Saturday, April 30, 2011

Perilaku Konsumen pada Pasar Konsumsi dan Pasar Bisnis


PASARKONSUMEN DAN TINGKAH LAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI
Pasar konsumen:
Semua individu dan rumah tangga yangmembeli atau memperoleh barang dan jasa untuk
konsumsi pribadi
Tingkah laku membeli konsumen:
Perilaku membeli konsumen akhir(individu dan rumah tangga) yang membeli barang serta
jasa untuk konsumsi pribadi.

. 1. Faktor-Faktor Budaya

Merupakan faktor yang memberikanpengaruh paling luas dan dalam pada tingkah
laku konsumen
a. Budaya
Kumpulan nilai- nilai dasar, persepsi,keinginan dan tingkah laku yang dipelajari
oleh seseorang anggota masyarakat darikeluarga dan lembaga penting lainnya
b. Sub Budaya
Sekelompok orang yang mempunyai sistemnilai sama berdasarkan pada pengalaman
hidup dan situasi
c. Kelas Sosial
Divisi masyarakat yang relatif permanendan teratur dengan para anggotanya
menganut nilai- nilai, minat dan tingkahlaku yang serupa

. 2. Faktor-Faktor Sosial
a. Kelompok Acuan
Dua orang/lebih yang berinteraksi untukmencapai sasaran individu atau bersama,
kelompok ini berfungsi sebagai titikperbandingan atau acuan langsung atau
tidak langsung yang membentuksikap/perilaku seseorang
Pemuka Pendapat: Orang dalam kelompokacuan yang, karena keterampilan,
kepribadian, atau karakteristik lainyang spesial
memberi pengaruh kepada orang lain
b. Keluarga
Organisasi pembelian konsumen yangpaling penting dalam masyarakat dan telah
diteliti secara mendalam
c. Peran dan Status
Peran: Terdiri dari aktivitas yangdiharapkan dilakukan sesorang menurut
orang-orang yang ada di sekitarnya
Status: Penghargaan yang diberikan olehmasyarakat

. 3. Faktor-Faktor Pribadi
a. Umur dan Tahap daur Hidup
b. Pekerjaan
c. Situasi Ekonomi
d. Gaya Hidup: Pola kehidupan seseorangyang diwujudkan dalam aktivitas,
interest dan opininya. Gaya hidup akanmencakup sesuatu yang lebih dari sekedar
kelas sosial atau keperibadian seseorangdan gaya hidup akan menampilkan
pola beraksi dan berinteraksi seseorangsecara keseluruhan di dunia.
e. Kepribadian dan Konsep diri
Kepribadian: karakteristik psikologiunik dari seseorang yang menyebabkan
respons yang relatif konsisten danbertahan lama terhadap lingkungan dirinya
sendiri.
Konsep diri: disebut juga dengan citradiri, dasar yang digunakan adalah bahwa
apa yang dimiliki seseorang memberikontribusi pada dan mencerminkan identitas
mereka, artinya: “kami adalah apa yangmenjadi milik kami”.

. 4. Faktor-Faktor Psikologi
a. Motivasi
Motivasi adalah suatu kebutuhan yangcukup untuk mendorong seseorang untuk
bertindak
b. Persepsi
Proses yang dilalui orang dalam memilih,mengorganisasikan dan mengintepretasikan
informasi guna membentuk gambaran yangberarti mengenal dunia,
bentuknya:
§ Perhatianselektif: Kecenderungan bagi manusia untuk menyaring sebagian
besar informasi yang dihadapi
§ Distorsiselektif: Menguraikan kecenderungan orang untuk mengintepretasikan
informasi dengan cara yang akanmendukung
apa yang telah diyakini
§ Ingatanselektif: Kecenderungan dalam mempertahankan informasi
yang mendukung pendirian dan kepercayaanorang
c. Pengetahuan
Perubahan dalam perilaku individual yangmuncul dari pengalaman
d. Keyakinan dan sikap
Keyakinan: pemikiran deskriptif yangdimiliki seseorang mengenai sesuatu
Sikap: Evaluasi, perasaan dankecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek
atau ide yang relatif konsisten
Peran Konsumen dalam Membeli
1. Pemrakarsa: orang yang pertamamenyarankan/mencetuskan gagasan membeli produk
tertentu
2. Pemberi Pengaruh: Orang yangpandangan/sarannya mempengaruhi keputusan membeli
3. Pengambil Keputusan: Orang yangakhirnya membuat keputusan membeli
4. Pembeli: orang yang benar-benarmelakukan pembelian
5. Pengguna: orang yangmengkonsumsi/menggunakan produk
Proses Keputusan Pembelian:
Penjelasan:
1. Pengenalan kebutuhan
Merupakan tahap pertama proses keputusanpembeli, yaitu ketika konsumen mengenali
adanya masalah atau kebutuhan.
2. Pencarian informasi
Tahap yang merangsang konsumen untukmencari informasi lebih banyak, konsumen
mungkin hanya meningkatkan perhatianatau mungkin aktif mencari informasi
Sumber-sumber informasi:
§ Sumber pribadi:keluarga, teman, tetangga, kenalan
§ Sumberkomersial: Iklan, wiraniaga, agen, kemasan, pajangan
§ Sumber publik:media massa, organisasi penilai konsumen
§ Sumberpengalaman: penanganan, pemeriksaan dan menggunakan produk
3. Evaluasi alternatif
Tahap ketika konsumen menggunkaninformasi untuk mengevaluasi merek alternatif
dan perangkat pilihan.
4. Keputusan membeli
Tahap, ketika konsumen benar-benarmembeli produk
5. Tingkah laku pasca pembelian
Tahap ketika konsumen mengambil tindakanlebih lanjut setelah membeli berdasarkan
pada rasa puas dan tidak puas
Proses Keputusan Pembeli untuk ProdukBaru
Produk baru: barang atau jasa ataugagasan yang dianggap baru oleh beberapa pelanggan
potensial. Produk tersebut mungkin sudahtersedia untuk beberapa waktu.
Proses yang akan dialami adalah prosesadopsi: Proses mental yang dilewati individu dari
pertama kali mendengar mengenai suatuinovasi sampai adopsi terakhir.
Tahap-tahapnya:
1. Kesadaran: konsumen menjadi sadarakan produk baru, tetapi kurang informasi mengenai
produk tersebut
2. Tertarik: konsumen mencari informasimengenai produk baru
3. Evaluasi: konsumen mempertimbangkanapakah masuk akal untuk mencoba produk
baru
4. Mencoba: Konsumen mencoba produk barudalam skala kecil untuk meningkatkan
perkiraannya mengenai nilai produktersebut.
5. Adopsi: konsumen memutuskan untukmenjadi pengguna produk baru sepenuhnya dan
teratur.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes