Thursday, September 29, 2011

Manfaat dan Fungsi Cuci Tangan


Sebelum kita makan dik Cuci tanganmu dulu

Petuah bijak dalam Syair yang ada dalam laguanak- anak itu sering kita dengar,  namunsering kali terlupakan. Kesadaran masyarakat di Indonesia untuk mencuci tangan MenggunakanSabun, masih sangat rendah. Padahal mencuci tangan pakai sabun,merupakan salah satu Cara Menjaga Kesehatan yang Paling Murah &Effektif.
Pentingnya membudayakan Cuci Tangan pakaiSabun secara Baik & Benar didukung oleh data dari Badan Kesehatan Dunia(WHO) yang menunjukan bahwa,

“Setiap tahun rata – rata 100.000anak di Indonesia meninggal dunia karena Diare “.


Selain itu, data dari Subdit DiareDepartement Kesehatan menunjukan bahwa ada sekitar 300 dari 1000 orang (30 %)penduduk di Indonesia, masih terjangkit Diare Sepanjang tahun.
Menurut Dr. Gavin seperti yg ditulis di www.kidshealt.org mencuci tangan dengan Benar, adalahPertahanan Pertama yang dapat mencegah Penyebaran berbagai macam Penyakit.Bukan hanya terbatas pada penyakit flu biasa, akan tetapi juga penyakit sepertimeningitis,  Bronchitis, Hepatitis A, dansebagian besar penyakit jenis Diare.
Selain mengurangi prevalensi diare, cucitangan bisa membantu mencegah berbagai penyakit menular seperti Tifus & FluBurung.
Menyadari begitu banyak manfaat cuci tanganpakai sabun dalam mencegah berbagai penyakit menular, maka Budaya Mencucitangan perlu disosialisasikan & dimasyarakatkan .

Jagalah Kesehatan
Sering – seringlah mencuci tangan pakai sabun
Ingat Kesehatan itu penting & Mahal

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes