Wednesday, April 20, 2011

GLOBALISASI


Apa itu globalisasi?

Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa,keputusan,dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat memberi konsekuensi penting bagi berbagaiindividu dan masyarakat di belahan dunia lain.

Istilah globalisasi pertama kalidigunakan oleh Theodore Levit tahun 1985.istilah itu semula digunakan untukmenunjuk pada politik-ekonomi,khususnya politik perdagangan bebas dan transaksikeuangan.

Ada empat aspek globalisasi yang dikemukakan yaitu:

a. Seluruh kegiatan politik,social,ekonomi melintasi Negara-negara;

b. Globalisasi meningkatkan keuntungan kita satu sama lain dengan meningkatnyaarus perdagangan,investaasi,keuangan,migrasi dan kebudayaan.

c. Sistem-sistem transportasi,informasi,dan komunikasi yang baru dan serbacanggih berarti bahwa ide,barang,informasi,modal dan orang bergerak dapat lebihcepat.

d. Itu berarti bahwa peristiwa-peristiwa secara geografis jauh memiliki dampakdan pengaruh yang besar bagi hidup kita. Bahkan, perkembangan-perkembanganlokaql membawa dampak globalyang luar biasa. Batas amtara persoalan dalamnegeri dan global menjadi kabur.
Bagaimana Cakupan dan proses globalisasi?

Senada dengan itu, Arjun Appadurai mengidentifikasikan 5 (lima) tipe salingketerkaitan global,yaitu:

(1) Ethnoscapes: yaitu,pergerakan manusia.ternasuk turis,imigran,pengungsi danpembisnis pembisnis melintasi batas negara.

(2) Financescapes: yaitu,aliran uang yang melintasi skat-sekat Negara. Hal initerjadi berkat pasar uang,tukar-menukar saham dan obligasi,dan pasar komuditasyang semakin sibuk antar negara setiap hari dan bahkan setip detik.

(3) Ideoscapes: yaitu, penyebaran gagasan dan ideology politik yang mendunia.

(4) Mediascapes: yaitu, penyebaran lintas budaya gambar-gambar media di layercomputer,Koran televise daan radio.

(5) Technoscapes: yaitu, penyebaran tekhnologi ke seluruh penjuru dunia. Sebagicontoh: Revolusi Hijau (Green Revolution) dalam bidang pertanian,yang marakdiperaktikkan di Negara berkembang saaat ini,merupakan hasil penemuan Negara-negarabarat.

Proses globalisasi meningkat sangat pesat di abad ke-20. Mengapa ?

Ada beberapa factor yang menyebabkan peningkatan pesat proses globalisasiitu,yaitu:

a. Berkembang pesatnya tehknologi komunikasi dan informasi.
b. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional.

Berkembang pesatnya tehknologi komunikasi di mungkinkan oleh perkembangansarana-sarana teknologi dan telekomunikasi dunia, Internet adalah salahkomunikasi yang paling cepat kemajuannya. Perkembangan pesat tekhnologi komunikasimempercepat aliran informasi dari berbagai belahan dunia. Settiap harinya,media global menyajikan berita,gambar dan infoormasi ke rumah-rumah. Hal itumemudahkan kita menyaksikan secara langsung dan terus-menerus apa yang terjadidi luar negeri.


Apakah globalisasi?

Globalisasi merupakan satu proses untuk meletakkan dunia dibawah satu unit yang sama tanpa dibatasi oleh sempadan dan kedudukan geografi sesebuah negara Melalui proses ini, dunia akhirnya tidak lagi mempunyai sempadan dengan ruang udara dan langit sesebuah negara itu terbuka luas untuk dimasuki oleh pelbagai maklumat yang disalurkan menerusi pelbagai perantaraan media komunikasi seperti internet,media elektronik,dan teknologi siber. Perkembangan ini memungkinkan perhubungan diantara sesebuah negara dengan negara yang lain dan perhubungan sesama manusia dapat dilakukan dalam tempoh yang singkat.

Menurut Kamus Dewan globalisasi didefinisikan sebagai fenomena yang menjadikan dunia mengecil dari segi perhubungan manusia disebabkan kepantasan perkembangan teknologi maklumat. Manakala cediakawan barat mentakrifkan globalisasi sebagai satu proses kehidupan yang serba luas dan infiniti merangkumi segala aspek kehidupan seperti politik, sosial, dan ekonomi yang boleh dirasai oleh seluruh umat manusia didunia ini. Ini bermakna segala-galanya menjadi milik bersama dalam konsep dunia tanpa sempadan.

Dalam era globalisasi ini, dunia semakin dikecilkan ruangnya daripada yang asal. Jika dulu dunia ini seluas saujana mata memandang dan dipagari dengan sempadan-sempadan namun kini ia tidak berlaku lagi. Malah pada hari ini kita telah dapat merasakan apakah dia itu globalisasi. Ledakan teknologi maklumat yang pesat merupakan medium utama kepada agenda globalisasi ini.

Dunia bukan sahaja tidak bersempadan geografi tetapi pengaruh globalissasi menjangkau sempadan ekonomi,teknologi ,bahasa, budaya, ideologi, politik dan dari segenap aspek kehidupan sesebuah masyarakat.

Kerajaan Malaysia memberi keutamaan kepada globalisasi ekonomi. Disamping itu, ia memberi perhatian besar kepada globalisasi maklumat dan ilmu dan globalisasi saintifik serta teknologi Kesungguhan Kerajaan dalam menangani tiga jenis globalisasi ini jelas kelihatan pada berbagai-bagai bentuk wacana di peringkat nasional dan peringkat antarabangsa seperti dialog, seminar, persidangan dan forum dan juga pada penubuhan berbagai-bagai jenis institusi dan projek. Koridor Raya Multimedia (MSC) adalah simbol harapan serta kemegahan Malaysia dalam menyahut panggilan globalisasi.

Globalisasi juga merujuk kepada perpindahan nilai, terutamanya cara berfikir & gaya bertindak dari satu daerah dunia kpd daerah dunia yg lain. Globalisasi yang diberi erti luas ini adalah suatu hakikat yang tidak dapat dipertikaikan. Hakikatnya globalisasi itu sudah wujud sebelum istilah globalisasi diperkenalkan lagi. Fenomena globalisasi boleh dikiaskan sebagai gelombang yang melanda dunia.

Lodge (1993) mendefinisikan globalisasi sebagai:

"... a process forced by global flows of people, information, trade and capital. It is accelerated by technology, which is driven by only a few hundred multinational corporations and may be harmful to the environment. There in lies the conundrum of whether it is wise to leave globalization in the hands of these few corporations, or might it not make more sense to seek greater involvement from the global community.

Apakah impikasi serta kesan globalisasi terhadap:

(A) Ekonomi

Dalam globalisasi ekonomi, telah berlaku peningkatan dalam kebergantungan perniagaan terhadap ekonomi. Firma-firma dan perniagaan terus meningkat dan berlakunya peningkatan dalam pelaburan asing secara langsung di dalam aktiviti ekonomi sesebuah negara. Globalisasi ekonomi dapat di lihat melalui perluasan perusahaan melampaui sempadan negara .

Perspektif ini dapat dilihat melalui tiga tahap.

* Pertama ialah perusahaan antarabangsa yang mempunyai aktiviti diluar sempadan nasional dan meliputi eksport,import dan penghasilan bukan mentah.
* Kedua ialah perusahaan multi nasional, iaitu perusahaan yang menjalankan aktivitinya di berbagai negara.
* Ketiga ialah perusahaan global yang melihat ekonomi dunia sabagai satu. Perusahaan tersebut mendapatkan bahan mentah dan menjual barangan secara global.

Di samping perdagangan bebas, globalisasi ekonomi juga boleh dikaitkan dengan perkembangan syarikat-syarikat korporat di dunia. Syarikat-syarikat korporat juga menuju ke arah globalisasi. Telekom Malaysia Berhad juga mempunyai matlamat ke era globalisasi iaitu menjadi Syarikat bertaraf dunia "world class telecommunications"

Apakah impikasi serta kesan globalisasi terhadap

(B) Teknologi

Kehidupan manusia di masa akan datang banyak bergantung kepada teknologi. Teknologi akan menjadi begitu canggih hinggakan komputer yang ada pada hari ini yang mempunyai sistem yang berubah dengan cepat dan laju. Era globalisasi yang sedang berlaku hari ini pasti akan memberikan peningkatan dan perubahan yang lebih ketara dalam bidang teknologi.

Antara bidang teknologi yang cepat maju dan canggih adalah bidang teknologi maklumat dan komputer. Bill gates (1996), peneroka bidang komputer yang terkenal, dapat memasarkan aplikasi keluaran Window ke serata dunia . Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada masa ini di seluruh dunia memerlukan tindakan segera pembangunan sumber manusia untuk memberi latihan, pengetahuan dan kemahiran tentang teknologi maklumat, robotik dan sebagainya.Kehidupan manusia semakin banyak bergantung kepada komputer dan teknologi di era globalisasi hari ini

Pembangunan sumber manusia menjelang tahun 2000 akan mencapai nisbah tenaga manusia saintifik dan teknologi yang lebih tinggi daripada sekarang iaitu kira-kira 1000 bagi setiap sejuta penduduk di Malaysia .

Pengetahuan dan kemahiran pula akan berorientasikan gabungan disiplin teknikal, statistik dan berasaskan komputer. Gabungan disiplin ini akan melengkapkan tenaga manusia masa hadapan untuk mengendalikan teknologi baru dan yang akan muncul seperti teknologi pembuatan berautomasi, bahan-bahan terbaru, bio-teknologi, elektronik dan teknologi maklumat.

Di samping itu, kegiatan institusi pendidikan dan latihan akan ditumpukan ke arah menghasilkan kemahiran dalam bidang teknologi maklumat dan literasi komputer. Langkah kerajaan Malaysia membina Lebuh Raya Multi Media , Universiti Multi Media dan Pusat Pentadbiran Kerajaan Berelektronik yang kita telah maklum sekarang adalah langkah yang bijak untuk persediaan tenaga manusia yang akan menggunakan teknologi maklumat dalam tugas-tugas harian dan juga dalam kehidupan seharian nanti di dalam era globalisasi.

Apakah impikasi serta kesan globalisasi terhadap

(C) Kebudayaan sebuah negara

Kebudayaan merupakan cara hidup seharian manusia dalam sesebuah masyarakat atau organisasi. Pada zaman dahulu manusia dalam sesebuah masyarakat itu sanggup berperang kerana mempertahankan budaya hidup mereka yang dicemar atau dicerobohi oleh pihak lain. Bagaimana pun cara hidup manusia hari ini sudah banyak berubah dan menuju globalisasi.

Terdapat beberapa kategori kebudayaan di dunia ini yang telahpun berada dalam bentuk globalisasi.

Budaya Makan
Makanan Jepun sudah ada di Amerika. Makanan Amerika pula semakin popular di JepunMc Donald mempunyai 10,500 restoran di 50 buah negara di dunia Kentucky Fried Chicken mempunyai lebih daripada 7,750 restoran di 58 buah negara.

Budaya Fesyen
Antara jenis fesyen pakaian yang digemari di seluruh dunia adalah seperti : seluar Jean Levi, Pierre Cardin (pakaian perempuan), Yves Saint Laurent, pakaian sukan Esprit dan pakaian Laura Ashley.

Budaya Kerja
Syarikat pengeluaran di era globalasasi juga terdiri daripada berbilang kaum dari negara-negara di dunia. Umpamanya, syarikat Esprit - di mana ketua grafiknya dari Jepun, juru gambarnya dari Itali, arkiteknya dari Perancis dan Itali.

Budaya Muzik dan Hiburan
Muzik Jazz dan disco telah menguasai dunia. Tempat hiburan seperti Disneyland juga diadakan di negara di luar Amerika , seperti di Jepun dengan panggilan Tokyo Disneyland (1987) dan di Marne-la-Valle di Paris dengan panggilan Euro Disneyland (1992).

Budaya Bahasa
Pada masa ini, bahasa Inggeris adalah alat yang penting untuk perhubungan secara global. Sekarang terdapat satu bilion manusia yang bercakap dalam bahasa Inggeris dan pada tahun 2000 jumlah tersebut meningkat kepada 1.5 bilion.

Kesimpulan
Cabaran globalisasi masa kini memerlukan pembentukan generasi muda yang berdaya tahan melalui ilmu dan kemahiran Berdasarkan beberapa aspek globalisasi yang telah dibicarakan dapatlah dikatakan bahawa dunia hari ini atau di abad ke-21 sedang menghadapi satu cabaran dan perubahan yang sangat hebat yang belum pernah berlaku di abad yang lalu. Cabaran globalisasi dan implikasi terhadap ekonomi, budaya dan teknologi adalah luas dan mempunyai kesan yang negatif dan positif. Penerimaan terhadap perubahan haruslah difikirkan 
dan diterima secara positif dan membina untuk kemajuan diri,keluarga,agama,bangsa dan negara
        Pengaruh positifglobalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme
1.     Dilihat dari globalisasipolitik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karenapemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankansecara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif darirakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negaramenjadi meningkat.
2.     Dari aspek globalisasi ekonomi,terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkandevisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomibangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
3.     Dari globalisasi sosial budayakita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dandisiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuanbangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasanasionalisme kita terhadap bangsa.
 Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme
1.     Globalisasi mampu meyakinkanmasyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran.Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila keideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalismebangsa akan hilang
2.     Dari globalisasi aspek ekonomi,hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luarnegeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia.Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejalaberkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
3.     Mayarakat kita khususnya anakmuda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gayahidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggapsebagai kiblat.
4.     Mengakibatkan adanyakesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanyapersaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkanpertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupannasional bangsa.
5.     Munculnya sikap individualismeyang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanyaindividualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes