Sunday, May 8, 2011

Pengertian Komunikasi Bisnis


      Pengertian : Communication Communicatio [bhs Latin].Bersumber juga dari kata Communis = Sama [sama makna]
      KOMUNIKASI AKANBERLANGSUNG APABILA ADA KESAMAAN MAKNA.
      Kesamaan Bahasasaja belum tentu menimbulkan kesamaan makna.




      PENTINGNYAMAKNA
        Komunikasidikatakan komunikatif apabila kedua belah pihak selain mengerti bahasa yangdipergunakan, juga mengerti MAKNA dari bahan yang dipercakapkan.

        KEGIATANKOMUNIKASI TDK HANYA INFORMATIF [agar pihak lain MENGERTI danTAHU tetapi
        PERSUASIF [agar pihak lain bersedia menerima suatu PAHAM atauKEYAKINAN, melakukan suatu perbuatan atau kegiatan].


      CARL I. HOVLAND
       Upaya yangsistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian sertapembentukan pendapat dan sikap.
       Obyek studiilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukanpendapat umum [public opinion] dan sikap publik [public attitude].
       Definisi khusus: komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain [communication isthe process to modify the behavior of other individuals].


      HAROLD D.LASWELL
        Solusi terbaikdalam menjawab pertanyaan WHO SAYS WHAT IN WHICH CHANNEL TO WHOM WITH WHATEFFECT?
        Teori Laswellini dikenal dengan formula 5 W + 1 H
        Paradigma tsbmenunjukkan bahwa komunikasi meliputi 5 unsur sebagai jawaban dari pertanyaanyang diajukan itu, yakni :
         •Komunikator = who [communicator, source, sender]
         • Pesan= says what [message]
         • Media= in which channel [channel, media]
         •Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
         • Efek [effect,impact, influence]

      WILBUR SCHRAMM
       Ahli Komunikasiterkemuka dengan karya monumentalnya ”communication research in the USA”
       Komunikasi akanberhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator sesuai dengan kerangkaacuan [frame of reference]  >  paduan pengalaman dan pengertian [collectionof experiences and meanings] yang pernah diperoleh komunikan.

      KESIMPULAN
     Komunikasiadalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui mediayang menimbulkan efek tertentu.

      PROSESKOMUNIKASI
        Ada dua tahap :Primer dan Sekunder

        ProsesKomunikasi secara primer
        Prosespenyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain denganmenggunakan lambang [symbol] sebagai media*.
     * bahasa, kial [gesture],isyarat, gambar, warna, dan sebagainya.
     Paling banyakdigunakan adalah bahasa, karena mampu menerjemahkan* pikiran sesorangkpd orang lain.
     * idea,informasi atau opini.

        Kata-katamengandung dua jenis pengertian :
         -Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary     meaning]
         -Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/      kiasan [emotional or evaluate meaning]


      BAHASA
     BAHASA MEMEGANGPERANAN PENTING DALAM PROSES KOMUNIKASI.

      PROSESKOMUNIKASI
       ProsesKomunikasi Secara Sekunder
       Prosespenyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atausarana* sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
       Dipakai karenarelatif jauh atau jumlahnya banyak. Sarana itu bisa berupa : surat, telepon,fax, koran, majalah, radio, TV, film, e-mail, internet, dan sebagainya.



      Perkembanganmasyarakat beserta peradaban dan kebudayaan > mediated
         communication [komunikasi bermedia/ koran/radio/tv/internet, danlain-lain > jangkauan luas/efektif efisien untuk pesan-pesan yg bersifatinformatif]

      BentukKomunikasi
      KomunikasiPribadi [Personal Communication]
         Komunikasi intrapribadi [intrapersonalcommunication]
         Komunikasi antarpribadi [interpersonalcommunication]


       KomunikasiKelompok [Group Communication]
         Komunikasi kelompok kecil [small groupcommunication] Ceramah [lecture], diskusi panel [paneldiscussion], simposium [symposium], forum, seminar, curah saran [brainstorming], komunikasi antara manager dengan sekelompok karyawan.
         Komunikasi kelompok besar [large groupcommunication] Public speaking, retorika


      KomunikasiMassa [Mass Communications]
         Pers cetak [koran, majalah, tabloid]
         Pers elektronik [radio, tv, film]
         Pers digital [internet : www.detik.com, www.jurnalnasional.com,www.berpolitik.com, www.kompas.com,
         www.jawapos.com


      Komunikasimedio [Medio communication]
         Surat, telepon, e-mail, pamflet, poster,brosur, spanduk, dan lain-lain.

      Sifatkomunikasi
       Tatap muka [faceto face]
         Bermedia [mediated]
         Verbal [verbal]
         - Lisan [oral]
         -Tulisan/ cetak [written/ printed]
         Nonverbal [non-verbal]
         - kial/isyarat badaniah [gestural]
         -bergambar [pictorial] , facial expressions, spatial relationship

      MetodeKomunikasi
        Jurnalistik [journalism]
         - cetak [printedjournalism]
         -elektronik [electronic journalism]
         -Digital [digital journalism]
        Humas [publicrelation]
        Periklanan [advertising]
        Pameran [exhibition/exposition]
        Publisitas [publicity]
        Propaganda
        Perang uratsaraf [psychological
        Penerangan [information]

      TeknikKomunikasi
      Komunikasiinformatif [informative communication]
      Komunikasipersuasif [persuasive communication]
      Komunikasiinstruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
      Hubunganmanusiawi [human relation]

      TujuanKomunikasi
      Perubahan sikap[attitude change]
      Perubahanpendapat [opinion change]
      Perubahanperilaku [behaviour change]
      Perubahansosial [social change]

      FungsiKomunikasi
      Menyampaikaninformasi/penyebaran[to inform]
      Mendidik [toeducate]
      Menghibur [toentertain]
      Mempengaruhi [toinfluence]

      ModelKomunikasi
      Komunikasi satutahap [one step flow communication]
      Komunikasi duatahap [two step flow communication]
      Komunikasimultitahap [multi step flow communication]

      BidangKomunikasi
        Komunikasisosial [social communication]
        Komunikasimanajemen/ organisasional [management/ organizational communication]
        Komunikasiperusahaan/bidang usaha [business communication]
        Komunikasipolitik [political communication]
        Komunikasiinternasional [international communication]
        Komunikasiantarbudaya [intercultural communication]
        Komunikasipembangunan [development communication]
        Komunikasilingkungan [environmental communication]
Komunikasitradisional [traditional communication].

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes