Tuesday, October 4, 2011

SEJARAH KERAJAAN TIDORE




A.    AwalPerkembangan Kerajaan Tidore
Kerajaan tidore terletak di sebelah selatan Ternate. Menurut silsilah raja-raja Ternate dan Tidore,Raja Ternate pertama adalah Muhammad Naqal yang naik tahta pada tahun1081 M. Baru pada tahun 1471 M, agama Islam masuk di kerajaan Tidore yangdibawa oleh Ciriliyah, Raja Tidore yang kesembilan. Ciriliyah atauSultan Jamaluddin bersedia masuk Islam berkat dakwah Syekh Mansur dari Arab.

A.    AspekKehidupan Politik dan Kebudayaan
Raja Tidore mencapai puncak kejayaan pada masapemerintahan Sultan Nuku (1780-1805 M). Sultan Nuku dapat menyatukanTernate dan Tidore untuk bersama-sama melawan Belanda yang dibantu Inggris.Belanda kalah serta terusir dari Tidore dan Ternate.Sementara itu, Inggris tidak mendapat apa-
apa kecuali hubungan dagang biasa.Sultan Nuku memang cerdik, berani, ulet, dan waspada. Sejak saat itu, Tidoredan Ternate tidak diganggu, baik oleh Portugis, Spanyol, Belanda maupun Inggrissehingga kemakmuran rakyatnya terus meningkat. Wilayah kekuasaan Tidore cukup luas,meliputi Pulau Seram, Makean Halmahera, Pulau Raja Ampat, Kai, dan Papua.Pengganti Sultan Nuku adalah adiknya, Zainal Abidin. Ia juga giatmenentang Belanda yang berniat menjajah kembali.

B.     AspekKehidupan Ekonomi dan Sosial
Sebagai kerajaan yang bercorak Islam, masyarakatTidore dalam kehidupan sehari-harinya banyak menggunakan hukum Islam . Hal itudapat dilihat pada saat Sultan Nuku dari Tidore dengan De Mesquita dariPortugis melakukan perdamaian dengan mengangkat sumpah dibawah kitab suciAl-Qur’an.
Kerajaan Tidore terkenal dengan rempah-rempahnya,seperti di daerah Maluku. Sebagai penghasil rempah-rempah, kerajaan Tidorebanyak didatangi oleh Bangsa-bangsa Eropa. Bangsa Eropa yang datang ke Maluku,antara lain Portugis, Spanyol, dan Belanda.

C.     KemunduranKerajaan Tidore
Kemunduran Kerajaan Tidore disebabkan karena diadudomba dengan Kerajaan Ternate yang dilakukan oleh bangsa asing ( Spanyol danPortugis ) yang bertujuan untuk memonopoli daerah penghasil rempah-rempahtersebut. Setelah Sultan Tidore dan Sultan Ternate sadar bahwa mereka telahdiadu domba oleh Portugis dan Spanyol, mereka kemudian bersatu dan berhasilmengusir Portugis dan Spanyol ke luar Kepulauan Maluku. Namun kemenangantersebut tidak bertahan lama sebab VOC yang dibentuk Belanda untuk menguasaiperdagangan rempah-rempah di Maluku berhasil menaklukkan Ternate denganstrategi dan tata kerja yang teratur, rapi dan terkontrol dalam bentukorganisasi yang kuat.    

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes