Monday, September 26, 2011

METODE PRAKTIS PEMBELAJARAN ( PBL )




BAB I
PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah


Usaha peningkatan sumberdaya manusia sedang marak dilakukan di negara ini. Salah satu perwujudannyaadalah melalui peningkatan kualitas pendidikan yang diusahakan oleh pemerintahsedemikian rupa sehingga terjadi penyempurnaan dan perubahan kurikulum beberapakali.

Kurikulum BerbasisKompetensi (KBK) merupakan konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi)tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapatdirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensitertentu. Dengan demikian, implementasi kurikulum dapat menumbuhkan tanggungjawab dan partisipasi peserta didik untuk belajar menilai dan mempengaruhikebijakan umum (public policy), sertamemberanikan diri berperan serta dalam berbagai kegiatan, baik di sekolahmaupun di masyarakat.

Guru sebagai fasilitatorseperti yang diharapkan oleh KBK dituntut untuk dapat mengatur, mengarahkan danmenciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif sehingga dapatmencapai tujuan pendidikan sesuai yang diharapkan KBK. Oleh karenanya, gurudituntut pula untuk lebih professional, inovatif, perpsektif dan pro aktifdalam melaksanakan tugas pembelajaran.

Bahasa Inggris sebagaibahasa internasional memerankan bagian yang sangat penting. Selain digunakansebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi yangperkembangannya menuntut kita untuk mempelajarinya lebih dalam. Pembelajaranbahasa Inggris harus mencakup 4 ketrampilan berbahasa yaitu : membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking),dan menulis (writing) secara terpadu.Membaca adalah salah satu ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa untukmemahami isi suatu wacana.


B      Identifikasi Masalah


Pembelajaran secarakonvensional (teacher centered situation)tidak dapat mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran,yang diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah. Oleh karenaitu, guru hendaknya merubah kegiatan pembelajaran menjadi modern (students centered situation) yang dapatmeningkatkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, bekerjasama danmengkomunikasikan hasil belajarnya serta membuat siswa semakin aktif dankooperatif.

Membaca (reading) adalah salah satu ketrampilandari 4 ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai dalam pengajaran bahasaInggris. Namun yang terjadi didalam kelas ketika diberikan kegiatan membacateks dan siswa diminta untuk memahami isi teks melalui pertanyaan-pertanyaanyang disampaikan oleh guru sangatlah jauh dari yang diharapkan. Hal inidisebabkan oleh beberapa sebab antara lain; (1) Teks yang diberikan adalah teksbahasa Inggris yang merupakan bahasa asing di Indonesia, sehingga pemahamansiswa akan kata perkata (Vocabularymastery) yang digunakan untuk mengetahui isi bacaan sangatlah jauh dariyang diharapkan. (2) Karena vocabularymastery pada siswa sangat minim membuat siswa tidak dapat memahami secaralangsung informasi-informasi baik yang tersurat maupun yang tersirat didalambacaan. (3) Dengan hanya membaca teks siswa tidak merasa senang sebagaimanatujuan pada kegiatan membaca.

Ada beberapa hal yangterjadi pada siswa sehubungan dengan 3 alasan tersebut diantaranya adalah;siswa tidak membaca teks secara keseluruhan, siswa tidak mau berusaha mencariarti didalam kamus, siswa tidak menjawab pertanyaan baik mengenai informasiyang tersirat maupun tersurat dengan tepat namun mereka mengambil jawaban hanyadengan menjodohkan kalimat yang sama tanpa memahami maksudnya. Jika hal inidibiarkan berlarut maka dikhawatirkan keinginan siswa untuk meningkatkankemampuan penguasaan kosa kata (vocabularymastery) akan berkurang dan mungkin hilang, siswa tidak mau berusaha untukmenemukan informasi yang ada didalam bacaan, kerjasama antar kelompok tidakbisa maksimal karena  kegiatan yangdilakukan siswa tidak memotivasi siswa untuk menyelesaikan bersama dengan rasasenang, keadaan kelas yang teacher-centered membuat komunikasi didalam kelassangat tidak aktif dan membuat siswa takut atau malu bertanya tentangpermasalahan yang dihadapinya didalam kegiatan membaca. Hal ini jugaberpengaruh pada pendekatan pada siswa untuk selalu suka belajar.

Gejala-gejala tersebut dapatterlihat dari observasi yang dilakukan oleh peneliti bersama teman kolaboratorpada saat pra siklus yang menjadikan landasan bagi peneliti untuk melaksanakansiklus-siklus berikutnya guna mencapai tujuan pembelajaran. Gambaran hasilkegiatan Pra siklus adalah sebagai berikut:

No
Keterangan
Bagus
Sedang
Kurang
1
Siswa aktif membaca Teks


2
Siswa menjawab pertanyaan tentang pemahaman isi bacaan


3
Siswa Memahami Kosa kata


4
Siswa menyelesaikan tugas


5
Siswa aktif mencari kosa kata dikamus


6
Siswa aktif  bertanya kepada teman atau guru


7
Siswa Memahami pengucapan (pronunciation)


8
Siswa merasa senang dengan proses pembelajaran


Tabel 1 : Hasilkegiatan pra siklus

Sementara hasil evaluasidari kegiatan pra siklus ini sangat tidak memuaskan dan tergambar sebagaiberikut:

No
NAMA KELOMPOK
NILAI
1.
KELOMPOK 1
55
2.
KELOMPOK 2
55
3.
KELOMPOK 3
60
4.
KELOMPOK 4
60
5.
KELOMPOK 5
50
6.
KELOMPOK 6
50

RATA-RATA
55

Tabel 2 : Hasilevaluasi pra siklus

Penerapan Project Based learning (PBL), yangmerupakan pembelajaran yang terfokus pada konsep inti dan prinsip displin,melibatkan siswa di dalam pemecahan masalah, penyelidikan dan tugas-tugas lainyang bermanfaat, membuat siswa bekerja secara otonomi untuk membentukpengetahuan mereka dan menghasilkan suatu produk tertentu, dapat dilakukanmelalui berbagai media dan teknik salah satunya adalah dengan bercerita.

C     Rumusan Masalah


Permasalahan yang timbuldalam pembelajaran bahasa Inggris adalah kesulitan siswa untuk berperan aktifdalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam pencapaian ketrampilan berbahasamembaca.
1.      Adapun rumusan masalahnya adalah:Bagaimanakah aktivita siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui model PBLdengan menggunakan teknik bercerita?
2.      Bagaimanakah hasil pencapaian ketrampilanberbahasa membaca melalui model PBL dengan menggunakan teknik bercerita?

D     Tujuan Penelitian

Penelitian ini dilaksanakanuntuk mencapai tujuan sebagai berikut:
1.      Mendiskripsikan aktivitas siswa dalampencapaian ketrampilan berbahasa membaca pada pembelajaran bahasa Inggris melaluimodel PBL dengan menggunakan teknik bercerita.
2.      Mendiskripsikan hasil pencapaianketrampilan berbahasa membaca melalui model PBL dengan menggunakan teknikbercerita


E      Manfaat penelitian

Hasil penelitian ini akan memberikan manfaat terutama bagi guru untuk:
1.         Memberikan inspirasi kegiatan yangmenyenangkan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran bahasa Inggris.
2.         Membuktikan pencapaian ketrampilan berbahasamembaca yang dapat dicapai dengan teknik bercerita.
3.         Meningkatkan efektifitas pembelajaran bahasaInggris.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

PenelitianTindakan Kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research, yaitupenelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya atau disekolah tempat diamengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses danpraktis pembelajaran.
Tujuan PTK adalah untukmemperbaiki dan meningkatkan kualitas praktek pembelajaran secaraberkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil instruksional; mengembangkanketrampilan guru; meningkatkan relevansi; meningkatkan efisiensi; pengolahaninstruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.
PTK menggambarkan sebagai suatu prosesyang dinamis meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yangmerupakan langkah berurutan dalam satu siklus atau daur yang berhubungan dengansiklus berikutnya. Akar pelaksanaan PTK digambarkan dalam bentuk spiraltindakan (adaptasi Hopkins, 1993) sebagai berikut:
 



B.     Ketrampilan Berbahasa Membaca

Ketrampilan berbahasa Membaca sangatdibutuhkan untuk dapat memahami isi suatu wacana. Secara umum tujuan membacadiklasifikasikan:
(a) Mendapatkan informasi umum dari teks.
(b) Mendapatkaninformasi khusus dari teks.
(c) Membaca untuk kesenangan.
In  general, the purpose of reading is classifiedinto; (a) getting general information from the text; (b) getting specificinformation from the text; and (c) reading for pleasure or for interes(Williams:1984).

In classroom practice, we dividethe reading activities into three interrelated stages. i.e. pre readingactivities, whilst reading activities, post reading activities (Williams: 1984,Wallace ;1988, Wallace ;1972

Tujuan Pembelajaran Umum Membaca
¨   Menemukan informasi tertentu
¨    Mendapatkan gambaran umum tentang isibacaan
¨   Menemukan pikiran utama yang tersurat
¨   Menemukan pikiran utama yang tersirat
¨   Menemukan semua informasi rinci yang tersurat
¨   Mendapatkan informasi yang tersirat
¨  Menafsirkan makna kata frase dan kalimatberdasarkan konteks
¨   Mendapatkan rasa senang

Kegiatan pengajaran membaca di dalam kelas dibagi menjadi 3 tahap yang berhubunganyaitu:
1. Kegiatan pre reading,
¨    Tujuannya memperkenalkan dan menumbuhkanketertarikan topik.
¨    Memotivasi siswa dengan menjelaskan tujuanmembaca.
¨     Mempersiapkan beberapaperbendaharaan kata sehubungan dengan teks.
2. Kegiatan whilst reading,membaca teks
¨    Scan, membaca untuk mendapat informasi tertentu
¨    Skim, membaca untuk mendapatkan inti dari bacaan
¨    Read between the lines, membaca diantara baris
¨     Readintensively for detail information, membaca intensif untuk mendapatkaninformasi detil
¨    Detect references, mendeteksi referensi
¨    Deducing meaning from context, mengambilkesimpulan dari text.
3. Post reading, evaluasipemahaman bacaan sehubungan dengan tugas-tugas.

C.      ModelPembelajaran Project Based Learning
Pembelajaran Project Based Learning adalahpembelajaran yang terfokus pada konsep inti dan prinsip displin, melibatkansiswa di dalam pemecahan masalah, penyelidikan dan tugas-tugas lain yangbermanfaat, membuat siswa bekerja secara otonomi untuk membentuk pengetahuanmereka dan menghasilkan suatu produk tertentu.
Regie stites of SRI,International, 1998
Several points should be kept inmind when considering the finding research that compare the relative impacts ofPBL and more traditional learning activities on student achievement:
Project-based learning istypically implemented in the context of comprehensive educational reforms andtherefore it is difficult to isolate the effects of PBL on student learning.
Project-based learning andclosely related instructional strategies (such as problem based learning andthe project approach) are implemented differently in different context andtherefore it is difficult to compare results across cases.
Project based learning is linkedto a theory of learning (constructivism) that entails a shift in learningobjectives (stressing higher order thinking skills and performance-based,authentic assessments) and therefore standardized achievement tests may not bethe best measures of PBL’ impact.

Di dalam kelas, PBL memberikan kesempatan luas kepada guru untukmenjalin hubungan dengan siswa. Guru dapat menjadi pembina, fasilitator danrekan kerja. Pembahasan penyelesaian produk, perencanaan dan pemecahan masalahadalah pokok bahasan yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Produk yang diselesaikan oleh siswa dapat digunakan sebagai bahanuntuk berkomunikasi antar guru, untuk dijadikan perbandingan dan kajian ulangtentang teknik pengajaran sehingga dapat diharapkan akan menghasilkan suatukesimpulan tentang teknik pengajaran yang efektif untuk mencapai tujuanpembelajaran.

PBL membantu pengembangan:
Kemampuan kerja secara berkelompok.
Kecakapan hidup / life skill, contohnya memimpin kerja kelompok dan membuat rencanakerja.
Pemaksimalan penggunaan teknologi / media apasaja untuk melengkapi tampilan produk.
Kemampuan kognitif, contohnya membuat keputusan,memberikan penilaian, pemecahan masalah.
Kemampuanpengaturan diri, pengaturan tempat kerja, penyusunan tugas dan pengaturanwaktu.
Sikap,menyukai belajar dan ketertarikan untuk belajar lebih lanjut.
Kecakapan,pengendalian diri, keinginan untuk berprestasi.       

Hasil dari PBL adalah hasilyang produktif, karena PBL dapat memperkenalkan ketrampilan professional danstrategi disiplin. Menyatukan penerapan ketrampilan yang dihubungkan denganperencanaan, penyelesaian, pemantauan dan penilaian di dalam penyelidikanintellectual / penelitian ilmiah. Mengembangkan kemampuan untuk berinisiatif,berusaha dan mandiri. Mengembangkan kemampuan metakognitif, contohnyapemantauan dan evaluasi terhadap diri sendiri. Membuat pembelajaran lebihberarti dengan menyatukan konsep antar mata pelajaran. Menghubungkan kemampuankognitif, sosial dan pengaturan diri.
                           
D.     Pelajaran Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalahbahasa asing yang dianggap penting diajarkan untuk tujuan penyerapan danpengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya, serta pengembanganhubungan antar bangsa.
Salah satu teknik yangdapat dilaksanakan untuk melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif danMenyenangkan (PAKEM) adalah dengan model PBL.

E.      Bercerita
Cerita, tuturan yangmembentangkan bagaimana sesuatu terjadi, peristiwa, hal atau kejadian dsb;karangan yang mengisahkan perbuatan, pengalaman, penderitaan orang dsb.Dongengan; cerpen; cerita pendek.
Bercerita adalah salah satukegiatan yang menarik terutama bagi siswa Sekolah Dasar. Bercerita dapatdijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dengan model PBL untuk mencapaiketrampilan berbahasa membaca. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyelipkanilmu, pesan moral dan sebagainya dengan bercerita. Penggunaan gerakan tangan(gesture), peragaan expressi, pengulangan kata, penambahan lagu dan pemeranantokoh dapat dilakukan pada saat bercerita untuk pencapaian ketrampilan berbahasamembaca.

F.      Hipotesis Tindakan
1.      Jika Pembelajaran didalam kelas menggunakan modelpembelajaran PBL, maka siswa akan berperan aktif dalam kegiatan pembelajarandan aktif menyelesaikan tugas-tugas.
2.      Jika teknik bercerita diterapkan didalam kegiatanpembelajaran, maka ketrampilan berbahasa membaca siswa akan meningkat.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes