Friday, May 6, 2011
Komunikasi Lintas Budaya
3:01 PM | Posted by
bowosukses |
Edit Post
A. Pengertian Komunikasi Lintas Budaya
Secarasederhana, komunikasi bisnis lintas budaya adalah komunikasi yang digunakandalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal denganmemperhatikan faktor-faktor budaya di suatu daerah, wilayah, atau negara.Pengertian lintas budaya dalam hal ini bukanlah semata-mata budaya asing(internasional), tetapi juga budaya daerah yang tumbuh dan berkembang diberbagai daerah dalam wilayah
suatu negara.Sebagaimanadiketahui, setiap daerah yang ada di Indonesia ini memiliki budaya yang tidakdimiliki oleh daerah lainnya, seperti bagaimana mereka memanfaatkan waktu yangada, bagaimana mereka bekerja, bagaimana mereka meyakini atau mempercayaisesuatu yang sudah turun menurun dari nenek moyang mereka.
Apabila parapelaku bisnis akan melakukan ekspansi bisnisnya ke daerah lain atau negaralain, pemahaman budaya di suatu daerah atau negara tersebut menjadi sangatpenting artinya, termasuk bagaimana memahami produk-produk musiman pada suatunegara. Hal ini dimaksudkan agar jangan sampai terjadi kesalahan baik terhadapbagaimana masyarakat suatu negara bersikap dan berperilaku dalam kehidupansehari-hari.
B. Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya
Era yangditandai dengan semakin meluasnya berbagai produk dan jasa termasuk teknoogikomunikasi ini, menyebabkan pertukaran informasi dari suatu negara ke negaralain semakin leluasa, sehingga seolah dunia tidak lagi terikat dengansekat-sekat yang membatasi wilayah suatu negara. Contoh sederhananya adalahmasuknya sejumlah produk dan jasa dari luar negeri yang dapat dikonsumsi olehkonsumen di tanah air, seperti makanan cepat saji, minuman ringan, mainan anak,pakaian, dan perlengkapan komunikasi.
Dalam menyikapiera perdagangan bebas dan globalisasi, perusahaan besar mencoba melakukanbisnis secara global. Pada umumnya, perusahaan besar yang beroperasi di tanahair menggunakan konsultan asing untuk membantu mengembangkan perusahaan mereka.Begitu pula dengan perusahaan besar di tanah air yang mengembangkan bisnisnyake berbagai negara.
C. Memahami Budaya dan Perbedaannya
Setiap oranghidup, tumbuh, dan berkembang dalam suatu kelompok tertentu. Merekamasing-masing menerapkan suatu aturan maupun perilaku yang sesuai denganbudayanya. Contoh sederhananya adalah penampilan, cara berpakaian, danberbicara diantara kelompok masing-masing akan berbeda.
I. DefinisiBudaya
Beberapa definisi tentang budaya:
a. MenurutLehman, Himstreet, dan Baty, budaya diartikan sebagai sekumpulan pengalamanhidup yang ada dalam masyarakat mereka sendiri.
b. MenurutHofstede, budaya diartikan sebagai pemrograman kolektif atas pikiran yangmembedakan anggota suatu kategori orang dari kategori lainnya.
c. MenurutBovee dan Thill, budaya adalah system sharing atas simbol, kepercayaan, sikap, nilai,harapan, dan norma untuk berperilaku.
d. MenurutMurphy dan Hilldebrandt, budaya diartikan sebagai tipikal karakteristikperilaku dlam suatu kelompok.
e. MenurutMitchel, budaya merupakan seperangkat nilai inti, kepercayaan, standar,pengetahuan, moral, hukum, dan perilaku yang disampaikan oleh individu danmasyarakat, yang menentukan bagaimana seseorang bertindak, berperasaan, danmemandang dirinya serta orang lain.
Berdasarkan beberapa pengertian budaya tersebut, adabeberapa hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain bahwa budaya mencakupsekumpulan pengalaman hidup, pemrograman kolektif, system sharing, dan tipikalkarakteristik perilaku setiap individu yang ada dalam suatu masyarakat,termasuk didalamnya tentang bagaimana sistem nilai, norma, simbol, dankepercayaan atau keyakinan mereka masing-masing.
II. KomponenBudaya
Menurut Cateora, budaya memiliki beberapa elemen,yaitu budaya material, lembaga sosial, sistem kepercayaan, estetika, danbahasa.
Budaya material(material culture), dibedakan ke dalam 2 bagian, yaitu teknologi dan ekonomi.Teknologi mencakup teknik atau cara yang digunakan untuk mengubah ataumembentuk material menjadi suatu produk yang dapat berguna bagi masyarakat padaumumnya. Sedangkan ekonomi adalah suatu cara orang menggunakan segalakemampuannya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupunorang lain.
Organisasisosial (social institution) dan pendidikan adalah suatu lembaga yangberkaitan dengan cara bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain, mengorganisasikankegiatan mereka untuk dapat hidup secara harmonis dengan yang lain.
Sistemkepercayaan atau keyakinan(belief systems) yang dianut oleh suatu masyarakat akan berpengaruh terhadapsistem nilai yang ada di masyarakat tersebut.
Estetika(aesthetics) berkaitan dengan seni, dongen, hikayat, musik, drama, dantari-tarian. Nilai estetika yang ditunjukkan masyarakat dalam berbagai perantentunya perlu dipahami secara benar, agar pesan yang disampaikan mencapaisasaran secara efektif.
Bahasa (language)adalah suatu cara yang digunakan dalam mengungkapkan sesuatu melalui simboltertentu kepada orang lain. Bahasa juga merupakan saah satu komponen budayayang paling sulit dipahami.
III. TingkatanBudaya
Masing-masing tingkatan budaya dapat dijelaskansebagai berikut:
a. Formal,merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh suatu masyarakat yangturun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya dan hal itu bersifatformal atau resmi.
b. Informal,budaya lebih banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasiberikutnya melalui apa yang didengar, dilihat, digunakan, dan dilakukan, tanpadiketahui alasannya mengapa hal itu dilakukan.
c. Teknis,pada tingkatan ini bukti dan aturan merupakan hal terpenting. Terdapat suatupenjelasan yang logis mengapa sesuatu harus dilakukan da yang lain tidak bolehdilakukan.
IV. MengenalPerbedaan Budaya
Dalam era globalisasi ketika banyak perusahaan asingyang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia, diperlukan pemahaman yang baik danbenar terhadap budaya dalam suatu negara. Hal ini sangat diperlukan untukmenghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Perbedaan budaya dapat dilihatdari :
a. Nilai-nilaisosial
b. Perandan Status
c. PengambilanKeputusan
d. KonsepWaktu
e. KonsepJarak Komunikasi
f. KonteksBudaya
g. BahasaTubuh
h. PerilakuSosial
i. PerilakuEtis
j. PerbedaanBudaya Perusahaan
D. Komunikasi dengan Orang Berbudaya Asing
I. Belajartentang Budaya
Ketika merencanakan untuk melakukan bisnis denganorang yang memiliki budaya berbeda, seseorang akan dapat berkomunikasi secaraefektif bila ia telah mempelajari budayanya. Lagipula, ketika merencanakanuntuk tinggal di negara lain, ia tentunya juga sudah mempersiapkan bahasa yangharus dikuasainya.
Di samping belajar bahasa, Anda juga harus membaca buku dan artikeltentang budaya asing tersebut, dan selanjutnya menanyakan secara langsungkepada mitra bisnis Anda. Usahakan agar Anda berkonsentrasi belajar padamasalah yang berkaitan dengan sejarah budaya, agama, politik, nilai, dan adatistiadat.
II. MengembangkanKeterampilan Komunikasi Lintas Budaya
Mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh seseorangtentang budaya tertentu sebenarnya merupakan suatu cara yang baik untukmenemukan bagaimana mengirim dan menerima pesan-pesan lintas budaya secaraefektif. Namun, jangan terlalu yakin bahwa seseorang akan dapat memahami budayaorang lain secara utuh dan jangan mudah terbawa kepada pola generalisasiterhadap perilaku seseorang dan budaya yang berbeda.
Mempelajari keterampilan komunikasi lintas budaya padaumumnya aka membantu seseorang beradaptasi dalam setiap budaya, khususnya jikaseseorang berhubungan dengan orang lain yang memiliki budaya berbeda.
Labels:
Komunikasi Bisnis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Sample Text
Kategori
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Social Profiles
Arsip Blog
-
▼
2011
(773)
-
▼
May
(180)
- ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- ANALISIS PROBABILITAS
- PEMETAAN KOGNISIA. Peta Kognisi 1Pemetaan kognisi ...
- Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
- Pengantar Manajemen Sains
- Sumber penolakan
- MANAJEMEN PERUBAHAN
- EVALUASI PRESTASI
- PROSES SELEKSI
- Peramalan tenaga kerja
- Manajemen Koordinasi Merchandise dan Toko
- Sentralisasi dan Desentralisasi
- Sumber Daya Manusia Tiga Serangkai
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Pemutusan Hubungan Karyawan
- Pengembangan Karier
- Pemberian balas jasa dan penghargaan
- Penilaian Pelaksanaan Kerja/ Prestasi Kerja
- Latihan dan Pengembangan SDM
- Pengenalan dan Orientasi
- Seleksi
- Penarikan SDM (Rekruitmen)
- Perencanaan Sumber Daya Manusia
- Tantangan-tantangan yang dihadapi Manajemen SDM
- Pendekatan-pendekatan masalah personalia /SDM
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Mitos Neoliberalisme /Pasar Bebas
- Sistem Perekonomian Kapitalisme, sosialisme dan Ko...
- Sistem Ekonomi Neoliberalisme
- Sejarah Pasar Bebas
- Akuntansi Biaya
- LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI
- Perusahaan Industri (manufactur)
- Teori Nilai Tambah
- Keuangan Negara & Daerah
- Pajak Penghasilan (Pph)
- Jenis-Jenis Pajak
- Pajak
- Dasar Hukum Pajak
- Asas Pemungutan Pajak
- Teori Pemungutan Pajak
- Dasar Pengenaan Pajak
- Tarif Pajak
- Teori Pajak
- Teori Pajak Penghasilan (Pph)
- Teori Pajak Bumi & Bangunan
- Hubungan NPWP dengan NPPKP
- SPT (Surat Pemberitahuan)
- Sistem Pemungutan Pajak
- Stelsel Pajak & Asas Pemungutan Pajak
- Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP)
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- PENGANTAR PERPAJAKAN
- Pengertian Badan Usaha
- Pengertian Koperasi
- TATA CARA MENDIRIKAN KOPERASI
- ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI
- PRINSIP-PRINSIP KOPERASI
- PERKEMBANGAN KOPERASI PADA MASA ORDE BARU
- PERKEMBANGAN KOPERASI DALAM SISTEM EKONOMI TERPIMPIN
- PERTUMBUHAN KOPERASI SETELAH KEMERDEKAAN
- AWAL PERTUMBUHAN KOPERASI INDONESIA
- Sejarah Koperasi
- STRUKTUR PASAR & LABA MAKSIMUM
- TEORI BIAYA PRODUKSI
- TEORI PRODUKSI
- Pengertian Indifference curve & Budget Line Curve
- TEORI PERILAKU KONSUMEN
- Pengertian Elastisitas Permintaan
- Intervensi Pemerintah
- Pengertian Harga Keseimbangan
- Hukum Permintaan dan Penawaran
- Pengertian Ilmu Ekonomi
- PENGERTIAN KRISIS EKONOMI GLOBAL
- Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
- Dua dimensi komunikasi internal
- komunikasi Dalam Organisasi
- Pengantar Komunikasi
- Komunikasi Lintas Budaya
- Pengertian Komunikasi Bisnis
- Proses Komunikasi
- Mengumpulkan Informasi
- Presentasi Lisan yang Efektif
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- Pengertian Konflik
- Pengertian Komunikasi Nonverbal
- Komunikasi Bisnis
- Pengertian Persepsi
- Pengertian Komunikasi
- Pengorganisasian Pesan-pesan Bisnis
- Pengertian Perencanaan Pesan-pesan Bisnis
- Komunikasi Lintas Budaya
- memimpin dan berpartisipasi dalam konferensi
- Menyimak Dalam Presentasi
- Presentasi, Pembukaan & Diskusi
- Speaking and oral reporting
- UU RI No 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi
- Manajemen & Organisasi Koperasi Jasa Keuangan Sya...
- Pengaruh, Prospek dan Kendala BMT di Indonesia
- Peraturan Hukum BMT
-
▼
May
(180)
Pengikut
Guest Counter
Powered by Blogger.
Labels
- Akuntansi Manajemen (13)
- Bank dan L Keuangan (18)
- Bisnis Internasional (11)
- Bisnis Syariah (15)
- Dasar Akuntansi (33)
- Ekonomi (18)
- Elektronik (4)
- Etika Bisnis (2)
- Filsafat Ilmu (1)
- Hukum (4)
- Humor (7)
- IE Mikro (12)
- Islam (141)
- Kata Bijak (1)
- Kesehatan (48)
- Komputer (71)
- Komunikasi Bisnis (25)
- Koperasi dan UKM (16)
- Makroekonomi (26)
- Manajemen Biaya (10)
- Manajemen Pemasaran (15)
- Manajemen SDM (28)
- Motivasi (2)
- news (1)
- Pendidikan Pancasila (12)
- Pengantar Bisnis (1)
- Pengantar Manajemen (8)
- Pengetahuan (189)
- Perekonomian Indonesia (12)
- Perpajakan (19)
- Renungan (5)
- Umum (3)
- Wiraswasta (14)
Ads 468x60px
Popular Posts
-
FUNGSI MOTHERBOARD Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenyang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada seti...
-
BABI PENDAHULUAN 1.1 LatarBelakang Keperibadian adalah nilai-nilai karakteristik, watak,sikap dan sifat serta keyakinan dan cita-cita hidu...
-
Pengertian CDMA dan GSM sendiri sebenernya sama, yaitu teknologi standar komunikasi selular. Secarafisik, bentuk handphone cdma gsm sama b...
-
Definisi danPengertian Organisasi 1. Organisasi Menurut Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang ...
-
1. Arti Utilitarisme adalah faham atau aliran dalam filsafat moral yangmenekankan prinsip manfaat atau kegunaan ( theprinciple o...
-
AKUNTANSI BIAYA MANFAAT PENSIUN Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 24 terdiri dari paragraf 36 - 4 7 . Pernyataan ini harus dibaca da...
-
Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia: Muhammad SAW, juga atas keluarga dan par...
-
Konservasiitu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri ataskata con ( together ) dan servare ( keep/save ) yangmemil...
-
eramuslim - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Dan, setiap orang tentu berbedabeda mengatasi stres tersebut. Sebuah penelitian baru ...
-
Dari beberapa buku para ahli, yang menghiasi mejaperpustakaan kecil saya dan berhasil saya baca, semakin luaslah capaianpengertian sastra. S...
Blog Archive
-
▼
2011
(773)
-
▼
May
(180)
- ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- ANALISIS PROBABILITAS
- PEMETAAN KOGNISIA. Peta Kognisi 1Pemetaan kognisi ...
- Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
- Pengantar Manajemen Sains
- Sumber penolakan
- MANAJEMEN PERUBAHAN
- EVALUASI PRESTASI
- PROSES SELEKSI
- Peramalan tenaga kerja
- Manajemen Koordinasi Merchandise dan Toko
- Sentralisasi dan Desentralisasi
- Sumber Daya Manusia Tiga Serangkai
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Pemutusan Hubungan Karyawan
- Pengembangan Karier
- Pemberian balas jasa dan penghargaan
- Penilaian Pelaksanaan Kerja/ Prestasi Kerja
- Latihan dan Pengembangan SDM
- Pengenalan dan Orientasi
- Seleksi
- Penarikan SDM (Rekruitmen)
- Perencanaan Sumber Daya Manusia
- Tantangan-tantangan yang dihadapi Manajemen SDM
- Pendekatan-pendekatan masalah personalia /SDM
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Mitos Neoliberalisme /Pasar Bebas
- Sistem Perekonomian Kapitalisme, sosialisme dan Ko...
- Sistem Ekonomi Neoliberalisme
- Sejarah Pasar Bebas
- Akuntansi Biaya
- LAPORAN HARGA POKOK PRODUKSI
- Perusahaan Industri (manufactur)
- Teori Nilai Tambah
- Keuangan Negara & Daerah
- Pajak Penghasilan (Pph)
- Jenis-Jenis Pajak
- Pajak
- Dasar Hukum Pajak
- Asas Pemungutan Pajak
- Teori Pemungutan Pajak
- Dasar Pengenaan Pajak
- Tarif Pajak
- Teori Pajak
- Teori Pajak Penghasilan (Pph)
- Teori Pajak Bumi & Bangunan
- Hubungan NPWP dengan NPPKP
- SPT (Surat Pemberitahuan)
- Sistem Pemungutan Pajak
- Stelsel Pajak & Asas Pemungutan Pajak
- Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP)
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- PENGANTAR PERPAJAKAN
- Pengertian Badan Usaha
- Pengertian Koperasi
- TATA CARA MENDIRIKAN KOPERASI
- ORGANISASI DAN MANAJEMEN KOPERASI
- PRINSIP-PRINSIP KOPERASI
- PERKEMBANGAN KOPERASI PADA MASA ORDE BARU
- PERKEMBANGAN KOPERASI DALAM SISTEM EKONOMI TERPIMPIN
- PERTUMBUHAN KOPERASI SETELAH KEMERDEKAAN
- AWAL PERTUMBUHAN KOPERASI INDONESIA
- Sejarah Koperasi
- STRUKTUR PASAR & LABA MAKSIMUM
- TEORI BIAYA PRODUKSI
- TEORI PRODUKSI
- Pengertian Indifference curve & Budget Line Curve
- TEORI PERILAKU KONSUMEN
- Pengertian Elastisitas Permintaan
- Intervensi Pemerintah
- Pengertian Harga Keseimbangan
- Hukum Permintaan dan Penawaran
- Pengertian Ilmu Ekonomi
- PENGERTIAN KRISIS EKONOMI GLOBAL
- Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis
- Dua dimensi komunikasi internal
- komunikasi Dalam Organisasi
- Pengantar Komunikasi
- Komunikasi Lintas Budaya
- Pengertian Komunikasi Bisnis
- Proses Komunikasi
- Mengumpulkan Informasi
- Presentasi Lisan yang Efektif
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- Pengertian Konflik
- Pengertian Komunikasi Nonverbal
- Komunikasi Bisnis
- Pengertian Persepsi
- Pengertian Komunikasi
- Pengorganisasian Pesan-pesan Bisnis
- Pengertian Perencanaan Pesan-pesan Bisnis
- Komunikasi Lintas Budaya
- memimpin dan berpartisipasi dalam konferensi
- Menyimak Dalam Presentasi
- Presentasi, Pembukaan & Diskusi
- Speaking and oral reporting
- UU RI No 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi
- Manajemen & Organisasi Koperasi Jasa Keuangan Sya...
- Pengaruh, Prospek dan Kendala BMT di Indonesia
- Peraturan Hukum BMT
-
▼
May
(180)
0 comments:
Post a Comment