Monday, April 25, 2011

Penetapan harga jual produk dan harga transfer


Kebijakan harga jual produk
Salah satu persoalan rumit yangdihadapi oleh manajemen suatu perusahaan adalah menetapkan harga jual produkperusahaan.  Harga jual produk perusahaansangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Penetapan harga jual produkmemerlukan berbagai pertimbangan yang terintegrasi. Mulai dari biaya produksi,biaya operasional, target laba yang diinginkan perusahaan, daya belimasyarakat, harga jual pesaing, kondisi perekonomian secara umum elastisitasharga produk dan sebagainya.
Metode penetapan harga jual
Secara umum terdapat beberapametode yang dapat digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk denganberbasis pada besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan, yaitu sebagaiberikut:

  1. Maksimalisasi laba
  2. Tingkat pengembalian atas modal yang digunakan
  3. Biaya konversi
  4. Marjin kontribusi, dan
  5. Biaya standar
Metode Maksimalisasi Laba
Dalam metode ini adalahmengkombinasikan antara harga jual dan volume penjualan guna mencapai hasilyang optimal terhadap laba perolehan.
Terkadang perusahaan menetapkanterlebih dahulu besarnya tingkat pengembalian atas modal yang ditanamkannyadidalam bidang usaha, sebagai dasar untuk menetukan harga jual produk yangdihasilkan perusahaan tersebut. Tingkat pengembalian yang diharapkan oleh parapenanam modal perusahaan mengharuskan perusahaan menggunakannya sebagai dasar untukmenetapkan harga jual produk yang dimiliki perusahaan.
Harga = total biaya + (tingkatpengembalian modal x modal)/volume penjualan
Metode biaya konversi
Jika perusahaan memproduksi lebihdari satu produk dengan komposisi biaya yang berbeda satu dengan lainnya makaperusahaan tersebut dapat mempertimbangkan untuk membuat pilihan produksi yang paling menguntungkan bagiperusahaan.
Metode marjin kontribusi
Marjin kontribusi adalah selisihantara harga jual dengan biaya produksi variabel yang dikeluarkan untukmenghasilkan produk tersebut.
Metode biaya standar
Jika perusahaan telah memilikibiaya standar yang dijadikan tolak ukur dalam menentukan besarnya biayaproduksi maka penentuan harga jual dapat pula ditentukan berdasarkan biayastandar yang dimiliki perusahaan.
Secara umum terdapat 4 jenisperusahaan dilihat dari reaksi yang mereka lakukan terhadap penyimpangan biayastandar, yaitu sebagai berikut:
ž  Perusahaanyang tidak merevisi standar yang telah ditetapkannya, walaupun terjadipenyimpangan didalam realisasi biaya produksi
ž  Perusahaanyang merevisi standar biaya yang telah ditetapkannya dalam batas tertentu, padasaat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
ž  Perusahaanyang merevisi standar yang telah ditetapkannya agar lebih sesuai dengan kondisiaktual, pada saat terjadi penyimpangan didalam realisasi biaya produksi
Perusahaan menggunakan hargapasar, pada saat terjadi penyimpangan terhadap realisasi biaya produksi
Metode penetapan harga pasar
Adalah sebuah metode harga yangditetapkan didalam transaksi penjualan dan pembelian diantara berbagai unitorganisasi didalam kelompok perusahaan yang sama.
Secara umum, terdapat beberapametode yang dapat digunakan dalam menetapkan harga transfer, yaitu sebagaiberikut:
  1. Harga pasar,
  2. Biaya (cost),
  3. Biaya plus (cost-plus),
  4. Negosiasi, dan
Arbitrer (arbitrary)

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes