Saturday, April 30, 2011

Lingkungan Pemasaran

Lingkungan pemasaran adalah:
Berbagai aktor dan kekuatan di luarbagian pemasaran yang memperngaruhi kemampuan
manajemen pemasaran untuk mengembangkandan memelihara hubungan baik dengan pelanggan
sasaran.
Lingkungan pemasaran terdiri dari:
1. Lingkungan Mikro
Lingkungan mikro adalah berbagaikekuatan yang dekat dengan perusahaan, yang
mempengaruhi kemampuan untuk melayanipelanggan, meliputi:

· Perusahaan
Ketika merancang rencana pemasaran,manajemen pemasaran memperhitungkan
kelompok perusahaan yang lain, seperti:manajemen puncak, keuangan, riset dan
pengembangan, pembelian, manufaktur danakunting.
Secara keseluruhan, semua departemen inimemberikan dampak pada rencana dan
tindakan departemen pemasaran. Di bawahkonsep pemasaran, semua fungsi ini harus
“berpikir mengenai pelanggan”, dan harusbekerja dengan serasi untuk menyediakan
nilai dan kepuasan superior bagipelanggan.
· Pemasok
Adalah penyedia sumber daya yangdiperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan
barang dan jasa.
Dalam hal ini manajemen pemasaran harusmengawasi ketersediaan pasokan, pemogokan
tenaga kerja dan peristiwa lain yangdapat mengurangi penjualan dalam jangka
pendek dan merusak kepuasan pelanggandalam jangka panjang. Dan juga, manajemen
pemasaran harus memantau kecenderunganharga dari sumber pemasok
utamanya.
Pemasaran
Litbang Pembelian
Keuangan Manufaktur
Manajemen Akunting
Puncak
· PerantaraPemasaran
Adalah perusahaan yang membantuperusahaan untuk mepromosikan, menjual dan
mendistribusikan barang ke pembeliakhir, meliputi:
F Penjual
Adalah perusaha an saluran distribusiyang membantu perusahaan menemukan
pelanggan/melakukan penjualan kepadapelanggan, meliputi pedagang besar dan
pedagang kecil.
F Perusahaandistribusi fisik
Adalah sebuah organisasi tertentu yangmembantu perusahaan untuk menimbun
persediaan atau memindahkan barang daritempat asalnya ke tempat tujuan.
F Agen jasapemasaran
Adalah perusahaan riset pemasaran, agenperiklanan, perusahaan media dan perusahaan
konsultan pemasaran yang membantuperusahaan membidik dan mempromosikan
produknya ke pasar yang tepat.
F Perantarakeuangan
Adalah perusahaan yang membantu mendanaitransaksi atau mengasuransikan
risiko yang berkaitan dengan pembelianatau penjualan barang, meliputi bank,
perusahaan kredit dan perusahaanasuransi.
Dalam usahanya untuk memuaskanpelanggan, perusahaan harus bermitra secara
efektif dengan pemasok dan perantarapemasaran untuk mengoptimalkan kinerja seluruh
sistem
· Pesaing
Adalah perusahaan lain yang memasarkanproduk yang sejenis. Dalam hal ini perusahaan
harus memberikan nilai dan kepuasanpelanggan yang lebih besar dibandingkan
pesaingnya, dan juga harus menghimpunkeunggulan strategik dengan memposisikan
tawaran mereka dengan benar-benarmelawan tawaran pesaing dalam benak
konsumen.
· Pasar pelanggan
Pelanggan adalah orang atau sekelompokorang yang menggunakan produk dari sebuah
perusahaan yang akan digunakan untukkonsumsi pribadi, untuk dijual kembali
atau untuk diproses lebih lanjut,meliputi:
F Pasar Konsumen
Adalah individu atau rumah tangga yangmembeli produk untuk konsumsi pribadi
F Pasar Bisnis
Adalah individu atau perusahaan lainyang membeli produk untuk diproses lebih
lanjut atau digunakan dalam prosesproduksinya.
F Pasar Pedagangbesar
Adalah individu atau perusahaan lainyang membeli produk untuk dijual kembali
dengan mengambil keuntungan.
F Pasar Pemerintah
Adalah instansi pemerintahan yangmembeli produk untuk menyediakan fasilitas
umum atau mengalihkan produk tersebutkepada pihak lain yang membutuhkan.
F PasarInternasional
Adalah pembeli luar negeri, termasukkonsumen, produsen, penjual dan pemerintah
yang membeli produk dari sebuahperusahaan yang akan digunakan untuk
konsumsi pribadi, untuk dijual kembaliatau untuk diproses lebih lanjut.
Dalam hal ini, manajer pemasaran perlumelakukan penelian yang cermat karena setiap
tipe pasar mempunyai karakteristiksendiri- sendiri.
· Masyarakat.
Adalah kelompok yang mempunyaikepentingan potensial atau yang sudah terwujud
atau berdampak pada kemampuan suatuorganisasi untuk mencapai sasarannya, meliputi:
F MasyarakatKeuangan
Adalah kelompok yang mempengaruhikemampuan perusahaan untuk memperoleh
dana, yaitu: bank, perusahaan investasi,pemegang saham
F Masyarakat Media
Adalah kelompok yang menyebarluaskanberita, mengangkat topik dan pandapat
editorial, meliputi surat kabar, majalah,radio, televisi dan internet.
F MasyarakatPemerintah
Adalah kelompok di dalam instansipemerintahan. Dalam hal ini pemasar harus
sering berkonsultasi dengan pengacaraperusahaan mengenai isu keamanan produk,
kejujuran dalam periklanan dan berbagaimasalah yang lain.
F Masyarakat Wargayang Bertindak
Adalah kelompok di dalam masyarakat yangaktif menyoroti berbagai peristiwa
di dalam masyarakat, meliputi organisasikonsumen, kelompok lingkungan,
kelompok minoritas dan lainnya. Dalamhal ini peran humas di dalam perusahaan
adalah menjalin hubungan baik dengankonsumen dan kelompok warga
negara ini.
F Masyarakat Lokal
Adalah kelompok yang tinggal berdekatandengan lokasi perusahaan.
F Masyarakat Umum
Adalah kelompok yang secara umummengetahui aktivitas dan produk sebuah
perusahaan.
F MasyarakatInternal
Adalah kelompok yang terdapat di dalamsebuah perusahaan, meliputi pekerja,
manajer, sukarelawan dan direktur.
2. Lingkungan Makro
Lingkungan makro adalah kekuatan pasaryang lebih luas, yang mempengaruhi lingkungan
mikro, meliputi:
· Demografi
Adalah telaah mengenai populasi manusia,dalam arti jumlah, kerapatan, lokasi,
umur, jenis kelamin, ras, jenispekerjaan dan angka statistik lainnya.
F Pertumbuhanpopulasi dunia yang meledak
Perhatian pemerintah:
§ Keterbatassumber daya bumi untuk mendukung kehidupan manusia yang
sedemikan besar, terutama pada standarkehidupan yang mewakili aspirasi
banyak orang.
§ Pertumbuhanpopulasi yang paling tinggi berada pada negara-negara dan
masyarakat yang paling tidak mampumenghadapinya.
F Distribusi umurpopulasi menentukan kebutuhan
Pengelompokkan umur:
§ Usia pra sekolah
§ Usia sekolahdasar
§ Usia remaja
§ Usia 25-40 tahun
§ Usia 40-64 tahun
§ Usia di atas 65tahun
F Meningkatnyakeanekaragaman etnis dan ras
F Kelompokpendidikan
F Pola rumahtangga
Dikelompokan sebagai berikut:
§ Orang yang hidupsendiri
§ Orang yang barumenikah
§ Keluarga denganorang tua tunggal
§ Keluarga tanpaanak
§ Pasangan yanganaknya telah mandiri
F Pergeserangeografis dalam populasi
F Pergeseran daripasar massl ke pasar mikro
· Ekonomi
Berkaitan dengan daya beli masyarakat,dipengaruhi oleh perubahan dalam pendapatan
· Alam
Dipengaruhi oleh:
F Kekurangansumber daya alam
F Biaya energiyang meningkat
F Tingkat polusiyang meningkat
F Campur tanganpemerintah dalam pelestarian lingkungan
· Teknologi
Dipengaruhi oleh:
F Kecepatanperubahan teknologi
F Kesempataninovasi yang tidak terbatas
F Anggaran risetyang bervariasi
F Regulasi yangmeningkat atas perubahan teknologi
· Politik
Dipengaruhi oleh:
F Peraturan yangmengatur bisnis
F Meningkatnyapenekanan pada etika dantindakan yang bertanggung jawab
sosial
· Budaya.
Dipengaruhi oleh:
F Nilai budayadasar yang memiliki tingkat kemapanan yang tinggi
F Pergeseran dalamnilai- nilai budaya sekunder.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes