Wednesday, September 28, 2011

ANEKA MANFAAT DAN FUNGSI SI MANIS LEBAH MADU


I.    Asal Usul Lebah Madu
Lebah termasuk hewan yang masuk dalam kelas insektafamili Apini dan genus Apis. Spesiesnya bermacam-macam, yang banyak terdapat diIndonesiaadalah A. cerana, A. Dorsata A. Florea. Jenis unggul yang sering dibudidayakanadalah jenis A. mellifera.

Menurut asal-usulnya lebah dibagi 4 jenis berdasar penyebarannya:
1.  Apiscerana, diduga berasal dari daratan Asia menyebar sampai Afghanistan, Cina maupun Jepang.
2.  Apismellifera, banyak dijumpai di daratan Eropa, misalnya Prancis, Yunani danItalia serta di daerah sekitar Mediterania.
3.  ApisDorsata, memiliki ukuran tubuh paling besar dengan daerah penyebaran sub tropisdan tropis Asia seperti Indonesia,Philipina dan sekitarnya. Penyebarannya di Indonesia merata mulai dari Sumaterasampai Irian.
4.  ApisFlorea merupakan spesies terkecil tersebar mulai dari Timur Tengah, Indiasampai Indonesia.Di Indonesia orang menyebutnya dengan tawon klanceng.




Madu merupakan makanan yang sangat istimewa bahkansemua Kitab Suci dalam Al-Qur’an, Injil, Taurat, Weda dan Tripitakamenceritakan secara khusus tentang madu. Madu adalah salah satu yang dihasilkanlebah selain Propolis, Royal Jelly dan Bee Pollen. Keistimewaan madu sudahpopuler sejak zaman Mesir kuno sebagi obat, makanan, perawatan kecantikan,bumbu penyedap bahkan sebagia balsam Mumi.

“… Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (An Nahl 68-69)



Madu Asli adalah madu yang langsung dipanen darisarang lebah dan langsung kita konsumsi tanpa melalui pemanasan atau campuranbahan lain. Madu asli dikumpulkan oleh lebah dengan cara menghisap cairannektar bunga dimasukan kedalam kantong madu didalam tubuhnya. Nektar bunga yangtelah dihisap diolah dalam tubuh lebah dengan dicampur enzim tertentu kemudiandikeluarkan kembali ketempat penyimpanan madu di sarang lebah.
Selama ini, madu telah dikenal sebagai makanan yangpenuh khasiat. Substansi yang dikandungnya telah lama dimanfaatkan untukmengatasi luka bakar, menambah stamina, menaikkan gairah seksual, bahkan dapatmencegah kanker.
Bangsa Mesir kuno sudah memanfaatkan madu untukmengobati luka bakar dan luka akibat benda tajam. Dalam penelitian ribuan tahunkemudian ditemukan sifat antiseptic ringan dan anti microbial dari madu. Karenadapat menghambat pertumbuhan bakteri itulah, madu mampu mempercepat penyembuhanluka.


II. Kandungan Dalam Madu
  1. Aneka senyawa karbohidrat seperti fruktosa (41%), glukosa (35%), sukrosa (1.9%) dan dekstrin (1.5%)
  2. Vitamin B1, B2, B3, B6, C dan E, sehingga madu kaya akan antioksidan
  3. Mineral Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Besi, Tembaga, Fosfor dan Sulfur. Kandungan mineral dalam madu mendekati kandungan yang terdapat dalam darah manusia. Magnesium dapat menghilangkan rasa kaku dalam otot sedangkan kalsium selain menguatkan tulang dan gigi juga mempunyai efek pereda stress.
  4. Senyawa anti bakteri seperti polifenol, flavonoid, dan glikosida.
  5. Enzim amylase (mencerna karbohidrat), diastase, invertase, protease (mencerna protein), lactase (mencerna laktosa susu), katalase, peroksidase, lipase (mencerna lemak) sehingga madu dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan tubuh.
  6. Madu Asli mengandung enzim aktif yang tidak dapat di produksi manusia. Enzim inilah unsur yang paling penting di dalam madu yang berfungsi sebagai kelangsungan rekasi kimia biologis dan sitem metabolisme di dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan Enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.
III.     Manfaat Madu Buat Kecantikan

Manfaat Madu digunakan untuk kecantikan sudah terbukti sejak zaman Cleopatra. begitu banyak manfaat madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan.




Beberapa tips dibawah ini adalah bagaimanamemanfaatkan madu untuk kecantikan.  Dantentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yangberbahan dasar MADU, bagi Anda yang tak mau ribet, Tapi jika Anda lebih senangmengambil manfaat madu murni untuk memoles kecantikan Anda
simak tips madu kecantikan, diantaranya :
1.  ManfaatMadu untuk Masker : Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selamakira-kira 15 menit, hingga mengering. Setelah kering, basuhlah wajah Andadengan air hangat.

2.  Manfaatmadu Untuk Kulit Berkilau:
Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulitberkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dantepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempukkulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengkettersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulityang nampak cantik nan cerah!!!

3.  MandiMadu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½cangkir madu di air mandi Anda

4.  ScrubMadu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tanganAnda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Andadengan air hangat untuk mengangkat madu.

5.  Manfaatmadu untuk Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengansedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semuakotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6.  RambutBerkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu,perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda denganshampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkanrambut dengan cara biasa.

7.  ConditionerRambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkirmadu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulitkepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaantertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Andaseperti biasa.


8.  ManfaatMadu sebagai Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkankulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalamblender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkanselama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkancampuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips di atasdapat juga  menciptakan produk-produk bakspa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimanadidalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelumAnda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100%murni. Manfaat madu memang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan.


IV.       Manfaat Madu untuk Jerawat dan Wax

Selain untuk dikonsumsi madu dapat juga dipakai untuk obat jerawat adapun tipnya adalah :
    Beli madu
    Panaskan madu dengan microwave atau di kompor selama 5 – 10 detik
    Dinginkan dulu 3 – 5 menit

   Pakai kuas (atau kalo nggak punya kuas bisa pake cottonbud hehe) untuk mulai maskerin muka
   Mulai taruh madu di daerah yang berjerawat dulukemudian lanjut ke seluruh muka
   Tiduran selama 15 – 30 menit






V.    Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu sudah umum dikenal orang. Ternyata madu tidakhanya nikmat untuk diminum, tetapi madu juga baik untuk kesehatan tubuhpengonsumsinya. Saat ini madu juga sudah mulai dilirik sebagai bahan obat.Sebenarnya madu merupakan cadangan pakan bergizi tinggi bagi anak lebah. Wajarkalau kemudian madu dimasukkan dalam kelompok bahan makanan bergizi olehmanusia. Menurut sumber kepustakaan, setiap 1000 gram madu bernilai 3280kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5,575 liter susuatau 1,680 kg daging. Khasiat madu sangat berkaitan dengan kandungan gulanyayang sangat tinggi. Yaitu fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9% sertakandungan unsur lainnya seperti tepungsari dan berbagai enzim pencernakan,vitamin A, B1, B2, antibiotika dan lain-lain. Meskipin madu mempunyai rasa yangmanis seperti gula, namun perlakuan tubuh terhadap madu berbeda dengan gula.Madu dapat diproses langsung menjadi glukogen, sedangkan gula harus diprosesdulu oleh enzim pencernakan di usus. Dengan demikian tubuh manusia lebih cepatmerasakan manfaat madu dibanding dengan gula pasir.
Adapun beberapa manfaat dari madu lainya diantaranyaadalah :
1.  KerontokanRambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakandapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendokteh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira215 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yangdidiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

2.  InfeksiKandung Kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendokteh madu ke dalam segelas air suam2 kuku. Setelah itu diminum. Ramuan inimembunuh kuman2 dalam kandung kemih

3.  SakitGigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendokteh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan inidapat dilakukan 3 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.



4. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendokmakan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur Dalam 16 ons airteh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar Kolesterol dalam darah sampai 10 persendalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari2 meringankan gangguan kolesterol

5. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1sendok makan madu suam2 kuku dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis setiap hariselama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilekkronis serta membersihkan sinus

6. Mandul
Pengobatan Yunani dan ayurveda telah menggunakan Madu selamabertahun2 untuk memperkuat semen para pria. Dua sendok makan madu yang diminumsecara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina danAsia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsibubuk kayu manis sejak berabad2 lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknyasesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis padagusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu,mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkanbayi kembar.

7. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakitperut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampaikeakar2nya.

8. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwamadu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut



9. Bau Napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampurdalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang AmerikaSelatan biasa meminum ramuan tersebut dipagi hari

10. Sakit Kepala Sinus
Minum campuran madu dan jus jeruk dapat menyembuhkansakit kepala karena sinus

11. Kelelahan
Studi terakhir menunjukan bahwa kandungan gula dalammadu lebih bermanfaat daripada merugikan bagi tubuh. Warga usia lanjut yangmengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebihwaspada dan fleksibel. Penelitian Dr. Miltonmembuktikan 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburibubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuantersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saatvitalitas tubuh menurun.

12. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kankerperut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis.Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manisselama sebulan 3 kali sehari

13. Kelebihan Berat Badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubukkayu manis setiap pagi 1/2 jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong.Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orangyang sangat gemuk. Minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemakterakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi

14. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisikandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu.Maka minumlah madu ketika akan flu

15. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayumanis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Biladilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampaikeakar2nya

16. Infeksi Kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis,oleskan pada bagian kulit yang sakit

17. Mencegah Penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminumtiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayumanis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti membuat teh. Minumlah sebanyak 4kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan.Harapan hidup juga bertambah

18. Sakit Perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobatisakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampaiakar2nya

19. Arthritis (radang sendi)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam2 kuku.Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam2 kuku danbubuk kayu manis. Pijat kebagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akanberkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkirair panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiaphari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakitarthritis kronis. Penelitian terakhir Compenhagen Universitymenggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ?sendokteh bubuk kayu manis yangdiberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalanatau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit



20. Penyakit Jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktusarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalampembuluh arteri dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudahterkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap haridapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manissecara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung.Rumah jompo di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memilikigangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karenausia, dengan ramuan tersebut.

21.Untuk terbakar
Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Maduakan mendinginkan,menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhantanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan anti biotika, bakteri tidakdapat hidup dalam madu.

22. Ngompol
Satu sendok teh madu sebelum tidur membantu mengurangingompol pada anak.

23. Kurang Tidur
Satu sendok makan madu dimasukkan dalam satu cangkirsusu panas akan membantu tidur dan bekerja baik.

24. Kerja keras
Madu sarat dengan berbagai vitamin, mineral, asam aminodan sebagainya. Ganti semua penggunaan gula pasir dengan madu. Gula pasirkurang mengandung zat gizi lainnya selain kalori.

25. Hidung tersumbat
Taruh satu sendok makan madu dalam suatu baskom yangberisi air panas dan hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda denganhanduk di atas baskom. Sangat efektif.



26. Luka atau Lecet
Tutup luka dengan madu dan perban. Penyembuhan yang sangatbaik.

27. Untuk Kelelahan (Fatigue)
Larutkan satu sendok makan madu dalam air suam-suamkuku atau seperempat bagian madu berbanding satu bagian air dalam suatu tempatkemudian masukkan dalam kulkas. Madu terutama terdiri dari fruktosa dan glukosadengan demikian akan diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan. (Madu adalahsuatu penyetabil alamiah yang unik? Yunani Kuno). Para Atlet Yunani kunomenggunakan madu untuk stamina sebelum bertanding dan sebagai penyegar kembalisetelah pertandingan.

28. Pembersih Muka
Campurkan madu dan oatmeal kira-kira samaperbandingannya, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jamkemudian cuci. Bagus sebagai

29. Gangguan Pencernaan
Campur madu dengan cuka jus apple kira-kira 50:50 danlarutkan dengan air. Ini akan membantu pencernaan. (Juga sangat baik untuktulang-tulang persendian)

30. Penyubur Rambut
Campur madu sejumlah yang sama dengan minyak zaitunlalu olesi pada rambut serta kulit kepala dan tutup kepala dengan handuk hangatuntuk setengah jam kemudian cuci bersih. Madu dapat memberi nutrisi bagi rambutdan kulit kepala.

31. Sakit (Radang) Tenggorokan
Tuangkan satu sendok teh madu dan taruh dibagianbelakang mulut dan telan melalui tenggorokan. Madu sangat efektif untukmenyembuhkan radang tenggorokan.

32. Untuk Stress
Madu dalam air adalah suatu stabilisator? Dapatmenenangkan pikiran yang tegang dan mendukung pikiran ketika sedang rileks.Gunakan kira-kira duapuluh limapersen madu dalam air.
33. Anemia (Kurang darah)
Madu adalah penambah darah yang meningkatkan kandungansel-sel darah. Makin hitam madu makin banyak mengandung mineral.

34. Pengawet Makanan
Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gulapasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah. Kurangicairan kira-kira seperlima untuk membiarkan kelembaban madu.

35. Demam Hay (Demam karena kepekaan terhadap rumput atau jerami)
Mengunyah bagian atas dari madu kental(bentuk padat)akan meningkatkansistem kekebalan yang disebabkan oleh sejumlah kecil tepungsari yang terkandung dalam madu. Selama sakit kunyahlah satu sendok teh daribagian atas madu tadi selama 20 menit limasampai enam kali sehari. Sangat efektif dan berguna juga bagi penderita asma.

36. Botol Bayi
Empat sendok teh madu masukkan ke dalam botol bayi yangberisi air, Hal ini adalah dot sekaligus penambah multivitamin yang sangat baikbagi bayi. Jika minuman bayi keluarnya terlalu encer kemudian kurangi dengansetengah sendok teh; jika terlalu kental tambah dengan setengah sendok teh.

37. Pertumbuhan gigi bayi
Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenangdan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.

38. Osteoporosis (Tulang kropos)
Penelitian di Inggeris menunjukan bahwa satu sendok tehmadu tiap hari akan membantu penggunaan kalsium dan mencegah tulang kropos.Penting untuk usia 50 tahun ke atas.

39. Umur Panjang
Suatu fakta yang sudah umum di seluruh dunia adalahbahwa orang-orang yang paling panjang umurnya selalu mengkonsumsi madu secarateratur. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar darikanker dan penyempitan pembuluh darah daripada jenis pekerja lainnya di dunia.
40. Migraine (sakit kepala)
Gunakan satu sendok makan madu yang dilarutkan dalamsetengah gelas air hangat. Hisaplah sedikit demi sedikit pada saat awalserangan migraine. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali. Selalu efektif(sesuai dengan tip penyembuhan) untuk migraine yang berhubungan dengan stress.

41. Sakit Mata (Kotoran/belek putih pada mata)
Madu dilarutkan dalam sejumlah air hangat. Teteskan,bila sudah dingin, sebagai lotion atau tetes mata.

Adapun tips untuk anak yang terserang batuk adalah :
6 ons cairan madu
2 ons glycerin
2 buah jeruk lemon yang sudah dijus


VI.       Manfaat Madu Bagi Sistem Tubuh
Manfaat madu bagi sistem tubuh ada beberapa bagian yaitu diantaranya :
1.  Mudahdicerna
Karena molekul gula pada madu dapatberubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudahdicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandunganasam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

2.  Rendahkalori
Kualitas madu lain adalah, jikadibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebihrendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

3.  Berdifusilebih cepat melalui darah
Jika dicampur dengan air hangat,madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gulabebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsigula terbesar.

4.  Membantupembentukan darah
Madu menyediakan banyak energi yangdibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantupembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantuperedaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalahpembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

5.  Membunuhbakteri
Sifat madu yang membunuh bakteridisebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwasifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarikbahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer olehlebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuanmadu ini.



VII.   Manfaat Madu Buat Anak
Bagi anak-anak, madu bisa bermanfaat banyak, contohnya untuk menghentikan pendarahan ringan, cukup dioleskan tipi-tipis pada luka.

Pelembab bibir yang kering, dioleskan pada bibiranak-anak saat mereka sedang bermain. Obat batuk alami, madu 1 sdm + perasan 1buah jeruk nipis/lemon kecil, aduk rata dan minum 2 kali sehari. Mencegahngompol pada balita, 1 sdt sehari 1 kali bisa membantu kebiasaan ngompol saatbobo.
Mencegah perut kembung, 1 sdm + ½ sdt kayu dicampurdan minum secara rutin, untuk mengeluarkan gas yang ada dalam perut. Madu jugadipercaya bisa untuk pertumbuhan gigi, oleskan pada gusi anak. Untuk radangtenggorokan, 1 sdm madu + perasan 1 buah jeruk nipis campur dan minum rutin 3kali sehari.
Madu mudah didapatkan dimana-mana, harganyaterjangkau, dan rasanya lezat. Tambahkan madu pada setiap kesempatan masakandan minuman anda. Selalu sediakan madu dirumah, karena madu penting dan bergunadalam kehidupan sehari-hari. Simpan dalam lemari es atau kotak obat.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes