Tuesday, April 26, 2011

Analisis Strategik dan Manajemen Biaya Strategik



   Taufik Julia, S.E
  Bagaimana PerusahaanDapat Berhasil: Strategik Kompetitif
Perusahaan mencapai keberhasilan dengan cara menemukan Strategi jangkapanjang yang dapat dipertahankan, yaitu merupakan seperangkat kebijakan,prosedur dan pendekatan-pendekatan yang mengarahkan pada keberhasilan jangkapanjang. Menemukan strategi dimulai dengan menentukan tujuan dan arah bisnisdalam jangka panjang yang termasuk didalamnya dengan menentukan misiperusahaan. Misi tersebut kemudian dikembangkan menjadi visi perusahaan gunamencapai tujuan perusahaan.
l   Ukuran Stratejik tentang kesuksesan
Fokus Manajemen Biaya pada Lingkungan Kontemporer dan Lingkungan Sebelumnya
 
Lingkungan Bisnis Sebelumnya
ØPelaporan keuangan dan analisis biaya yang pada umumnya terletak padastandarisasi dan biaya standar; akuntan sebagai ahli keuangan dan pencatatkeuangan  
Lingkungan Bisnis Kontemporer

ØMemandang manajemen biaya sebagai alat untuk pengembangan danpengimplementasian strategi bisnis; akuntan sebagai partner bisnis
l  Ukuran keberhasilanyang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (CriticalSuccess Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat Keuangan
ØPertumbuhan penjualan
ØPertumbuhan laba
ØPertumbuhan deviden
ØTingkat obligasi dan piutang
ØAliran kas
ØPeningkatan harga saham
l  Ukuran keberhasilanyang bersifat keuangan dan non keuangan pada faktor keberhasilan kritis (CriticalSuccess Factors)
Ukuran Keberhasilan yang bersifat NonKeuangan:
ØUkuran dari sisi pelanggan (pangsa pasar dan pertumbuhan pasar,pelayanan pada pelanggan, dll)
ØProses bisnis internal (kualitas produk yang tinggi, inovasi dalamproduksi, dll)
ØInovasi dan pembelajaran (kompetensi dan integritas manajer, moral danbudaya perusahaan, dll)
l  Kerangka untukAnalisis Strategi Kompetitif
Tiga strategi kompetitif antara lain:
l  Keunggulan pada biaya(cost leadership)
l  Diferensiasi
l  Fokus

l  Analisis SWOT
l  Strengths (kekuatan)
l  Weakness (kelemahan)
l  Opportunity(kemungkinan)
l  Threats (Ancaman)
l  Balance Scorecard
Merupakan laporan akuntansi yang dikembangkan dari sistem informasistrategik yang meliputi empat aspek keberhasilan kritis perusahaan :
Kinerja keuangan
Kepuasan pelanggan
Proses bisnis internal
Inovasi dan pembelajaran
l  Analisis Value-Chain
Merupakan alat analisis strategik yang digunakan untuk memahami secaralebih baik terhadap keunggulan kompetitif, untuk mengidentifikasi dimana valuepelanggan dapat ditingkatkan atau penurunan biaya, dan untuk memahami secaralebih baik hubungan perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan perusahaan laindalam industri.


0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes