Tuesday, April 19, 2011

AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN USAHA SERTA KLASIFIKASI DAN PERILAKU BIAYA


PerkembanganAkuntansi
Sejalandengan perkembangan sejarah dan peradaban manusia, akuntansi sebagai salah satuhasil temuan manusia ikut pula berkembang. Mulai dari pencatatan primitif dansangat sederhana dimana terdapat catatan dalam bentuk tablet untuk pembayaranupah yang dilakukan di Babylonia sekitar tahun 3600 SM yang merupakan catatantertua yang pernah ditemukan. Yang selanjutnya akuntansi berkembang semakinkompleks selaras dengan semakin kompleksnya dunia usaha dan masyarakatakhir-akhir ini.
LucaPacioli, seorang rahib sekaligus ahli Matematika dari Orde Fransiskan, Italiaadalah orang yang menemukan dan memperkenalkan metode tata buku berpasangan(double entry system) pada tahun 1494. selanjutnya Luca Pacioli sering dikenalsebagai Bapak Akuntansi.
ProfesiAkuntan
Adabeberapa profesi akuntan, diantaranya:
l  Akuntan perusahaan atau akuntanmanajemen adalah akuntan yang bekerja untuk internal suatu perusahaan danbertugas menyiapkan informasi keuangan perusahaan dimana mereka bekerja
l  Akuntan publik adalah akuntan yangmemiliki posisi independen dan bekerja untuk berbagai pihak yang membutuhkan jasamereka dalam memeriksa dan menilai kewajaran laporan keuangan suatu perusahaan.
l  Akuntan pemerintah adalah akuntanyang bekreja untuk pemerintah serta berfungsi menolong dan mengamankan berbagaikepentingan pemerintah
l  Akuntan pendidik adalah akuntan yangmengabadikan dirinya didalam suatu institusi tertentu yang bertugasmempersiapkan, membimbing dan melatih nara didik untuk menjadi akuntanprofesional.
PengertianAkuntansi dan Pihak-Pihak yang berkepentingan menggunakan informasi keuangan
l  Akuntansi adalah sistem informasiyang menghasilkan laporan-laporan kepada pihak-pihak yang berkepentinganmengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan.
l  Terdapat dua pihak yang memakaiinformasi keuangan yakni: eksternal perusahaan (kreditor, pemerintah, pemegangsaham, investor, suplier, dll). Dan internal perusahaan (direktur, paramanajer, karyawan, dll)
PengertianAkuntansi Manajemen
l  Akuntansi manajemen adalah sistemakuntansi, yakni jenis informasi yang dihasilkannya ditujukan kepadapihak-pihak internal organisasi.
KLASIFIKASIDAN PERILAKU BIAYA
1. JENIS PERUSAHAAN
l  Dilihat dari produk yang dihasilkandan bidang usaha yang digeluti maka secara umum perusahaan dibedakan menjadi 3macam perusahaan:
  1. perusahaan jasa,
  2. perusahaan dagang dan
  3. perusahaan manufaktur
PerusahaanManufaktur
  1. Jenis Persediaan diperusahaan Manufaktur dibedakan menjadi:
Ø  persediaan bahan baku
Ø  Persediaan barang dalam proses
Ø  Persediaan barang jadi
2.       Jenis Biaya dalam perusahaanmanufaktur
Biaya dalam perusahaan manufaktur dikelompokkan menurut spesifikasimanfaatnya yakni:
l  Biaya bahan baku
l  Biaya tenaga kerja langsung
l  Biaya overhead
l  Biaya administrasi dan umum
l  Biaya Pemasaran
Kemudian biaya-biaya tersebut dikelompokkan lagi kedalam 2 kelompokbiaya yakni:
l  Biaya produksi  (Biaya bahan baku langsung, biaya tenagakerja langsung dan biaya overhead)
l  Biaya operasi/komersial (biaya pemasarandan biaya administrasi dan umum)

Perilaku biaya
Perilaku biaya adalah reaksi biaya terhadap perubahan volume  aktivitas suatu perusahaan.
Berdasarkan perilakunya terhadap perubahan volume dari suatu produktertentu didalam suatu perusahaan maka biaya dapat dikelompokkan menjadi:
l  Biaya variabel
l  Biaya tetap
l  Biaya semivariabel 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes