Tuesday, April 19, 2011

Analisis Biaya-Volume-Laba

Analisabiaya-volume-laba adalah suatu metode analisis untuk melihat hubungan antarabesarnya biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan dan besarnya volume penjualanserta laba yang diperoleh pada suatu periode tertentu
HubunganDiantara Beberapa Elemen
Analisisbiaya-volume-laba membantu manajer untuk melihat hubungan antara lima elemen:
  1. Harga produk
  2. Volume atau tingkat aktivitas
  3. Biaya variabel per unit
  4. Total biaya tetap
  5. Bauran produk
Marjin Kontribusi & Titik Impas
Marjin  kontribusi adalah selisih antaranilai penjualan dengan biaya variabelnya. Jumlah tersebut akan digunakan untukmenutup biaya tetap dan menghasilkan laba periode tersebut. Besarnya marjin konribusiper unit yang dapat diperoleh suatu perusahaan akan menentukan kecepatanperusahaan tersebut menutup biaya tetapnya dan kemampuanya menghasilkan laba.
  Titik Impas adalah volume penjualanyang harus dicapai perusahaan agar perusahaan tidak mengalami kerugian tetapijuga tidak memperoleh laba sama sekali
Cara Perhitungan Impas
Rumus Perhitungan impas dalam satuan yangterjual, adalah:
Impas =                    Biaya Tetap
                                    Harga Jual – Biaya Variabel  
                                    (Per Satuan) (Per Satuan)
                RumusPerhitungan impas dalam rupiah penjualan, adalah:
Impas = Biaya Tetap
                                     1 – Biaya Variabel Per Satuan
                                                HargaJual Per Satuan 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Follow by Email

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes