Saturday, April 30, 2011

Laporan Keuangan


Informasi akuntansi keuanganmenunjukkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan yang digunakanoleh para pemakainya sesuai dengan kepentingan masing-masing. Pengertian laporankeuangan menurut PSAK No1 (2004) merupakan bagian dari proses pelaporankeuangan yang lengkap dari laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporanperubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya,sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan laporan sertamateri penjelasan yang merupakan bagian intergral dalam laporan keuangan(Muhammad Yusuf dan Soraya, 2004: 100).
Laporan keuangan yang sebenarnya merupakan produk akhirdari proses atau kegiatan akuntansi dalam satu kesatuan. Proses akuntansidimulai dari pengumpulan bukti-bukti transaksi yang terjadi sampai
padapenyusunan laporan keuangan. Proses akuntansi tersebut harus dilaksanakanmenurut cara tertentu yang lazim dan berterima umum serta sesuai dengan standarakuntansi keuangan.

            Tujuan Laporan Keuangan
MenurutPSAK (2004) tujuan laporan keuangan untuk tujuan umum adalah menyediakaninformasi yang menyangkut posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagisejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi serta menunjukkan kinerjayang telah dilakukan manajemen (stewardship),atau pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber-sumber daya yangdipercayakan kepadanya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, suatu laporankeuangan menyajikan informasi mengenai perusahaan meliputi:
1)     Aktiva
2)     Kewajiban
3)     Ekuitas
4)     Pendapatan dan beban termasukkeuntungan
5)     Arus kas
Informasi tersebut di atas beserta informasi lainnyayang terdapat dalam catatan laporan keuangan membantu pengguna laporan dalammemprediksi arus kas masa depan, khususnya dalam hal waktu dan kepastiandiperolehnya kas dan setara kas.

              Manfaat LaporanKeuangan
   Laporankeuangan merupakan alat yang sangat penting untuk mendapatkan informasisehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan.Data keuangan tersebut akan lebih berarti jika diperbandingkan dan dianalisislebih lanjut sehingga dapat diperoleh data yang dapat mendukung keputusan yangdiambil. Menurut Statement of FinancialAccounting Concept No. 1, tujuan dan manfaat laporan keuangan adalah:
1)     Pelaporan keuangan harusmenyajikan informasi yang dapat membantu investor, kreditor dan penggunalainnya yang potensial dalam membuat keputusan lain yang sejenis secararasional.
2)     Pelaporan keuangan harusmenyajikan informasi yang dapat membantu investor, kreditor, dan pengguna lainyang potensial dalam memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaankas di masa yang akan datang yang berasal dari pembagian deviden ataupunpembayaran bunga dan pendapatan dari penjualan.
3)     Pelaporan keuangan harusmenyajikan informasi tentang sumber daya ekonomi perusahaan. Klaim atas sumberdaya kepada perusahaan atau pemilik modal.
4)     Pelaporan keuangan harusmenyajikan informasi tentang prestasi perusahaan selama satu periode. Investordan kreditor sering menggunakan informasi masa lalu untuk membantu menaksirprospek perusahaan.
Menurut PSAK (2004) pihak-pihak yangmemanfaatkan laporan keuangan adalah (IAI,2004) :
1)     Investor. Penanam modalberisiko dan penasehat mereka berkepentingan dengan risiko yang melekat sertahasil pengembangan dari investasi yang mereka lakukan. Mereka membutuhkaninformasi untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan atau menjualinvestasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yangmemungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
2)     Karyawan. Karyawan dan kelompok-kelompokyang mewakili mereka tertarik pada informasi mengenai stabilitas danprofitabilitas perusahaan. Mereka juga tertarik dengan informasi yangmemungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balasjasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.
3)     Pemberi pinjaman. Pemberipinjaman tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkan mereka untukmemutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
4)     Pemasok dan kreditor usahalainnya. Pemasok dan kreditor usaha lainnya tertarik dengan informasi yangmemungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terhutang akan dibayarpada saat jatuh tempo. Kreditor usaha berkepentingan pada perusahaan dalamtenggang waktu yang lebih pendek daripada pemberi pinjaman kecuali kalausebagai pelanggan utama mereka tergantung pada kelangsungan hidup perusahaan.
5)     Pelanggan. Parapelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai kelangsungan hidupperusahaan terutama kalau mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan,atau tergantung pada perusahaan.
6)     Pemerintah. Pemerintah danberbagai lembaga yang berada di bawah kekuasaanya berkepentingan dengan alokasisumber daya dan karena ini berkepentingan dengan aktivitas perusahaan, merekamenetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistikpendapatan nasional dan statistik lainnya.
7)     Masyarakat. Perusahaanmempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai cara. Misalnya, perusahaan dapatmemberikan kontribusi berarti pada perekonomian nasional, termasuk jumlah orangyang dipekerjakan dan perlindungan kepada penanam modal domestik. Laporankeuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhirkemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes