Friday, October 21, 2011

Pengertian Power Supply Unit

Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubahtegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan olehcomputer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani powersupply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.


Power Supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yangberfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.


Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkankeberbagai peralatan seperti :
• Motherboard
• Harddisk
• Floppy Disk Drive
• CD – ROM

Power supply yang berkualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yangtidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yangcukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnyaHarddisk.

Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling).Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.



Konektor 20 pin ATX
20 pin konektor ATX yang memasukkan ke dalam sebuah motherboard atx. Jikamotherboard Anda memiliki slot untuk 20 pin konektor yang diperlukan untukMotherboard.

Konektor 24 pin ATX
Beberapa motherboard memerlukan 24 pin ATX Connector. Daya pada power supply430W dan 500W, baik dengan 20 dan 24 pin konektor.


Molex Connector
Ini adalah IDE konektor yang pasokan daya ke hard drive dan cdroms.

Konektor floppy
The 4 pin konektor floppy pasokan daya ke floppy drive yang dapat di komputerAnda.

Konektor Aux
Look pada motherboard dan lihat apakah ada slot yang menerima 6 pin konektorAux. Jika ada slot untuk itu maka kemungkinan anda akan membutuhkannya.

Konektor SATA
Hard drive dan perangkat lain dengan konektor sata. Jika Anda memilikiperangkat komputer dengan koneksi sata maka anda yang membutuhkan power supplydengan konektor sata. Salah satunya adalah XPower 550 Watt Power Supply.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes