Friday, September 30, 2011

MANFAAT DAN PENGGUNAAN SAFE MODE


Bagisebagian besar kita ( pengguna komputer) mungkin tidak asing lagi denganistilah Safe Mode. Fitur ini di sediakan di sistem operasi Windows, untukberbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan padasistem windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya.
Bagaimanamengaktifkan Safe Mode dan apa saja yang dapat dimanfaatkan ketika kita sudahmasuk Safe Mode ?
Arti Safe Mode ?
Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsiutamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengankondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan,termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan.Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” dipojok atas windows.
CARA MASUK KE SAFE MODE

Salahsatu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem windows termasuk windowsVista adalah dengan menekan tombol F8ketika windows sedang booting ( atau ketika komputer mulai menyala dan tampilinformasi Memory / hardware ). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihanbooting komputer.
Beberapapenjelasan dari Advande Options Menu
Selainmenu untuk memilih Safe mode, ada berbagai menu lainnya yang bisa dipilih.
BEBERAPA PENJELASAN MENU-MENUTERSEBUT :
1.      Safe Mode, opsi ini berarti windows akan berjalanhanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga software-softwarenya.
2.      Safe Mode with Networking, opsi ini seperti safemode ditambah dengan driver sehingga kita bisa memanfaatkan Jaringan (Networking)
3.      Safe Mode with Command Prompt, sama seperti safemode hanya saja program Command - - Prompt / MS-DOS Prompt ( cmd.exe) akanlangsung aktif ( bukannya explorer)
4.      Enable Boot Logging, windows akan membuat fileNtbtlog.txt, ketika start up dan informasi start up tersebut akan disimpan difile tersebut. File ini biasanya disimpan di sistem root, misalnya drive C:
5.      Enable VGA Mode. Windows akan berjalan dengantampilan mode minimal misalnya 640×480 atau 800×600. Biasa digunakan untukmemeriksa kerusakan atau error [driver] VGA (tampilan grafik windows).
6.      Last Known Good Configuration, menjalankan windowsmenggunakan informasi registry yang telah disimpan ketika terakhir shutdown.Gunakan jika kita salah mengubah konfigurasi sistem, atau ketika windows gagalmasuk ke tampilan utama.
BEBERAPA MANFAAT SAFE MODE
1.      Uninstall software yang sebelumnya menyebabkankomputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentuwindows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasagunakan Safe Mode.
2.      Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untukmemudahkan setelah masuk ke Safe Mode, bisa menggunakan aplikasi Autoruns yangbisa diperoleh gratis dari SysInternals. Teknik ini juga bisa dimanfaatkanuntuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada Autorun, bisamengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem ConfigurationUtility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
3.      Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafikwindows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih“Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalahdi driver VGA.
4.      Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui modebiasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicobascan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyakjuga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
5.      Menjalankan System Restore jika sebelumnyadiaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
6.      Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel,Administrative tools dan sebagainya.
7.      Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupununtuk mengedit sebagian isinya.
8.      Safe Mode merupakan fitur standard Windows danterkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupunterkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakansafe mode saja tidak cukup.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes