Friday, September 30, 2011

MANFAAT PENGELOMPOKAN JAMUR DAN VIRUS BAGI MANUSIA



2.1 Pengertian Jamur
      Menurut kamus besar bahasa Indonesia,jamur dapat diartikan sebagai tubuh buah yang tampak dipermukaan media, tumbuhdari sekelompok fungi yang berbentuk seperti payung. Terdiri dari bagian yangtegak (batang) dan bagian yang datar atau membulat.
      Menurut buku IPA SMK kelas X(Yudisthira), jamur dapat diartikan sebagai makhluk hidup yang tidak klorofilsehingga tidak dapat membuat makan sendiri. Maka dari itu jamur juga dikatakansebagai saprovit karena untuk mencukupi kebutuhuan makanannya, jamur mengambilsisa-sisa makhluk hidup yang telah mati.
      Menurut kamus online, jamurdapat diartikan sebagai keseluruhan bagian dari fungi yang terdiri dari buah,dan bagian jaring-jaring di bawah permukaan tanah.

      Dalam pengelompokan terdahulu,jamur termasuk tumbuhan. Akan tetapi, struktur sel jamur berbeda denganstruktur sel tumbuhan pada umumnya. Sel jamur tidak memiliki kloroplas sehinggajamur tidak memiliki klorofil. Selain itu, susunan bahan kimian dinding seljamur juga berbeda dengan susunan bahan kimia dinding sel tumbuhan padaumumnya. Oleh karena itu dalam klasifikasi lima kingdom jamu dikelompokkan dalam kingdomtersendiri, yaitu Kingdom Fungi (Jamur).
      Jamur ada yang tubuhnya berselsatu dan ada yang bersel banyak. Tubuh jamur yang bersel banyak terdiri daribenang-benang yang disebut hifa. Hifatumbuh bercabang-cabang membentuk anyaman yang disebut miselium. Jamur hidup ditempat-tempat yang lembab, kaya zatorganic, dan kurang mendapat cahaya matahari.
      Dalam kehidupan sehari-hari,jamur kadang-kadang merugikan kita. Makanan dan perabot rumah tangga dapat ditumbihi jamur. Tanaman dapat diserang oleh jamur. Penyakit kulit pada manusiaada juga yang disebabkan oleh jamur. Tetapi jamur juga banyak yang menguntungkanmanusia. Beberapa jenis jamur dapat dimakan dan menghasilkan antibiotika
      Jamur tidak memiliki klorofilsehingga tidak dapat membuat makanannya sendiri. Jamur ada yang bersifat saprovit dan ada juga yang bersifat parasit. Jamur saprovit mengambilzat-zat makanan dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Jamur parasitmengambil zat-zat makanan dari makhluk hidup yang ditumpanginya, yang berartimerugikan makhluk hidup tersebut.
2.2Pengelompokan Jamur
      Jamur dikelompokkan menjadibeberapa divisi. Empat divisi besar yakni :
2.2.1. Zigomycota
Hifa tidak bersekat membentuk miselium, reproduksiaseksual dengan spora yang berbentuk sporangia dan seksual dengan konjugasi.
Bila kita amati sepotong tempe yang masih mentah, akan tampahbenang-benang halus bewatna putih. Benang-benang halus itulah yang disebuthifa. Miselium yang dibentuk oleh hifa menyatukna butir-butir kedelai menjadi tempe.
2.2.2. Ascomycota
Hifa bersekat, menghasilkan spora seksual tidakterlindung dalam askus, reproduksi aseksual dengan pembelahan biner melintang.Ciri khas Ascomycota adalah memiliki alat pembentuk spora yang disebut askus. Askus tersebut berkumpul dalambadan yang disebut askokarp. Askusadalah alat serupa tabung yang menggelembung sebagai tempat terbentuknya spora.
2.2.3. Basidiomycota
Kelompok jamur ini memiliki hifa yang bersekat-sekat.Pada umumnya Basidiomycota memiliki tubuh yang besar sehingga mudah diamati.Contoh Basidiomycota adalah jamur merang (jamur padi). Jamur padi memilikitubuh seperti payung dan dibudidayakan karena enak dimakan.
2.2.4. Deuteromycota
Kelompok jamur ini disebut jamur tidak sempurna,karena cara perkembang biakan generatifnya belum jelas. Contoh jamur tidaksempurna adalah jamur oncom(Monilia sitophila) dan Aspergillus.Tetapi setelah cara perkembang biakan generatif Monilia sitophila diketahui, jamur oncom ini dikelompokkan dalamAscomycota dan namanya diubah menjadi Neurospora sitophila.
2.3 PengertianVirus
Katavirus berasal daribahasa latin yang berarti racun. Virus merupakan partikel atau virion yang bentukdan ukurannya sangat sederhana. Virus berukuran jauh lebih kecil dari padabakteri, yakni berkisar antara 20 milimikron-300 milimikron. Virus tidakmemiliki organel–organel metabolik (sitoplasma, ribosom, membran sel ) sebagaikomponen penting pada sel hidup. Virus hanya dapat berkembang biak di dalam selatau jaringan yang hidup sehingga virus tidak dapat bereproduksi sendiri. VirusDigolongkan sebagai benda hidup karena memiliki materi genetik berupa ADN atauARN dan kemampuan memperbanyak diri di dalam sel – sel hidup. Digolongkan kedalam benda tak hidup karena virus dapat dikristalkan.
2.4 Pengelompokkan Virus
2.4.1 Virus dibagi menjadi duayaitu :
2.4.1.1Virus ADN : Virus yang hanya memiliki salah satu asam nukleat yaitu DNA dalamintinya mempunyai bentuk ikosahedral
2.4.1.2Virus ARN : Virus yang hanya memiliki salah satu asam nukleat yaitu RNA dalamintinya, berbentuk kubus, ikosahedral, heliks dan bola.
2.4.2 Virus juga mempunyai 2 bentuk :
2.4.2.1 Polioadalah penyakit yang disebabkan oleh poliovirus yang berbentuk Bulat.
2.4.2.1.1 Bentuk poliovirus:
2.4.2.1.1.1Penyakit kanker, Rous sarcoma virus (RSV) berbentuk bulat
2.4.2.1.1.2Mosaik, tobacco mosaic virus (TMV) berbentuk batang.
2.4.2.2 Bakteriofag  berasal dari kata bacteria (bahasaInggris) dan phagein (bahasa Yunani) yang artinya makan jadi dapatdiartikan bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri. Memiliki strukturtubuh yang kompleks dan Berbentuk huruf T. Struktur bakteriofag dibagimenjadi 2 yaitu Replikasi virus dan Reproduksi virus.
2.4.2.2.1Replikasi Virus adalah perkembangbiakan virus denganmemaksa bakteri untuk menghasilkan protein dan asam inti sehingga virus dapatbereproduksi. Virus ada yangpatogen yaitu penyebab penyakit dan ada yang apatogen yaitu hanya menumpangpada sel inang / passenger Viruses
2.4.2.2.2Reproduksi virus adalah Virus hanya dapat berkembang biak di dalam selatau jaringan yang hidup sehingga virus tidak dapat bereproduksi sendiri.
2.5 Manfaat Pengelompokan Jamur
Manfaatjamur bagi makhluk hidup adalah agar makhluk hidup yang mengkonsumsinya bisalebih tahu untuk membedakan mana yang pantas dan tidaknya dimakan. Bila jamurtidak dikelompokkan menurut jenis-jenisnya, makan manusia tidak akanmengetahui mana yang baik dan buruk. Dan agar manusia mengetahui apa itu jamur.Contoh jamur yang baik dan dapat dikonsumsi adalah jamur merang, jamur tiram,jamur kuping, dan jamur shitake.
2.6 KekuranganVirus
Kekurangan dari virus yaitu dapat memberikan penyakityang berbahaya bagi tubuh sehingga dapat mengakibatkan kematian yang sangattidak diinginkan. Dan juga memiliki keuntungan pada manusia.
2.6.1 Penyakit yang disebabkan oleh virus :
2.6.1.1 Penyakit pada tumbuhanyang disebabkan oleh virus :
2.6.1.1.1 Mosaic,penyakit yang menyebabkan bercak kuning pada daun tumbuhan seperti tembakau, kedelai,tomat.
2.6.1.1.2 Tungro,penyakit kerdil pada tanaman padi. Penyebabnya adalah tungro virus.
2.6.1.1.3 Penyakitpada pohon pisang yang menyebabkan pisang tidak menghasilkan buah. Disebabkanoleh bancitox virus.
2.6.1.2 Penyakit pada hewan yangdisebabkan oleh virus :
2.6.1.2.1 Penyakittetelo, terjadi pada bangsa unggas terutama ayam. Penyebabnya adalah virus newcastle disease virus (NCDV)
2.6.1.2.2 Penyakitkanker, terjadi pada ayam. Penyebabnya adalah virus rous sarcoma virus (RCV)
2.6.1.2.3 PenyakitRabies, terjadi pada anjing,kucing dan monyet. Penyebabnya adalah rabies, salahsatu spesies dari Rhabdovirus.
2.6.1.2.4 Penyakit Flu burung atau avian influenza, penyebabnya oleh virus yangbiasanya menjangkit ini termasuk golongan virus influenza tipe A, strain H5N1.
2.6.1.3 Penyakit pada manusiayang disebabkan oleh virus : AIDS, Disebabkan oleh Human immunodeficiency virus(HIV). Bagian yang diserang adalah sel T pada seldarah putih, yang bertanggung jawab terhadap respon kekebalan tubuh.
2.7  Keuntungan Virus bagi manusia
2.7.1 Membuat Antitoksin.
2.7.2 Melemahkan Bakteri Patogen.
2.7.3 Sebagai alat diagnosis.
2.7.4 Dalam bidang rekayasa genetika virusdimanfaatkan untuk kloning gen dan terapi gen, juga teknologi vaksinasi seperti: OPV (Oral polio Vaccine) atau vaksin polio, Vaksin rabies, Vaksin hepatitis,Vaksin influenza, Vaksin cacar, Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) untukcacar, gondongdan campak).

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes