Saturday, April 30, 2011

Menentukan Pasar Sasaran (Targeting)


1. Mengevaluasi Segmen Pasar
a. Ukuran dan pertumbuhan segmen
b. Daya tarik struktural segmen
c. Sasaran dan sumber daya perusahaan

2. Memilih Segmen Pasar
a. Pemasaran Tanpa Pembedaan

Strategi peliputan pasar dimana sebuahperusahaan memutuskan untuk mengabaikan
perbedaan segmen pasar dan menawarkansatu macam produk kepada seluruh pasar.
b. Pemasaran Dengan Pembedaan
Strategi peliputan pasar, dimana sebuahperusahaan memutuskan untuk memilih
beberapa segmen pasar dan merancangbarang yang berbeda untuk masing-masing
segmen
c. Pemasaran Terkonsentrasi
Strategi peliputan pasar, dimana sebuahperusahaan memutuskan untuk mencari
pangsa pasar besar dalam satu ataubeberapa subpasar.
3. Memilih Strategi Pencakupan Pasar
Hal-hal yang harus dipertimbangkan:
a. Sumber Daya Perusahaan
b. Variabilitas Produk
c. Tahapan Produk dalam Daur Hidup
d. Variabilitas Pasar
e. Strategi Pemasaran Pesaing

MENETAPKAN POSISI UNTUK KEUNGGULANBERSAING
1. Posisi Produk
Cara produk ditetapkan oleh konsumenberdasarkan beberapa atribut penting (Tempat
yang diduduki produk dalam ingatankonsumen dalam hubungan dengan produk
pesaing)
Bauran Pemasaran
Perusahaan
Pasar
Bauran Pemasaran Perusahaan 1
Bauran Pemasaran Perusahaan 2
Bauran Pemasaran Perusahaan 3
Segmen 1
Segmen 3
Segmen 2
Bauran
Pemasaran
Perusahaan
Segmen 1
Segmen 2
Segmen 3
2. Strategi Menetapkan Posisi
Memposisikan produknya pada atributproduk spesifik. Produk dapat diposisikan pada
kebutuhan yang dipenuhi atau manfaatyang diberikan.
3. Memilih dan MengimplementasikanStrategi Menetapkan Posisi
a. Mengidentifikasi keunggulan bersaingyang mungkin
Keunggulan bersaing: keungulan terhadappesaing yang diperoleh dengan menawarkan
nilai lebih besar kepada konsumen,dengan harga lebih rendah maupun
memberikan manfaat lebih besar, karenaharganya lebih tinggi.
Jenisnya:
Ø Diferensiasiproduk: mengidentifikasikan produk secara fisik
Ø Diferensiasipelayanan: mendiferensiasi pelayanan yang menyertai produk
Ø Diferensiasipersonil: Mempekerjakan dan melatih orang yang lebih baik ketimbang
yang bekerja di perusahaan pesaing
Ø Diferensiasicitra: Mediferensiasi citra perusahaan/merek
b. Memilih keunggulan bersaing yangtepat
Ø Berapa banyakperbedaan yang dipromosikan
Ø Perbedaan manayang harus dipromosikan, syaratnya:
o Penting:perbedaan yang memberikan suatu manfaat yang sangat bernilai bagi
pembeli sasaran
o Khas: Pesaingtidak menawarkan perbedaan itu
o Superior:Perbedaan itu superior terhadap cara lain yang mungkin memberikan
manfaat yang sama kepada pelanggan
o Dapatdikomunikasikan: perbedaan itu dapat dikomunikasikan dan dapat dilihat
oleh pembeli
o Mendahului:Pesaing tidak mudah meniru perbedaan itu
o Terjangkauharganya: Pembeli dapat membayar perbedaan itu
o Mendatangkanlaba: Perusahaan dapat memperkenalkan perbaedaan dan meraih
laba
c. Mengkomunikasikan dan menyerahkan posisi yangdipilih

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Follow by Email

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes