Sunday, May 8, 2011
komunikasi Dalam Organisasi
3:50 AM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
1. PENGANTAR
Organisasi atau Organizationatau bersumber dari kata kerja bahasa Latin Organizare : to form as or into a whole consistingof interdependent or coordinated parts [membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan daribagian-bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi]
Evert M. Rogers dan Rekha AgarwalaRogers dalam bukunya Communications in Organization
"a stable system of individuals who work togatherto achieve, through a hierarchy of ranks and division of labour, common goals"
[Suatu sistem yang mapan dari merekayang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjangkepangkatan dan pembagian tugas]
Robert Bonnington dan Berverd E.Needles, Jr. dalam bukunya Modern Business : A Systems Approach
Organization is the means by whichmanagement coordinates material and human resources through the design of aformal structure of tasks and authority
[Organisasi adalah sarana dimana manajemenmengkoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola strukturformal dari tugas-tugas dan wewenang]
Ditinjau dariaspek Business, organisasi adalah sarana manajemen [ditinjau dari aspekkegiatannya, bukan struktur].
" Tujuan organisasi TIDAK MUNGKIN tercapai tanpamanajemen.
" Manajemen TIDAK MUNGKIN ada tanpa organisasi.Manajemen ada, jika ada tujuan yang akan dicapai atau diselesaikan.
Korelasi antaraIlmu Komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokuskepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.
" Bentuk komunikasi apa yang terjadi
" Metode dan teknik apa yang dipakai
" Media apa yang dipakai
" Bagaimana prosesnya, dan faktor apa saja
penghambatnya
Tujuan utama dalam mempelajarikomunikasi adalah memperbaiki organisasi. Memperbaiki organisasi biasanyaditafsirkan sebagai “memperbaiki hal-hal untuk mencapai tujuan manajemen”.Dengan kata lain, orang mempelajari komunikasi organisasi organisasi untukmenjadi menajer yang lebih baik. Sebagian penulis berpendapat bahwa manajemenadalah komunikasi. Seringkali teori tradisional dan petunjuk mengenaiorganisasi dan komunikasi organisasi ditulis dari suatu perspektif manajerialdan sangat menekankan suatu pandangan obyektif.
Karenanya, saya memandang studikomunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangansumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yangberorientasikan manusia dalam organisasi.
Definisi Fungsional KomunikasiOrganisasi
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan danpenafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatuorganisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasidalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalamsuatu lingkungan.
Gambar di bawah ini melukiskan konsepsuatu sistem komunikasi organisasi. Garis yang putus-putus melukiskan gagasanbahwa hubungan-hubungan ditentukan secara alami; hubungan-hubungan itu jugamenunjukkan bahwa struktur suatu organisasi bersifat luwes dan mungkin berubahsebagai respons terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan yang internal daneksternal.
Komunikasiorganisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatujabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnyaadalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisis komunikasiorganisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secarasimultan.
Unit Komunikasi
Suatu sistemdidefinisikan oleh Pool [1973] sebagai “setiap entitas berkelanjutan yang mampuberada dalam dua keadaan atau lebih” . Dalam suatu sistem komunikasi, keadaanitu adalah hubungan antara orang-orang. Dalam suatu sistem komunikasiorganisasi keadaan tsb adalah hubungan antara orang-orang dalamjabatan-jabatan [posisi-posisi] . Unit mendasar komunikasi organisasiadalah seseorang dalam suatu jabatan. Orang bisa disosialisasikan oleh jabatan,menciptakan suatu lingkaran yang lebih sesuai dengan keadaan jabatan, pada saatyang sama jabatan tsb dipersonalisasikan, menghasilkan suatu figur atau gambaryang sesuai dengan keadaan orang tsb.
Bila kita melihat apa yang terjadiketika seseorang terlibat dalam komunikasi, kita menemukan bahwa terdapat duabentuk umum tindakan yang terjadi :
1. Penciptaan pesan atau, lebihtepatnya, penciptaan pertunjukkan [to display menurut Random HouseDictionary of The English Language 1987 : anda membawa sesuatu untukdiperhatikan seseorang atau orang lain; menyebarkan seseuatu sehingga sesuatutsb dapat terlihat secara lengkap dan menyenangkan] .
2. Penafsiranpesan atau penafsiran pertunjukkan [to intepret : menguraikan atau memahamisesuatu dengan suatu cara tertentu].
Gambar 1.2 melukiskan kedua proses ini dengan membagi orang yangberperilaku tersebut dengan garis bergerigi
Contoh : Ketikaanda berpakaian warna merah di pagi hari, anda menciptakan pertunjukkan bagidiri anda sendiri. Anda menempatkan diri anda sendiri, atau setidaknya apa yanganda rasa anda pikirkan mengenai diri anda sendiri, sehingga terpandang jelas.Anda menempatkan diri anda sendiri dalam suatru posisi yang menyenangkan bagipengamatan tertentu. Pakaian anda, perhiasan, dan hiasan wajahmerepresentasikan diri anda sendiri kepada orang lain.
Ada aksioma komunikasi yang berbunyi“seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi [A person cannot not communicate]”[Smith and Williamson, 1977, hlm. 61].
Secara teknis, seseorang tidak dapatmenghindari untuk menunjukkan pesan. Apa yang anda tunjukkan atau tempatkansehingga terlihat jelas memang merepresentasikan anda. Anda adalah “suatupertunjukkan pesan yang berjalan”. Hal yang sama dapat diterapkan kepada kantoratau hotel anda. Kantor atau hotel adalah suatu pertunjukkan-pesan bagi merekayang mengunjunginya
2. PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
KOMUNIKASI INTERNAL
Pertukaran gagasan di antara paraadministrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yangkhas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalamperusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen] [lihat skemaInternal Audience]
Labels:
Komunikasi Bisnis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
May
(180)
- ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- ANALISIS PROBABILITAS
- PEMETAAN KOGNISIA. Peta Kognisi 1Pemetaan kognisi ...
- Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
- Pengantar Manajemen Sains
- Sumber penolakan
- MANAJEMEN PERUBAHAN
- EVALUASI PRESTASI
- PROSES SELEKSI
- Peramalan tenaga kerja
- Manajemen Koordinasi Merchandise dan Toko
- Sentralisasi dan Desentralisasi
- Sumber Daya Manusia Tiga Serangkai
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Pemutusan Hubungan Karyawan
- Pengembangan Karier
- Pemberian balas jasa dan penghargaan
- Penilaian Pelaksanaan Kerja/ Prestasi Kerja
- Latihan dan Pengembangan SDM
- Pengenalan dan Orientasi
- Seleksi
- Penarikan SDM (Rekruitmen)
- Perencanaan Sumber Daya Manusia
- Tantangan-tantangan yang dihadapi Manajemen SDM
- Pendekatan-pendekatan masalah personalia /SDM
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Mitos Neoliberalisme /Pasar Bebas
- Sistem Perekonomian Kapitalisme, sosialisme dan Ko...
- Sistem Ekonomi Neoliberalisme
- Sejarah Pasar Bebas
- Akuntansi Biaya
- LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI
- Perusahaan Industri (manufactur)
- Teori Nilai Tambah
- Keuangan Negara & Daerah
- Pajak Penghasilan (Pph)
- Jenis-Jenis Pajak
- Pajak
- Dasar Hukum Pajak
- Asas Pemungutan Pajak
- Teori Pemungutan Pajak
- Dasar Pengenaan Pajak
- Tarif Pajak
- Teori Pajak
- Teori Pajak Penghasilan (Pph)
- Teori Pajak Bumi & Bangunan
- Hubungan NPWP dengan NPPKP
- SPT (Surat Pemberitahuan)
- Sistem Pemungutan Pajak
- Stelsel Pajak & Asas Pemungutan Pajak
- Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP)
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- PENGANTAR PERPAJAKAN
- Pengertian Badan Usaha
- Pengertian Koperasi
- TATA CARA MENDIRIKAN KOPERASI
- ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI
- PRINSIP-PRINSIP KOPERASI
- PERKEMBANGAN KOPERASI PADA MASA ORDE BARU
- PERKEMBANGAN KOPERASI DALAM SISTEM EKONOMI TERPIMPIN
- PERTUMBUHAN KOPERASI SETELAH KEMERDEKAAN
- AWAL PERTUMBUHAN KOPERASI INDONESIA
- Sejarah Koperasi
- STRUKTUR PASAR & LABA MAKSIMUM
- TEORI BIAYA PRODUKSI
- TEORI PRODUKSI
- Pengertian Indifference curve & Budget Line Curve
- TEORI PERILAKU KONSUMEN
- Pengertian Elastisitas Permintaan
- Intervensi Pemerintah
- Pengertian Harga Keseimbangan
- Hukum Permintaan dan Penawaran
- Pengertian Ilmu Ekonomi
- PENGERTIAN KRISIS EKONOMI GLOBAL
- Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
- Dua dimensi komunikasi internal
- komunikasi Dalam Organisasi
- Pengantar Komunikasi
- Komunikasi Lintas Budaya
- Pengertian Komunikasi Bisnis
- Proses Komunikasi
- Mengumpulkan Informasi
- Presentasi Lisan yang Efektif
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- Pengertian Konflik
- Pengertian Komunikasi Nonverbal
- Komunikasi Bisnis
- Pengertian Persepsi
- Pengertian Komunikasi
- Pengorganisasian Pesan-pesan Bisnis
- Pengertian Perencanaan Pesan-pesan Bisnis
- Komunikasi Lintas Budaya
- memimpin dan berpartisipasi dalam konferensi
- Menyimak Dalam Presentasi
- Presentasi, Pembukaan & Diskusi
- Speaking and oral reporting
- UU RI No 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi
- Manajemen & Organisasi Koperasi Jasa Keuangan Sya...
- Pengaruh, Prospek dan Kendala BMT di Indonesia
- Peraturan Hukum BMT
-
▼
May
(180)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
May
(180)
- ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- ANALISIS PROBABILITAS
- PEMETAAN KOGNISIA. Peta Kognisi 1Pemetaan kognisi ...
- Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
- Pengantar Manajemen Sains
- Sumber penolakan
- MANAJEMEN PERUBAHAN
- EVALUASI PRESTASI
- PROSES SELEKSI
- Peramalan tenaga kerja
- Manajemen Koordinasi Merchandise dan Toko
- Sentralisasi dan Desentralisasi
- Sumber Daya Manusia Tiga Serangkai
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Pemutusan Hubungan Karyawan
- Pengembangan Karier
- Pemberian balas jasa dan penghargaan
- Penilaian Pelaksanaan Kerja/ Prestasi Kerja
- Latihan dan Pengembangan SDM
- Pengenalan dan Orientasi
- Seleksi
- Penarikan SDM (Rekruitmen)
- Perencanaan Sumber Daya Manusia
- Tantangan-tantangan yang dihadapi Manajemen SDM
- Pendekatan-pendekatan masalah personalia /SDM
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Mitos Neoliberalisme /Pasar Bebas
- Sistem Perekonomian Kapitalisme, sosialisme dan Ko...
- Sistem Ekonomi Neoliberalisme
- Sejarah Pasar Bebas
- Akuntansi Biaya
- LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI
- Perusahaan Industri (manufactur)
- Teori Nilai Tambah
- Keuangan Negara & Daerah
- Pajak Penghasilan (Pph)
- Jenis-Jenis Pajak
- Pajak
- Dasar Hukum Pajak
- Asas Pemungutan Pajak
- Teori Pemungutan Pajak
- Dasar Pengenaan Pajak
- Tarif Pajak
- Teori Pajak
- Teori Pajak Penghasilan (Pph)
- Teori Pajak Bumi & Bangunan
- Hubungan NPWP dengan NPPKP
- SPT (Surat Pemberitahuan)
- Sistem Pemungutan Pajak
- Stelsel Pajak & Asas Pemungutan Pajak
- Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP)
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- PENGANTAR PERPAJAKAN
- Pengertian Badan Usaha
- Pengertian Koperasi
- TATA CARA MENDIRIKAN KOPERASI
- ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI
- PRINSIP-PRINSIP KOPERASI
- PERKEMBANGAN KOPERASI PADA MASA ORDE BARU
- PERKEMBANGAN KOPERASI DALAM SISTEM EKONOMI TERPIMPIN
- PERTUMBUHAN KOPERASI SETELAH KEMERDEKAAN
- AWAL PERTUMBUHAN KOPERASI INDONESIA
- Sejarah Koperasi
- STRUKTUR PASAR & LABA MAKSIMUM
- TEORI BIAYA PRODUKSI
- TEORI PRODUKSI
- Pengertian Indifference curve & Budget Line Curve
- TEORI PERILAKU KONSUMEN
- Pengertian Elastisitas Permintaan
- Intervensi Pemerintah
- Pengertian Harga Keseimbangan
- Hukum Permintaan dan Penawaran
- Pengertian Ilmu Ekonomi
- PENGERTIAN KRISIS EKONOMI GLOBAL
- Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
- Dua dimensi komunikasi internal
- komunikasi Dalam Organisasi
- Pengantar Komunikasi
- Komunikasi Lintas Budaya
- Pengertian Komunikasi Bisnis
- Proses Komunikasi
- Mengumpulkan Informasi
- Presentasi Lisan yang Efektif
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- Pengertian Konflik
- Pengertian Komunikasi Nonverbal
- Komunikasi Bisnis
- Pengertian Persepsi
- Pengertian Komunikasi
- Pengorganisasian Pesan-pesan Bisnis
- Pengertian Perencanaan Pesan-pesan Bisnis
- Komunikasi Lintas Budaya
- memimpin dan berpartisipasi dalam konferensi
- Menyimak Dalam Presentasi
- Presentasi, Pembukaan & Diskusi
- Speaking and oral reporting
- UU RI No 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi
- Manajemen & Organisasi Koperasi Jasa Keuangan Sya...
- Pengaruh, Prospek dan Kendala BMT di Indonesia
- Peraturan Hukum BMT
-
▼
May
(180)
0 comments:
Post a Comment