Saturday, April 30, 2011

Kertas Kerja  
      Didalam dunia akuntansi, kertas kerja merupakan alat yang mempermudah kita untukmemperinci data setelah penyesuaian. Dengan kertas kerja yang akan kitapelajari ini, maka tidak hanya neraca sisa dan penyesuaian yang kita peroleh,akan tetapi juga laba rugi dan neraca. Untuk itu, cobalah kita lihat tabel dibawah ini. 
Nama
Perkiraan
Saldo
Debit
Kredit































Untuk proses akhir yang terdapat pada bagan di atas, maka prosesakhir ini didasarkan pada neraca sisa dengan memperhatikanpenyesuaian-penyesuaian yang diperlukan, kemudian langkah berikutnya adalah
menyusun laporan keuangan yang terdiri atas laporan laba rugi dan neraca.Sebagaimana diketahui, kertas kerja adalah adalah alat bantu dalam akuntansiyang digunakan untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.



A.     Cara Menyusun Kertas kerja
    1. Membuat kolom neraca sisa
    2. Membuat kolom penyesuaian
      Kolom ini digunakan untukmencatat perubahan-perubahan atas akun-akun dalam buku besar tertentu yangtelah digambarkan pada kertas kerja.  Cara pencatatannya yaitu denganlangkah memindahkan setiap jurnal penyesuaian ke dalam kolom penyesuaian kertaskerja. Jika di dalam neraca sisa tidak ada akun yang sesuai, tambahkan padaurutan akun berikutnya sebagai akun baru, kemudian jumlahkan semua saldo yangada di kolom debet dan kredit.  
    1. Kolom neraca sisa disesuaikan
      Kolom ini digunakanuntuk mencatat sisa setiap akun, baik yang telah mengalami penyesuaian maupunyang tidak kemudian dijumlahkan.
Carapencatatannya adalah sebagai berikut:
      1. Semua data sisa akun di neraca sisa debit termasuk yang sama sekali tidak mengalami penyesuaian, langsung dipindahkan ke neraca sisa disesuaikan ke kolom debit.
      2. Semua data sisa akun di neraca sisa kredit termasuk yang sama sekali tidak mengalami penyesuaian, langsung dipindahkan ke neraca sisa disesuaikan ke kolom kredit.
      3. Setiap data sisa akun neraca sisa di kolom debit yang mengalami penyesuaian debit harus dijumlahkan. Demikian juga setiap data sisa akun neraca kredit yang mengalami penyesuaian kredit akan dijumlahkan.
      4. Setiap data sisa akun di neraca sisa debit yang mengalami penyesuaian kredit, selisihnya dicatat di kolom debit neraca sisa disesuaikan.
      5. Setiap data sisa akun di neraca sisa kredit yang mengalami penyesuaian kredit, selisihnya dicatat di kolom kredit neraca sisa disesuaikan.
      6. Angka akun ikhtisar laba rugi debit dan kredit kolom penyesuaian tidak diselisihkan, tetapi langsung dipindahkan ke debit dan kredit kolom neraca sisa yang disesuaikan.

      Jika semua sisaakun sudah dicatat dan dipindahkan ke kolom neraca sisa yang telah disesuaikan,maka data sisa akun tersebut telah dapat mencerminkan keadaan sebenarnya dansudah siap untuk disajikan di dalam laporan keuangan.  
    1. Kolom laba rugi
      Data sisa akun yang terdapatpada kolom neraca sisa disesuaikan terdiri atas golongan akun riil dan golonganakun nominal. Oleh karena itu, setelah ditelaah, maka yang termasuk dalam akunnominal dipindahkan ke kolom debit atau ke kolom kredit laba rugi. Oleh karenaangka debit dan kredit akun ikhtisar laba rugi akan mempengaruhipenghitungan  laba  rugi bersih, maka angka kredit dan debit akuntersebut langsung dipindahkan ke kredit dan debit kolom laba rugi (tidakdiselisihkan).
      Setelah semua angka-angka yangtermasuk akun nominal dipindahkan ke kolom debit/ kredit laba rugi, kemudiansisi debit dan sisi kredit masing-masing dijumlahkan.  Perbedaan jumlahpada sisi debit dan sisi kredit pada kolom laba rugi ini merupakan sisa lababersih atau sisa rugi bersih. Dan jika jumlah sisi kredit lebih besar darijumlah sisi debit disebut sisa laba bersih. Selisihnya kemudian dicatat padakolom jumlah terkecil sehingga jumlah debit dan jumlah kredit kolom laba rugimenjadi sama.  
    1. Kolom neraca
Laporan neraca memuat jumlah-jumlah dari semua golonganakun riil yang terdiri atas unsur harta, kewajiban, dan modal. Oleh karena itu,semua angka akun-akun riil harus dipindahkan ke debit atau kredit pada kolomneraca, kemudian sisi debit dan sisi kredit masing-masing dijumlahkan. Perbedaan jumlah tersebut merupakan penambahan atau pengurangan atas modalkarena adanya laba bersih atau rugi bersih dari periode akuntansi yang bersangkutan.Besarnya laba bersih/ rugi bersih dicatat pada kolom neraca di sisi jumlahterkecil, sehingga jumlah debit dan kredit akan menjadi sama.  
Contoh Kertas Kerja
keterangan
Neraca saldo
Penyesuaian
N/S Disesuaikan
Laporan L/R
Neraca
Debit
Kredit
Debit
Kredit
Debit
Kredit
Debit
Kredit
Debit
Kredit

















































































































  1. Akun Ikhtisar Laba Rugi
      Ikhtisar laba rugi merupakanakun perantara untuk menutup akun-akun nominal dan persediaan barang sebelumakhirnya dipindahkan kea kun modal atau sisa laba ditahan. Persediaan barangmerupakan bagian dari harga pokok penjualan. Setiap akhir periode, jumlahpersediaan barang awal dipindahkan ke akun ikhtisar laba rugi melalui ayatjurnal penyesuaian.
      Jadi karenasistem pencatatan persedian barang dilakukan secara periodik dan akun ikhtisarlaba rugi merupakan  akun perantara dalam pencatatan persediaan barang,maka pencatatan dalam kertas kerja tidak diselisihkan. Baru pada akhir periodediperhitungkan harga pokok penjualannya.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes