakan pengembangan dari konsep dasar yangdiperkenalkan Kurt lewin seperti yang diuraikan di atas, hanya saja komponenacting dan observing dijadikan satu kesatuan karena keduanya merupakan tindakanyang tidak terpisahkan, terjadi dalam waktu yang sama


E. MASALAH CAR

Berikutini merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan masalahCAR.

1.Banyaknya Masalah yang Dihadapi Guru

Setiaphari guru mengahadapi banyak masalah, seakan-akan masalah itu tidak adaputus-putusnya. Oleh karena itu guru yang tidak dapat menemukan masalah untukCAR sungguh ironis. Merenunglah barang sejenak, atau ngobrollah dengan temansejawat, Anda akan segera menemukan kembali seribu satu masalah yang telahmerepotkan Anda selama ini.

2. TigaKelompok Masalah Pembelajaran

Masalahpembelajaran dapat digolongkan dalam tiga kategori, yaitu (a) pengorganisasianmateri pelajaran, (b) penyampaian materi pelajaran, dan (c) pengelolaan kelas.Jika Anda berfikir bahwa pembahasan suatu topik dari segi sejarah dan geografisecara bersama-sama akan lebih bermakna bagi siswa daripada pembahasan secarasendiri-sendiri, Anda sedang berhadapan dengan masalah pengorganisasian materi.Jika Anda suka dengan masalah metode dan media, sebenarnya Anda sedangberhadapan dengan masalah penyampaian materi. Apabila Anda menginginkan kerjakelompok antar siswa berjalan dengan lebih efektif, Anda berhadapan denganmasalah pengelolaan kelas. Janganterikat pada satu kategori saja; kategori lain mungkin mempunyai masalah yanglebih penting.

3. Masalahyang Berada di Bawah Kendali Guru

Jika Andayakin bahwa ketiadaan buku yang menyebabkan siswa sukar membaca kembali materipelajaran dan mengerjakan PR di rumah, Anda tidak perlu melakukan CAR untukmeningkatkan kebiasaan belajar siswa di rumah. Dengan dibelikan buku masalah itu akanterpecahkan, dan itu di luar kemampuan Anda. Dengan perkataan lain yakinkanbahwa masalah yang akan Anda pecahkan cukup layak (feasible), berada di dalamwilayah pembelajaran, yang Anda kuasai. Contoh lain masalah yang berada di luarkemampuan Anda adalah: Kebisingan kelas karena sekolah berada di dekat jalanraya.

4. Masalahyang Terlalu Besar

Nilai UANyang tetap rendah dari tahun ke tahun merupakan masalah yang terlalu besar untukdipercahkan melalui CAR, apalagi untuk CAR individual yang cakupannya hanyakelas. Faktor yang mempengaruhi Nilai UAN sangat kompleks mencakup seluruhsistem pendidikan. Pilihlah masalah yang sekiranya mampu untuk Anda pecahkan.

5. Masalahyang Terlalu Kecil

Masalahyang terlalu kecil baik dari segi pengaruhnya terhadap pembelajaran secarakeseluruhan maupun jumlah siswa yang terlibat sebaiknya dipertimbangkankembali, terutama jika penelitian itu dibiayai oleh pihak lain. Sangatlambatnya dua orang siswa dalam mengikuti pelajaran Anda misalnya, termasukmasalah kecil karena hanya menyangkut dua orang siswa; sementara masih banyakmasalah lain yang menyangkut kepentingan sebagian besar siswa.

6. Masalahyang Cukup Besar dan Strategis

Kesulitansiswa memahami bacaan secara cepat merupakan contoh dari masalah yang cukupbesar dan strategis karena diperlukan bagi sebagian besar mata pelajaran. Semuasiswa memerlukan keterampilan itu, dan dampaknya terhadap proses belajar siswacukup besar. Sukarnya siswa berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran, danketidaktahuan siswa tentang meta belajar (belajar bagaimana belajar) merupakancontoh lain dari masalah yang cukup besar dan strategis. Dengan demikianpemecahan masalah akan memberi manfaat yang besar dan jelas.

7. Masalahyang Anda Senangi

AkhirnyaAnda harus merasa memiliki dan senang terhadap masalah yang Anda teliti. Halitu diindikasikan dengan rasa penasaran Anda terhadap masalah itu dan keinginanAnda untuk segera tahu hasil-hasil setiap perlakukan yang diberikan.

8. Masalahyang Riil dan Problematik

Janganmencari-cari masalah hanya karena Anda ingin mempunyai masalah yang berbedadengan orang lain. Pilihlah masalah yang riil, ada dalam pekerjaan Andasehari-hari dan memang problematik (memerlukan pemecahan, dan jika ditundadampak negatifnya cukup besar).

9.Perlunya Kolaborasi

Tidak adayang lebih menakutkan daripada kesendirian. Dalam collaborative action reseachAnda perlu bertukar fikiran dengan guru mitra dari mata pelajaran sejenis atauguru lain yang lebih senior dalam menentukan masalah.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes