Monday, September 26, 2011

MENGAPA PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENTING ?




Ada beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untukmeningkatkan profesional seorang guru :

1.      PTK sangat kondusif untuk membuat gurumenjadi peka tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadireflektif dan kritis terhadap lakukan.apa yang dia dan muridnya
2.      PTK dapat meningkatkan kinerja gurusehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yangsudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa adaupaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneniliti di bidangnya.
3.      Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalamPTK, guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalamterhadap apa yang terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yangdilakukan guru semata-mata didasarkan pada masalah aktual dan faktual yangberkembang di kelasnya.

4.      Pelaksanaan PTK tidak menggangu tugaspokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakansuatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
5.      Dengan melaksanakan PTK guru menjadikreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagaiimplementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahanajar yang dipakainya.
6.      Penerapan PTK dalam pendidikan danpembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan kualitaspraktek pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatan mutu hasilinstruksional; mengembangkan keterampilan guru; meningkatkan relevansi;meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budayameneliti pada komunitas guru.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes