Thursday, September 29, 2011

MANFAAT DAN FUNGSI TERTAWA & MENANGIS

 Tertawa dan menangis merupakan bagian dari spektrum emosi yang tidak terpisahkandari kehidupan manusia, yangmeliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian,dan kemarahan. Ekspresi diri tidak hanya berwujud gerakan, tetapi juga berupaberbagai reaksi emosional yang bermacam-macam itu. Hanya saja ada yang pelit, ada yang boros tertawa. Tetapi janganpelit-pelit karena tertawa dan menangis bermanfaat bagi kesehatan.

1.     Tertawabisa melatih organ-organ tubuh. Tertawa terpingkal-pingkal akanmenggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuattubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Tertawa-terbahak-bahak selama satumenit sama dengan 45 menit olahraga yang mengeluarkan keringat. Bahkan, tertawaselama 20 detik efeknya sama seperti tiga menit mendayung atau
joging padakerja jantung. Sekitar 80 otot digunakan ketika kita tertawa sempurna sampaiterpingkal-pingkal. Getaran yang dihasilkan membuat jantung berdegub lebihkencang, tekanan darah dan tingkat oksigen dalam darah yang dihasilkan naikbersamaan dengan akselerasi pernapasan.  Sesudah tertawa demikian tubuh terasa rileksdan tenang, sama seperti orang habis berolahraga.

2.     Tertawa akanmenggerakkan Organ tubuh bagian dalam sepertidiafragma torak, jantung, paru-paru, perut, dan membantu mengusir zat-zat asingdari saluran pernapasan.dengan mengaktifkan sistem endokrin sehingga mendorongpenyembuhan suatu penyakit. Di samping itutertawa sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dandepresi.

3.  Tertawa akan merangsang otak untukmemproduksi hormon tertentu yang pada akhirnya akan memicu pelepasan endorfin(zat pembunuh rasa sakit) yang diproduksi oleh tubuh.

4.  Tertawa bisa membantu mereka yang sudah tuarenta untuk tetap awet tua, sementara yang muda tetap awet muda, sertamempererat hubungan antara anggota keluarga.

5.  Menangis akan menambah jumlahdetak jantung karena melatih diafragma, otot dada dan  pundak.

6.  Air mata mengandung 25 % dariprotein dan sebagian mineral, khususnya magnesium yang sarat dengan racun yangbisa dibuang.

 
Di luar negeri, saat ini klub tertawa sudah menjamur. Di Amerika Serikat dan Kanada, sedikitnya ada 300-an klub tertawa. Juga sudah ada di beberapa kota di Indonesia.
Namun diingatkan,"Kalau seseorang tertawa pada proporsi yang benar, itu artinya sehat, tapikalau terlalu banyak ketawa, justru sebaliknya."
Makanya,
sering-seringlah tertawa demi kesehatan jiwadan raga.
Mumpung tertawa belum kena pajak.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes