Tuesday, October 18, 2011

Pengertian Budi Pekerti


Pengertian Budi Pekerti

Budi pekerti terdiri dari dua kata yakni budi dan pekerti. Budiyang berarti sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. Pekerti berartikelakuan. Secara terminologi, kata budi ialah yang ada pada manusia berhubungandengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran. Pekerti adalah apa yangterlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati, yang disebutbehavior.

Kata budi pekerti dalam kamus Bahasa Indonesia adalah tingkah laku, perangai,akhlak. Budi pekerti mengandung makna perilaku yang baik, bijaksana danmanusiawi. Di dalam perkataan itu tercermin sifat, watak seseorang dalamperbuatan sehari-hari. Budi pekerti sendiri mengandung pengertian yang positif.Namun penggunaan atau pelaksanaannya yang mungkin negatif. Penerapannyatergantung pada manusia.

Budi pekerti didorong oleh kekuatan rohani manusia yakni pemikiran, rasa dankarsa yang akhirnya muncul menjadi perilaku yang dapat terukur dan menjadikenyataan dalam kehidupan. Pemikiran mempunyai tabiat kecenderungan kepadaingin tahu dan mau menerima yang logis, dan sebaliknya tidak mau menerima yangtidak masuk akal. Manusia diberi kesempatan berpikir dan mengembangkan, sertamembimbing akal ke arah yang benar.


Sedangkan rasa mempunyai tabiat kecenderungan pada keindahan. Letak keindahanadalah pada keharmonisan susunan sesuatu, harmonis antara unsur jasmani denganrohani, harmonis antara mental dan tingkah laku, harmonis susunan keluarga.Keharmonisan akan menimbulkan rasa nyaman dalam kalbu dan tentram dalam hati.

Jika tidak ada keharmonisan akan timbul gejolak dalam hati, timbul keresahandan kegelisahan yang mengganggu kenyamanan hati.

Manusia memiliki karsa yang berhubungan dengan pemikiran dan rasa. Karsadisebut kemauan atau kehendak, hal ini berbeda dengan keinginan. Keinginanlebih mendekati pada senang atau cinta yang terkadang berlawanan antarasatu keinginan dengan keinginan yang lainnya dari seseorang pada suatu waktuyang sama. Kehendak atau kemauan adalah keinginan yang dipilih antarakeinginan-keinginan yang banyak untuk dilaksanakan. Dengan kata lain kehendakadalah keinginan yang dimenangkan di antara keinginan yang banyak setelahmengalami kebimbangan.

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Social Profiles

Arsip Blog

Pengikut

Guest Counter

Powered by Blogger.

Ads 468x60px

Popular Posts

Blog Archive

About

Featured Posts Coolbthemes