Monday, September 26, 2011

IDENTIFIKASI, PEMILIHAN, DESKRIPSI, DAN RUMUSAN MASALAH



1.Identifikasi Masalah

Dalammengidentifikasikan masalah, Anda sebaiknya menuliskan semua masalah yang Andarasakan selama ini.

2.Pemilihan Masalah

Anda tidakmungkin memecahkan semua masalah yang teridentifikasikan itu secara sekaligus,dalam suatu action research yang berskala kelas. Masalah-masalah itu berbedasatu sama lain dalam hal kepentingan atau nilai strategisnya. Masalah yang satuboleh jadi merupakan penyebab dari masalah yang lain sehingga pemecahanterhadap yang satu akan berdampak pada yang lain; dua-duanya akan terpecahkansekaligus. Untuk dapat memilih masalah secara tepat Anda perlu menyusunmasalah-masalah itu berdasarkan kriteria tersebut: tingkat kepentingan, nilaistrategis, dan nilai prerekuisit. Akhirnya Anda pilih salah satu darimasalah-masalah tersebut, misalnya “Siswa tidak dapat melihat hubungan antaramata pelajaran yang satu dengan yang lain.”


3.Deskripsi Masalah

SetelahAnda memilih salah satu masalah, deskripsikan masalah itu serinci mungkin untukmemberi gambaran tentang pentingnya masalah itu untuk dipecahkan ditinjau daripengaruhnya terhadap pembelajaran secara umum maupun jumlah siswa yangterlibat.

Contoh:“Jika diberi pelajaran dengan pendekatan terpadu antara geografi, ekonomi, dansejarah siswa merasa sukar mentransfer keterampilan dari satu pelajaran kepelajaran lain. Pelajaranyang saya berikan adalah geografi, tetapi saya sering mengaitkan pembahasandengan mata pelajaran lain seperti ekonomi dan sejarah. Ketika saya minta siswamengemukakan hipotesis tentang pengaruh Danau Toba terhadap perkembanganekonomi daerah, siswa terasa sangat bingung; padahal mereka telah dapatmengemukakan hipotesis dengan baik dalam mata pelajaran geografi. Saya khawatirsiswa hanya menghafal pada saat dilatih mengemukakan hipotesis. Padahal dalamkehidupan sehari-hari keterampilan berhipotesis harus dapat diterapkan di manasaja dan dalam bidang studi apa saja. Pada hakikatnya setiap hari kitamengemukakan hipotesis. Ketidakbisaan siswa itu terjadi sepanjang tahun, tidakhanya pada permulaan tahun ajaran. Kelihatannya semua siswa mengalami hal yangsama, termasuk siswa yang cerdas. Guru lain ternyata juga mengalami hal yangsama, siswanya sukar mentransfer suatu keterampilan ke mata pelajaran lain.”

4. RumusanMasalah

SetelahAnda memilih satu masalah secara seksama, selanjutnya Anda perlu merumuskanmasalah itu secara komprehensif dan jelas. Sagor (1992) merinci rumusan masalahaction research menggunakan lima pertanyaan:

1.      Siapa yang terkena dampak negatifnya?
2.      Siapa atau apa yang diperkirakan sebagaipenyebab masalah itu?
3.      Masalah apa sebenarnya itu?
4.      Siapa yang menjadi tujuan perbaikan?
5.      Apa yang akan dilakukan untuk mengatasihal itu? (tidak wajib, merupakan hipotesis tindakan).

Contohrumusan masalah:

·        Siswadi SLTP-X tidak dapat melihat hubungan antara mata pelajaran yang satu denganyang lain di sekolah (Ini menjawab pertanyaan 1 dan 3)
·        Grupaction research percaya bahwa hal ini merupakan hasil dari jadwal matapelajaran dan cara guru mengajarkan materi tersebut (Ini menjawab pertanyaan 2)
·        Kitamenginginkan para siswa melihat relevansi kurikulum sekolah, mengapresiasihubungan antara disiplin-disiplin akademis, dan dapat menerapkan keterampilanyang diperoleh dalam satu mata pelajaran untuk pemecahan masalah dalam matapelajaran lain (Ini menjawab pertanyaan 4)
·        Olehkarena itu kita merencanakan integrasi pembelajaran IPA, matematika, bahasa,dan IPS dalam satuan pelajaran interdisiplin berjudul Masyarakat dan Teknologi(Ini manjawab pertanyaan 5)

Contohpertanyaan penelitian:

1.      Kesulitan apa yang dialami siswa dalammentransfer keterampilan dari satu mata pelajaran satu ke mata pelajaran lain?
2.      Apakah siswa dapat mentrasfer keterampilanlebih mudah antara dua mata pelajaran yang disukai?
3.      Apa yang menyebabkan siswa menyukai suatumata pelajaran?
4.      Apakah ada perbedaan antara prestasibelajar siswa yang belajar dalam kelas mata pelajaran multidisiplindibandingkan dengan mereka yang dalam kelas mata pelajaran tunggal?

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes