Saturday, April 30, 2011

Keputusan Produk Individual


1. Atribut Produk
o Mutu produk:Kemampuan produk untuk melaksanakan fungsinya
o Sifat-sifatproduk: Alat bersaing yang membedakan produk perusahaan dengan
produk pesaing
o Rancanganproduk: proses mendesain gaya dan fungsi produk yang menarik, mudah,
aman dan tidak mahal untuk dipergunakandan diservis, serta sederhana dan
ekonomis untuk dibuat dandidistribusikan.

2. Penetapan Merek
Merek: sebuah nama, istilah, tanda,rancangan atau kombinasi yang dimaksudkan untuk
mengenali produk, sehingga dapatdibedakan dari produk pesaing.
Nilai merek: nilai dari merekberdasarkan pada sejauh mana merek itu mempunyai
loyalitas merek, kesadaran nama merek,anggapan mutu, asosiasi merek yang
tinggi dan asset lain seperti paten,merek dagang dan hubungan distribusi.
Keputusan pemberian merek:
a. Keputusan pemberian merek
Manfaat merek bagi penjual:
o Merek memudahkanpenjual memproses pesanan dan menelusuri masalah yang
ada.
o Merek dan tandadagang penjual memberikan perlindungan hukum atas tampilan
produk yang unik
o Merek memberikesempatan bagi penjual untuk menarik pelanggan
o Merek membantupenjual melakukan segmentasi pasar
o Merek membantumembangun citra perusahaan
b. Keputusan sponsor merek
o Merek produsen:sebuah merek yang diciptakan dan dimiliki oleh produsen suatu
produk
o Merek pribadi(merek perantara, distributor, toko): merek yang diciptakan dan
dimiliki pedagang suatu produk.
o Merek campuran:kebiasaan menggunakan nama merek yang sudah terkenal dari
dua perusahaan berbeda pada produk yangsama.
c. Keputusan nama merek
o Nama individual:pemberian nama tersendiri untuk masing-masing produk
o Nama Keluargakeseluruhan untuk semua produk: semua produk yang dihasilkan
diberi nama yang sama
o Nama keluargayang berbeda untuk semua produk: pemberian merek dibedakan
pada kategori produk.
o Nama perusahaanyang dikombinasikan dengna merek produk individual: setiap
produk yang dihasilkan diberi namaperusahaan dan merek.
d. Keputusan strategi merek
o Perluasan lini:menggunakan nama merek sukses untuk memperkenalkan jenis
barang tambahan dalam kategori produktertentu dengan nama merek yang sama,
seperti aroma, bentu, warna, bahan bakuatau ukuran kemasan
o Perluasan merek:menggunakan nama merek sukses untuk meluncurkan produk
baru atau yang dimodifikasi dalamkategori baru
o Multi merek:strategi yang dipakai pedagang untuk mengembangkan 2 merek/
lebih dalam kategori produk yang sama
o Merek baru:strategi pemberian merek yang berbeda untuk produk baru yang dihasilkan
e. Keputusan penetapan ulang posisimerek
Hal ini dilakukan apabila pesaingmeluncurkan merek yang diposisikan berdekatan
dengan merek perusahaan dan menggerogotipangsa pasar atau keinginan pelanggan
mungkin bergeser, sehingga merekperusahaan kurang disukai lagi.
3. Pengemasan
Adalah aktivitas merancang dan membuatwadah atau pembungkus untuk suatu produk.
Fungsi penggunaan sebagai alatpemasaran:
a. Swalayan: Semakin banyak produk yangdijual secara swalayan sehingga kemasan
yang efektif harus berpesan sebagai “Iklanlima detik”
b. Kemampuan konsumen: konsumen bersediamembayar lebih banyak untuk Kenyamanan,
penampilan, keandalan dan prestise darikemasan yang lebih baik.
c. Citra perusahaan dan merek:perusahaan mengakui kekuatan kemasan yang terancang
baik akan menghasilkan pengakuanseketika atas perusahaan dan merek.
d. Kesempatan inovasi: pengemasan yanginovatif dapat memberikan manfaat besar
bagi konsumen dan laba bagi produsen.
4. Pemberian Label
Adalah pemberian keterangan pada produkyang dihasilkan, meliputi:
a. Identifikasi produk/merek
b. Mengklasifikasi produk
c. Menguraikan beberapa hal mengenaiproduk
d. Mempromosikan produk dengan gambaryang menarik
5. Layanan Purna Jual
Adalah pelayanan yang merupakan tambahanpada produk aktual.
Mengingat pentingnya layanan pelanggansebagai alat pemasaran, banyak perusahaan
yang menetapkan layanan kepada pelangganuntuk mena ngani keluhan, jasa kredit, pemeliharaan,
pelayanan teknis dan informasi konsumen.


Keputusan Lini Produk
Lini produk: Kelompok produk yangberhubungan erat karena fungsinya serupa, dijual
kepada kelompok pelanggan yang sama,dipasarkan lewat jenis toko yang
sama, dan masuk dalam kisaran harga yangsudah ada.
Panjang lini produk
Manajer lini produk harus memutuskanseberapa panjang lini produk. Lini produk terlalu
pendek, bila manajer dapat menambah labadengan menambah jenis produk. Dan lini produk
terlalu panjang, bila manajer dapatmeningkatkan laba dengan mengurangi lini produk.
 (Memperpanjangke bawah) (memperpanjang ke atas) (Memperpanjang ke dua arah)
Mengisi lini produk, alasannya:
1. Mencari laba tambahan
2. Mencoba memuaskan agen penjual yangmengeluh kehilangan penjualan, karena tidak
adanya produk dalam lini tersebut.
3. Mencoba menggunakan kapasitas lebih
4. Mencoba menjadi perusahaan semua liniyang memimpin
5. Mencoba mengisi lubang agar pesaingtidak masuk.
Modernisasi lini produk: mempermudahtampilan produk agar sesuai dengan perkembangan
jaman.
Menonjolkan lini produk: memilih satuatau beberapa produk untuk menjadi unggulan.
Keputusan Bauran Produk
Bauran produk: kumpulan semua lini danjenis produk yang ditawarkan oleh penjual agar
dibeli oleh pembeli, meliputi:
1. Lebar bauran produk: mengacu padajumlah lini produk berbeda yang ditawarkan perusahaan
2. Panjang bauran produk: mengacu padajumlah seluruh jenis barang yang dibuat perusahaan
3. Dalam bauran produk: merujuk padajumlah versi yang ditawarkan dari setiap produk
dalam lini
4. Konsistensi bauran produk: merujukpada sebesarapa dekat hubungan berbagai lini produk
dalam pemakaian akhir, persyaratanproduksi, saluran distribusi atau dengan hal
cara lain
Strategi PengembanganProduk Baru
Adalah pengembangan produk asli,perbaikan produk, modifikasi produk dan merek baru
lewat usaha litbang milik perusahaansendiri;
Tahap-tahap pengembangan produk baru:
1. Penggalian gagasan
Pencarian gagasan produk baru secarasistematis melalui sumber internal, pelanggan,
pesaing, distributor, pemasok dan lain-lain.
2. Penyaringan gagasan
Menyaring gagasan produk baru, agardapat mengenali yang baik dan mengesampingkan
yang jelek sedini mungkin
3. Pengembangan dan pengujian konsep
o PengembanganKonsep
Gagasan bahwa konsumen sakan menyukaiproduk yang mempunyai mutu, prestasi
kerja dan sifat-sifat paling baik, olehkarena itu organisasi seharusnya mencurahkan
energinya untuk terus-menerus melakukanperbaikan produk
o Pengujian Konsep
Pengujian konsep produk baru dengankelompok konsumen sasaran untuk mengetahui
apakah konsep itu mempunyai daya tarikkuat terhadap konsumen
4. Pengembangan strategi pemasaran
Merancang strategi pemasaran awal untukproduk baru berdasarkan konsep produk
5. Analisis bisnis
Tinjauan ulang penjualan, biaya danproyeksi laba dari produk baru untuk mengetahui
apakah faktor-faktor ini akan memenuhisasaran perusahaan
6. Pengembangan produk
Strategi untuk pertumbuhan perusahaandengan menawarkan produk baru atau yang
dimodifikasi ke segmen yang sekarang
7. Uji pemasaran
Tahap pengembangan produk baru, ketikaproduk dan program pemasaran diujikan
dalam keadaan pasar yang lebih realistis
8. Komersialisasi
Memperkenalkan produk baru ke pasar
Strategi Daur Hidup Produk
Daur hidup produk: perjalanan dan labasuatu produk dalam masa hidupnya
Tahap daur hidup produk:
1. Tahap perkenalan
Tahap di mana produk baru pertama kalididistribusikan dan tersedia untuk dibeli
2. Tahap pertumbuhan
Tahap di mana ditandai denganmeningkatnya penjualan yang cepat
3. Tahap menjadi dewasa
Tahap di mana ditandai denganmelambatnya atau menurunnya pertumbuhan penjualan
produk
4. Tahap menurun
Tahap di mana ditandai dengan penjualan yang semakinmenurun.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes