Tuesday, April 19, 2011

Akuntansi Pertanggungjawaban


AkuntansiPertanggungjawaban (responsibility accounting) adalah suatu sistemakuntansi yang mengakui berbagai pusat tanggung jawab pada kseluruhanorganisasi itu dan mencerminkan rencana dan tindakan setiap pusat tanggungjawabitu dengan menetapkan penghasilan dari biaya tertentu bagi pusat yang memilikitanggungjawab bersangkutan.
Jenis PusatPertanggungjawaban
Keseluruhanfungsi dan tingkatan manajemen, seperti yang tercantum didalam strukturorganisasi berbagai perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa jenis:
         PusatBiaya
Adalahbagian terkecil dari kegiatan atau bidang tanggung jawab untuk mengakumulasikanbiaya-biaya.
         PusatLaba
Adalahsalah satu bagian dari suatu perusahaan yang seringkali disebut sebagai suatudivisi, yang bertanggungjawab atas pendapatan maupun pengeluaran perusahaan.
         PusatInvestasi
Adalahsalah satu bagian dari organisasi perusahaan yang bertanggungjawab ataspendapatan dan biaya sekaligus dihubungkan dengan modal yang digunakan olehbagian tersebut. Dalam praktiknya, istilah pusat investasi jarang yangdigunakan oleh berbagai perusahaan yang ada.
Pelaporan
Laporanakuntansi pertanggungjawaban kepada berbagai tingkat manajemen didalam suatuperusahaan dapat dibagi menjadi laporan pelaksanaan dan laporan informasi:
  1. Laporan pelaksanaan tanggungjawab adalah laporan yang merupakan laporan tanggung-gugat (accountable) yang memiliki dua tujuan, yakni: memberikan informasi kepada manajer dan atasan mengenai pelaksanaan atau prestasi kerja dalam bidang-bidang yang ditanggungjawabkan dan mendorong para manajer dan atasan untuk mengambil tindakan langsung yang diperlukan guna memperbaiki prestasi kerja
Laporaninformasi adalah laporan yang disusun dengan maksud agar para manajermemperoleh informasi yang relevan dengan bidang mereka, walaupun tidak perluberkaitan langsung dengan tanggung jawab spesifik atau prestasi mereka.
KriteriaLaporan yang Baik
Untukmembuat laporan yang baik terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi:
  1. Ditujukan kepada pihak yang tepat
  2. Konsisten
  3. Tepat waktu
  4. Teratur
  5. Mudah dimengerti
  6. Penjelasan yang terinci
  7. Dapat dibandingkan
  8. Bersifat analitis
  9. Tingkat efisiensi 

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes