Wednesday, September 28, 2011

MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN DAN PENYEMBUHAN PENYAKIT



APEL:
Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asamoksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding ususdan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman "melepaskan" kotoranyang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan ataubahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkankadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

ALPUKAT
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadisumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi jugamengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

PISANG
Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usussehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi merekayang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisangsangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

BELEWAH
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom padabelewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringanusus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsiatau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan takterkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapanobat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

JERUK
Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selainmenstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir ditenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untukmembersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza.Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radangtenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentupilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

KURMA
Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkanenergi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanyadengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurmasangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakitdiabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.



PEPAYA DAN MANGGA
Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yangtinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan danperadangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangidehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buangair besar dan mengatasi sembelit.

PEAR
Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadarasam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak danpedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

NANAS
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistempencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakan yangdibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayamdan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darahrendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.
DELIMA:
Di Irak dan Iran,jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantumembersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantumenghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakan dengan perlahan-lahan buahdelima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak danmenghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalambuah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalamusus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasadigunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

TOMAT:
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurutpenelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepatdan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garammineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliranair liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yangteratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).

SEMANGKA:
Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan,kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnyadan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkanasam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes,mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah.Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dankeracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur duakali sehari.

KELENGKENG:
Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric,vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis iniberguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untukmemenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan.Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegahanemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan lukaluar. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan, akan membuat tubuhmenjadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING:
Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapatmencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing danmadu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

LECI:
Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah lecimengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci pada malamhari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

KELAPA:
Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan dagingnyaselain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunyaminyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangikegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu,minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalubanyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagiyang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes