Tuesday, October 18, 2011

Pengertian Internet dan Intranet


Pengertian internet

Internetadalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubunguntuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringaninternet dapat berada di mana saja atau bahkan di seluruh Indonesia.Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yangberisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara,gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilikjaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yang menitipkan informasinyakepada penyedia layanan internet.


Pengertian intranet
Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yang salingtersambung digunakan suatu sistem organisasi. Misalnya: jaringankomputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet”khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain,persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagamdi internet.




Kegunaan internet
Bila kita melakukan akses di internet banyak sekali keuntunganyang dapat kita peroleh. Berikut beberapa kegunaan dari akses internet antaralain tercantum pada uraian di bawah ini:

Khususnya dalam dunia bisnis sarana informasi dan komunikasi internet jugadigunakan sebagai media komunikasi promosi. Contoh: untuk image company,pengenalan dan pemasaran produk.
Dalam berbagai aktivitas bisnis dan administrasi pemerintahan, secara nyatasistem komunikasi menggunakan internet, ini terbukti dapat mengurangi biayakertas dan biaya distribusi. Contoh: koran masuk ke dalam internet (onlinenews), majalah, brosur dan juga jurnal.
Internet sudah semakin popular digunakan sebagai media komunikasi interaktifoleh berbagai pihak dalam bentuk: e-mail, dukungan pelanggan dengan “www”,video conferencing, internet relay chat, internet phone.
Pertukaran data dan informasi dengan sistem administrasi pemerintahan(e-goverment) atau sebagai resources discovery.
Untuk kebutuhan sistem perdagangan (e-commerce) internet sangat banyakdigunakan yaitu perdagangan lewat bisnis dengan internet.
Internet juga semakin intensif dalam aktifitas perbankan, seperti untuk bakingonline yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi secara online didepan komputer mereka (resourses sharing).

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes